Jumat, 01 Agustus 2008

plinplan.com

plinplan.com

Ferrari: McLaren Masih Lebih Cepat

Posted: 01 Aug 2008 05:00 PM CDT

REUTERS/Laszlo Balogh

Budapest - Sempat memimpin di sesi free practice pertama, duo Ferrari tercecer di sesi latihan kedua. Kimi Raikkonen pun mengaku khawatir kalau F2008 masih kalah cepat dari MP4-23.

Usai kekalahan di Jerman kubu Ferrari menjanjikan adanya evaluasi menyeluruh terhadap kendaraan mereka. Namun setelah melalui hari pertama GP Hongaria, plus menggunakan sayap baru pada penutup mesinnya, McLaren tetap bisa lebih cepat.

“Kami mengerjakan beberapa hal yang berbeda terhadap setting mobil. ….Situasinya tak terlalu buruk, mobilnya lebih mudah dikendalikan. Tapi rival utama kami terlihat sedikit lebih cepat dibanding kami, meski masih ada pertanyan soal berapa banyak bahan bakar yang mereka bawa,” ungkap Kimi seperti diberitakan Autosport.

Pernyataan tersebut diamini Felipe Massa yang memprediksi timnya akan melalui saat yang sulit untuk bisa mengalahkan rival terberatnya itu. “Sulit untuk dikatakan di mana posisi kami jika dibandingkan dengan lawan, tapi jelas sekali kalau mereka sangat cepat,” sahut Massa.

Meski begitu, Massa dan Kimi masih sama-sama yakin kalau peluang untuk menyaingi McLaren masih terbuka lebar. Apalagi sebelum race dimulai masih ada free practice III dan kualifikasi untuk menentukan seberapa jauh kemajuan yang sudah didapat oleh Ferrari.

“Masih ada ruang untuk berkembang dan kami akan berkonsentrasi pada semua usaha kami untuk mempersiapkan kualifiakasi dan balapan,” lanjut Kimi. ( din / din )

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

Hamilton Mulai Unjuk Gigi

Posted: 01 Aug 2008 02:00 PM CDT

AFP/Bertrand Guay

Budapest - Tercecer di posisi empat di free practice pertama, Lewis Hamilton mulai menunjukkan tajinya di sesi kedua dengan menjadi yang tercepat. Sementara duo Ferrari ada di urutan lima dan enam.

Pada latihan bebas kedua di Sirkuit Hungaroring, Jumat (1/8/2008), McLaren mampu mendominasi hampir sepanjang sesi. Sebelum akhirnya menjadi pembalap tercepat dengan waktu 1:20.554, Hamilton bergantian menjadi menduduki posisi teratas dengan rekannya Heikki Kovalainen.

Waktu tercepat Hamilton tersebut dibuatnya enam menit sebelum sesi berakhir atau setelah dia menganti ban soft. Namun raihan yang sama tak mampu didapat Heikki yang akhirnya “cuma” menjadi pembalap tercepat ketiga dengan waktu satu menit 20,760 detik.

Duet McLaren itu diselingi pembalap muda Renault, Nelson Piquet yang dengan waktu 01:20.748 berhak duduk di posisi dua. Renault meraih hasil sangat memuaskan di sesi ini menyusul keberhasilan Fernando Alonso menduduki posisi empat dengan waktu satu menit 20,928 detik.

Setelah memuncaki sesi free practice pertama, duet Ferrari justru meraih hasil mengecewakan di sesi kedua. Kimi Raikkonen menempati posisi kelima dengan waktu 01:21.009 diikuti Felipe Massa di belakangnya dengan 01:21.010.

Posisi berikutnya diisi dua driver BMW Sauber yakni Nick Heidfeld dan Robert Kubica. Sementara Jarno Trulli dan Nico Rosberg menggenapi posisi 10 besar.

Free practice II GP Hongaria

1. Lewis Hamilton Britain McLaren-Mercedes 01:20.554
2. Nelson Piquet Jr Brazil Renault-Renault 01:20.748
3. Heikki Kovalainen Finland McLaren-Mercedes 01:20.760
4. Fernando Alonso Spain Renault-Renault 01:20.928
5. Felipe Massa Brazil Ferrari-Ferrari 01:20.981*
6. Kimi Raikkonen Finland Ferrari-Ferrari 01:21.009
7. Nick Heidfeld Germany BMW Sauber 01:21.138
8. Robert Kubica Poland BMW Sauber 01:21.363
9. Jarno Trulli Italy Toyota-Toyota 01:21.505
10. Nico Rosberg Germany Williams-Toyota 01:21.581
11. Timo Glock Germany Toyota-Toyota 01:21.662
12. Mark Webber Australia Red Bull-Renault 01:21.733
13. David Coulthard Britain Red Bull-Renault 01:21.837
14. Kazuki Nakajima Japan Williams-Toyota 01:21.902
15. Sebastien Bourdais France Toro Rosso-Ferrari 01:21.955
16. Jenson Button Britain Honda-Honda 01:22.150
17. Giancarlo Fisichella Italy Force India-Ferrari 01:22.197
18. Adrian Sutil Germany Force India-Ferrari 01:22.358
19. Rubens Barrichello Brazil Honda-Honda 01:22.448
20. Sebastian Vettel Germany Toro Rosso-Ferrari 01:22.945 ( din / din )

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

Indonesia boosting cooking oil exports to Pakistan

Posted: 01 Aug 2008 01:30 PM CDT

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia, which has secured 45 percent of Pakistan`s market share of imported cooking oil, planned to boost the export of the commodity to that country.

“We are currently handling it with Pakistan. In this year we hope we will be able to hold negotiations with that country in our request for an import duty discount as enjoyed by Malaysia for having inked an agreement on free trade with Pakistan,” Foreign Trade Director General Diah Maulida said here on Friday.

According to Diah, in August there will be a follow up negotiation on trade cooperation in certain products under the preferential trade agreement (PTA) with Pakistan.

“We have a PTA agreement with Pakistan which in this year is expected to be finalized, so that our cooking oil exports to that country could be increased,” she said.

The import duty on cooking oil to Pakistan amounted only 9,100 rupees per ton, while Malaysia under the PTA received a discount of 10 percent in import duty.

Indonesia and Pakistan have explored possibilities of reaching a PTA for certain prime products like crude palm oil and its derivatives and oranges.

Indonesia exported around 890,000 tons of CPO and its derivatives to Pakistan annually. (*)

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

RI had US$4.6 billion trade surplus in first semester 2008

Posted: 01 Aug 2008 01:10 PM CDT

Jakarta, (ANTARA News) - Indonesia booked a trade surplus of US$4.6 billion in the first semester of 2008 with the surplus in June totaling US$ 0.9 billion, a statistics official said.

The head of the Central Bureau of Statistics (BPS), Rusman Heriawan, said here on Friday Indonesia`s year-on-year exports in the first semester of 2008 increased 30.80 percent to US$70.45 billion compared to its imports of US$65.05 billion in the same period.

“Our trade surplus has continued to drop as a result of an extraordinary increase in imports,” he said.

Heriawan said Indonesia`s exports in January 2008 reached US$12.9 billion or an increase by 34.92 percent from that in the same month a year earlier. Its imports on the other hand were recorded at US$12.02, or an increase of 3.13 percent from those in June 2007.

“If there is no problem in the second semester, our exports will reach US$140 billion. In the last five years, our exports in the second semester of the year have always been higher than in the first semester,” he said adding the conumer public`s purchasing power would remain good.(*)

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

Minyak goreng bersubsidi II hanya Rp11,76 miliar

Posted: 01 Aug 2008 07:40 AM CDT

JAKARTA: Penyaluran minyak goreng bersubsidi tahap II hanya sebesar 15 % atau sekitar Rp11,76 miliar dari jumlah yang dianggarkan mencapai 78,44 miliar.

Gunaryo, Direktur Bina Pasar, Departemen Perdagangan mengatakan bahwa banyak daerah yang belum menyelesaikan operasi pasar (OP) tahap I sehingga untuk tahap II masih tersendat penyalurannya.

“Meskipun saat ini realisasinya baru 15 %, namun kita sangat optimis untuk OP tahap II ini akan terserap lebih cepat mengingat kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat menyusul hari raya Idul Fitri, Natal serta Tahun Baru,” ungkapnya di Jakarta.

Dia menjelaskan minyak goreng bersubsidi untuk OP tahap II sudah tersalurkan di lima kota di Indonesia, seperti DKI Jakarta, Nangro Aceh Darussalam, dan Kalimantan Tengah.

Menurut dia menjelang hari besar umat Islam jumlah serapan masyarakat akan semakin meningkat sehingga penyaluran minyak goreng tahap II ini juga akan lebih cepat dibandingkan tahap sebelumnya.

Depdag, kata dia, sedang merencanakan untuk di beberapa daerah agar penyaluran minyak goreng dilakukan bersamaan dengan pasar murah komoditi lainnya dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

“Kami sudah menginstruksikan pada pemda setempat untuk meningkatkan pelaksanaan pasar murah. Mudah-mudahan akhir Agustus ini sudah bisa mulai,” ungkapnya.

Selain itu, jelasnya, Depdag juga telah minta pada pemda untuk menyiapkan tempat-tempat yang strategis untuk penyelenggaraan pasar murah.

Oleh karena itu, imbuhnya, Depdag telah melakukan kerja sama dengan peritel, produsen gula minyak goreng sehingga dengan adanya integrasi antara OP minyak goreng dengan pasar murah akan membantu masyarakat. (12)

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

McClaren Bawa Twente Hadapi Arsenal

Posted: 01 Aug 2008 07:40 AM CDT

AFP

Nyon - Mantan manajer Inggris Steve McClaren langsung mendapatkan tantangan bersama klub barunya, Twente Enschede. Ia harus membawa Twente menghadapi Arsenal di babak ketiga kualifikasi Liga Champions.

McClaren baru saja menjabat sebagai pelatih klub asal Belanda ini dengan kontrak selama dua tahun. Namun tantangan sudah di depan mata McClaren karena hasil undian Liga Champions mempertemukan Twente dengan klub Inggris, Arsenal.

Sementara dalam hasil undian yang dilakukan markas besar UEFA di Nyon, Jumat (1/8/2008), Liverpool akan bertemu klub asal Belgia, Standard Liege. Sedangkan Barcelona akan menghadapi mengatakan Beitar Jerusalem atau Wisla Krakow.

Sedangkan Atletico Madrid akan menghadapi lawan yang cukup berat yaitu menghadapi Schalke 04. Sedangkan klub tangguh Italia, Juventus akan menghadapi lawan yang relatif mudah yaitu Tampere United atau Artmedia.

Leg pertama babak kualifikasi ketiga Liga Champions ini akan berlangsung pada 12-13 Agustus. Sedangkan leg kedua akan dilakukan pada 26 dan 27 Agustus. Sementara babak grup baru akan dimulai pada 16 September 2008.

Hasil Undian babak ketiga kualifikasi Liga Champions :

Anorthosis Famagusta or Rapid Vienna v Olympiakos
Vitoria Guimaraes v IFK Gothenburg or Basel
Shakhtar Donetsk v Domzale or Dinamo Zagreb
Schalke 04 v Atletico Madrid
Aalborg or Modrica v Rangers or FBK Kaunas
Barcelona v Beitar Jerusalem or Wisla Krakow
Levski Sofia v Anderlecht or BATE Borisov
Standard Liege v Liverpool
Inter Baku/ or artizan Belgrade v Fenerbahce or MTK Budapest
FC Twente v Arsenal
Spartak Moscow v Drogheda or Dynamo Kiev
Juventus v Tampere United or Artmedia
SK Brann or Ventspils v Marseille
Fiorentina v Slavia Prague
Galatasaray v Steaua Bucharest
Panathinaikos or Dinamo Tblisi v Sheriff or Sparta Prague

( key / arp )

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

BI: Bank Malaysia jadi catatan khusus

Posted: 01 Aug 2008 07:20 AM CDT

JAKARTA: Direktur Perizinan dan Informasi Perbankan Bank Indonesia (BI) Budi Armanto mengatakan pembatalan rencana akuisisi BII oleh Maybank itu, bakal menjadi catatan BI untuk memberikan izin pemodal asal Negeri Jiran masuk ke Indonesia, khususnya Maybank.

“Ini menjadi catatan dan pengalaman bagi kami, apabila mereka ingin masuk lagi. Masalahnya kalau formulanya [perjanjian jual beli] diganti bisa disadari, tetapi ini masalahnya tinggal beberapa hari kok dibatalkan,” paparnya di Jakarta, hari ini.

Budi menyampaikan proses seleksi administrasi dan uji tuntas pemegang saham sebagai prasyarat mengeluarkan perizinan sudah selesai dijalankan dan dinyatakan lengkap.

“Persyaratan sudah lengkap, mereka juga mengajukan approval dari BNM [Bank Negara Malaysia]. Artinya dari bank sentral sudah menyetujui. Dari situ [BNM] kemudian masuk ke utilimate shareholder, dan kemudian ke kami. Semua sudah beres. Tiba-tiba alasan ketentuan Bapepam batal,” jelasnya.

Dia menilai ada semacam rencana atau kekuatan tertentu sehingga bisa membatalkan niat untuk mengakuisisi BII. “Itu mungkin ada tekanan dari siapa? makanya, kami sekarang minta klarifikasi terkait dengan pembatalan itu,” tambahnya. (11)

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

Hitachi pertajam pemasaran storage

Posted: 01 Aug 2008 07:10 AM CDT

HANOI, VIETNAM: Hitachi Data System (HDS) mempertajam pemasaran konsep solusi penyimpanan data (storage) yang sederahana dan ramah lingkungan namun memiliki kemampuan luas kompleks.

General manager Asean HDS, Ravi Rajendran mengungkapkan untuk itu perusahaan tersebut terus melakukan inovasi di bidang storage dengan meningkatkan konserp virtualisasi.

“Kami yakin konsep ini bakal menarik konsumen karena ramah lingkungan,” katanya disela-sela Asean Telco

Summit 2008 berthema Innovation vs Efficiency di Hanoi, Vietnam, hari ini.

Menurut dia, perusahaan yang produknya sudah lama dikenal di Indonesia ini fokus pada investasi solusi penyimpanan data (storage) dan research and development (R&D) serta memperluas channels hingga 40% dari jumlah yang telah ada saat ini. Karena itu, katanya, HDS mengubah pendekatan menjadi optimalization dan fokus pada biaya.

Dalam seminar yang dihadiri oleh berbagai kalangan konsumen HDS, Ravi mengatakan pendekatan optimalisasi pembiayaan tersebut diterapkan sebagai reaksi terhadap perekonomian dunia yang cenderung melemah yang ditandai dengan meningkatnya biaya jasa energi di berbagai negara.

Dalam kondisi seperti itu HDS berupaya melakukan inovasi diantaranya memperkenalkan storage hemat energi atau ramah lingkungan.

“Kami perkenalkan sistem penyimpanan data dengan konsumsi daya paling efisien di dunia,” katanya.

Menurut dia, storage HDS mampumemberikan tingkat efisiensi energi tertinggi, dan mengurangi emisi karbon hingga 20% sehingga bisa biaya pengelolaan TI.

Country Manager HDS Indonesia, Edwin Lim, lebih tegas menekankan perlunya perusahaan memikirkan storage yang ramah lingkungan ini mengingat krisis listrik sudah pada taraf mencemaskan. Pada kondisi seperti ini bisnis tergantung pada teknologi informasi (TI), dan sistem TI sangat tergantung pada ketersediaan listrik. “Tidak ada listrik, maka tidak ada sistem TI. Jantung dari sistem TI adalah data center termasuk di dalamnya storage dan

server,” katanya.

Menurut Edwin, pada tingkat global konsumsi listrik data center sudah menjadi perhatian pengusaha. Dia mengatakan dalam sebuah laporan di AS dikatakan selama 2005 listrik yang disedot data center mencapai 1,2% dari total konsumsi listrik negara itu. Secara global, biaya listrik data center meningkat drastis dari US$3,2 miliar pada 2000 menjadi US$7,2 miliar pada 2005.

Data center selain terdiri dari server juga ada pendingin. Menurut Gartner, setiap watt yang digunakan sebuah mesin (server atau storage), dibutuhkan 1 sampai 1,5 watt tambahan untuk pendinginan. Jadi, katanya, khusus untuk storage dari total konsumsi listrik data center, sebanyak 37% dihabiskan untuk storage. Dibandingkan dengan mainframe, storage pada dasarnya lebih tidak efisien. Utilisasinya cuma 45% dibandingkan mainframe yang bisa mencapai 85%.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kata Edwin, HDS menawarkan konsep baru pada storage produknya, yaitu dengan teknologi virtualisasi pada sistem storage.

Menurut dia virtualisasi adalah suatu cara untuk mengintegrasikan satu atau lebih (back end) service atau fungsi dengan tambahan (front end) agar memberikan abstraksi berguna. ”Secara teknis virtualisasi mengurangi sebagian dari keruwetan di sisi back end, menambahkan atau mengintegrasikan fungsi baru dengan layanan pada lapisan back end yang telah ada,” katanya.

Dia juga mengatakan manfaat virtualisasi pada storage, yakni memudahkan pemindahan data dari peranti storage apa pun di mana pun dalam suatu grup, misalnya ketika satu subsistem mengalami kegagalan atau melalukan pemindahan tanpa mengganggu sistem yang sedang berjalan.

Selain itu juga meningkatkan kemampuan storage yang sudah ada. Virtualisasi dapat menampung semua peranti storage, mengoptimalisasikan yang tidak digunakan dan memindahkan data aktif untuk memperbesar kapasitas disk. Memudahkan replikasi data karena virtualisasi meniadakan kebutuhan untuk redundancy sepenuhnya dan lainnya.

Edwin menambahkan secara sederhana dalam storage virtualisasi membuat banyak sistem storage terlihat menjadi satu, atau hal banyak dijadikan satu. Secara teknis virtualisasi mengurangi sebagian dari keruwetan di sisi back end, menambahkan atau mengintegrasikan fungsi baru dengan layanan pada lapisan back end yang telah ada.(ln)

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

BI diminta tegas tangani kasus Maybank

Posted: 01 Aug 2008 07:10 AM CDT

JAKARTA:Legislatif meminta Bank Indonesia bertindak tegas atas sikap Bank Negara Malaysia (BNM) yang membatalkan rencana Malayan Banking Benhard (Maybank) membeli saham BII. Tidakan tegas itu berupa peringatan keras kepada perwakilan Maybank di Indonesia.

Legislator Fraksi PKS Andi Rachmat mengakui sah-sah saja keputusan pembatalan pembelian tersebut oleh BNM, karena di wilayah kekuasaannya. Tetapi, secara yurisdiksi objek–BII–yang menjadi masalah berada di Indonesia.

“Jadi, Bank Indonesia [BI] selaku pemegang yurisdiksi harus bertindak tegas, karena ini tidak hanya masalah bisnis semata, tetapi politik ekonomi negara. Minimal BI memberikan peringatan keras kepada perwakilan Maybank disini,” tegasnya kepada Bisnis di Jakarta, hari ini.

Menurut dia, dalam hal ini BI jangan hanya bersikap normatif, tetapi mengambil kebijakan alternatif mengingat permasalahan tersebut belum ada landasan hukum untuk menyelesaikannya.

“Ini masalah kewibawaan BI dan Indonesia saja. Jadi, kebijakannya tidak bisa normatif,” paparnya.

Sebelumnya, BI pada Juli lalu telah memberikan persetujuan akuisisi saham Temasek Group pada BII oleh Maybank. BI menyatakan dalam proses pembuatan surat izin tersebut BNM telah memberikan persetujuan kepada Maybank.

Namun, pada 29 Juli BNM mencabut persetujuannya atas rencana Maybank mengakuisisi seluruh saham BII senilai total US$2,7 miliar dengan dalih harga pembelian tersebut terlalu mahal. Aksi itu bisa mengagalkan pembelian saham BII dan penawaran tender.

Maybank membeli BII dari konsorsium perusahaan yang dipimpin oleh temasek senilai Rp510 per saham, 4,7 kali di atas nilai buku saham BII per Desember 2007 sebesar Rp109,8. (11)

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.

Valbury tak terpengaruh 2 pialang dicabut

Posted: 01 Aug 2008 07:10 AM CDT

JAKARTA: PT Valbury Asia Futures menegaskan tidak akan terpengaruh dengan dampak penutupan dua perusahaan pialang berjangka lainnya oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kamis pekan lalu.

Seperti diketahui pada 24 Juli Bappebti mencabut izin usaha PT Artha Berjangka Nusantara dan PT Graha Finesa

Berjangka setelah badan otoritas pengawas bursa tersebut bersama Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Kliring

Berjangka Indonesia (KBI) melakukan audit.

Dari data Bisnis, Valbury adalah salah satu perusahaan pialang yang mendapat aduan dari nasabahnya sejak dua

tahun lalu.

Direktur Valbury Abraham mengatakan pihaknya sama sekali tidak terpengaruh menjauhnya para calon nasabah yang akan berinvestasi di perusahaannya setelah dua pialang dicabut izinnya.

“Walaupun citra pialang agak terganggu dengan pencabutan kedua perusahaan itu tetapi kami yakin prospek perdagangan ini sangat bagus. Bappebti sudah baik mencabut izin pialang itu,” katanya kepada Bisnis, sore ini.

Dia mengharapkan Bappebti akan lebih memberikan sosialisasi terhadap calon investor agar perdagangan

berjangka yang notabene belum dipahami masyarakat nantinya lebih ‘membumi’ lagi.

Disinggung mengenai perkiraan berapa pialang yang akan ditutup Bappebti, Abraham menegaskan tidak berani

berkomentar lebih jauh.

“Saya tidak bisa mengatakan berapa yang akan ditutup, yang jelas memang banyak yang melanggar peraturan, hanya saja saya belum tahu yang mana,” lanjutnya.

Bappebti, menurut dia, juga telah mengaudit Valbury beberapa waktu yang lalu demi menjaga kepercayaan nasabah dan menghindari munculnya pelanggaran terbaru dari pialang. (ln)

Like this Post? Subscribe to our RSS Feed.