Kamis, 05 Maret 2009

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

Dunia Perlu Belajar dari Toleransi di Indonesia

Posted: 05 Mar 2009 01:36 PM PST

Eddi Santosa - detikNews


Roma - Menlu Franco Frattini sangat menghargai budaya koeksistensi damai di Indonesia dan menganggap masyarakat global perlu belajar dari toleransi di Indonesia.

Frattini menyatakan hal itu dalam pidato pembukaan konferensi bertema Unity in Diversity, the Culture of Coexistence in Indonesia di Roma, Kamis (4/3/2009), hasil kerjasamaa pemerintah Indonesia dan Italia dengan Communità di Sant’ Egidio.

Dikatakan, Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, namun juga berperan sebagai model yang mewakili tradisi Islam moderat, yang dapat hidup berdampingan secara damai dengan penganut agama lainnya.

Pandangan sama juga disampaikan Prof. Andrea Riccardi, pendiri Sant’ Egidio, yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan laboratoriom kemajemukan (pluralisme), dan dunia memerlukan peradaban mengenai hidup berdampingan secara damai (civilization of coexistence).

Prof. Riccardi menegaskan bahwa Indonesia dapat dijadikan sebagai model, demikian seperti disampaikan Korfungsi Pensosbud Musurifun Lajawa kepada detikcom petang ini.

Selain menjadi forum untuk saling belajar dan berbagi pengalaman, konferensi ini juga dimaksudkan untuk membangun dialog tingkat tinggi antara wakil-wakil organisasi Islam di Indonesia dengan para pakar dari Italia.

Pada kesempatan tersebut Indonesia menyatakan kesediaan untuk menjadi tuan rumah konferensi serupa di Indonesia tahun depan.

Hadir sebagai narasumber dari Indonesia antara lain Ketua Umum PBNU KH. Hasyim Muzadi, Prof. Dr. Bachtiar Effendi, Prof. Dr. Siti Musdah Mulia, Prof. Dr. Azyumardi Azra, Uskup Martinus D. Situmorang, utusan Menag RI Prof. Atho Muzhar, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat dan Dr. Fatimah Husein. (es/es)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Dunia Perlu Belajar dari Toleransi di Indonesia

Related posts:

  1. Timor Leste Belajar Open Source dari Indonesia Ardhi Suryadhi - detikinet Ilustrasi (Ist.) Jakarta - Kemampuan...
  2. AS Belajar Atasi Krisis dari Indonesia Nurseffi Dwi Wahyuni - detikFinance Foto: Angga/detikFinance Jakarta - Krisis...
  3. Indonesia Model Hubungan Ideal Antar Umat Beragama Eddi Santosa - detikNews Menlu Wirajuda- Franco Frattini (Foto:...

Indonesia Model Hubungan Ideal Antar Umat Beragama

Posted: 05 Mar 2009 01:18 PM PST

Eddi Santosa - detikNews


Menlu Wirajuda- Franco Frattini (Foto: Lajawa)

Roma - Konsep Unity in diversity semakin penting di dunia yang multikultur dewasa ini, terlebih tidak ada satu pun negara yang benar-benar homogen dalam batas wilayahnya.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri N. Hassan Wirajuda dalam pidato pembukaan konferensi bertema Unity in Diversity, the Culture of Coexistence in Indonesia di Roma, Kamis (4/3/2009) seperti .

“Toleransi yang berkembang dalam hubungan antara penganut berbagai agama di Indonesia, yang berakar dari budaya musyawarah untuk mufakat, menjadi salah satu cara dalam membangun dan mempertahankan keharmonisan dunia moderen,” demikian Wirajuda, seperti disampaikan Korfungsi Pensosbud Musurifun Lajawa kepada detikcom petang ini.

Dalam konferensi hasil kerjasama pemerintah Indonesia dan Italia dengan Communità di Sant’ Egidio itu Wirajuda menyampaikan apresiasinya atas pilihan menjadikan Indonesia sebagai model dari hubungan ideal antarumat beragama tersebut.

Konsultasi Bilateral

Selain membuka konferensi, Menlu Wirajuda yang didampingi oleh Dirjen Amerika Eropa Deplu, pejabat Deplu, Dubes RI Roma dan staf, juga telah melakukan pertemuan konsultasi bilateral RI-Italia dengan Menlu Italia Franco Frattini.

Pertemuan ini diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai Konsultasi Bilateral (MOU on Bilateral Consultation) antara RI dan Italia. Pertemuan konsultasi ini merupakan pertemuan pertama, yang membahas secara intens hubungan kedua negara di berbagai bidang.

Kedua Menlu sepakat bahwa beberapa kesamaan kedua negara dalam penghargaan atas nilai-nilai fundamental dari demokrasi, HAM serta masyarakat pluralistik dan toleran yang telah berlangsung selama ini merupakan dasar kuat bagi peningkatan kerjasama kedua negara.

MOU tersebut juga menegaskan bahwa kedua negara akan berupaya untuk merealisasikan kerjasama tidak hanya pada sektor-sektor ekonomi, perdagangan, investasi, pertahanan, pendidikan, kebudayaan, perubahan iklim, ketahanan energi, namun juga pada berbagai isu global.

Promosi Investasi

Kedua pihak menjadwalkan akan memulai kerjasama ini di antaranya dengan promosi investasi BKPM di Italia pada Mei 2009 serta kunjungan Menlu Italia ke Indonesia awal 2010, yang akan disertai sejumlah pengusaha.

Kunjungan Menlu RI di Italia diakhiri dengan dialog bersama Friends of Indonesia dalam breakfast meeting pada Kamis pagi (5/3/2009), yang diharapkan dapat memperkuat jaringan diplomasi total RI, khususnya di sisi keterlibatan kalangan non pemerintah.

Dalam kesempatan pertemuan yang diikuti kalangan pengusaha, anggota parlemen, lembaga penelitian (think tank) dan tokoh agama Italia ini, Menlu menyampaikan hasil-hasil pembicaraan bilateral Indonesia-Italia serta penyelenggaraan konferensi.

Menlu juga mengharapkan dukungan Friends of Indonesia untuk mengisi kesepakatan yang telah ditandatangani sehari sebelumnya, baik itu di bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya, yang diharapkan dapat memberikan manfaat lebih besar bagi kedua negara.

(es/es)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Indonesia Model Hubungan Ideal Antar Umat Beragama

Related posts:

  1. Istana hujan, upacara sambut PM Suriah dipindah JAKARTA (Bisnis.com): Hujan turun di Ibukota sejak pagi hari. Begitu...
  2. Presiden yakin hubungan RI-AS membaik   WASHINGTON (Antara): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meyakini hubungan kerjasama...
  3. Hillary: Indonesia mitra penting AS JAKARTA (bisnis.com): Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat sepakat meningkatkan kerja...

Ivanovic Siap Tinggalkan Chelsea Demi Fiorentina

Posted: 05 Mar 2009 01:00 PM PST

Achmad Firdaus - Okezone

foto: Daylife

LONDON - Bek muda Chelsea Branislav Ivanovic dikabarkan siap meninggalkan Chelsea pada akhir musim ini. Menurut sang agen, Vlado Borozan, Ivanovic ingin segera meninggalkan Stamford Bridge dan merapat ke Serie A bersama Fiorentina.

Rumor seputar keinginan Ivanovic merumput di Artemio Franchi memang bukan berita baru. Pasalnya, pada jendela transfer tengah musim, Januari lalu, bek asal Serbia itu hampir resmi menjadi punggawa La Viola. Namun, karena beberapa hal, transfer tersebut urung terealisasi.

Kini, Borozan kembali menghembuskan kabar keinginan Ivanovic bergabung dengan Fiorentina. Konon, bek yang direkrut Chelsea dengan banderol 13 juta euro dari Spartak Moskow itu mengaku tidak betah berkarir di Chelsea karena tak juga mendapat kesempatan bermain reguler.

Sejak Januari 2008 lalu resmi berkostum The Blues, Ivanovic hanya tampil dalam 14 laga. Jumlah penampilan itupun tak semuanya dilakoni Ivanovic sebagai sterter.

"Ivanovic ingin meninggalkan Chelsea. Untuk sementara ini, Fiorentina adalah klub yang menjadi tujuan utamanya," papar Borozan sebagaimana dikutip The Sun, Jumat (6/3/2009).

"Mengenai banderol? Untuk sementara ini, Fiorentina berani memberikan tawaran tak kurang dari 10 juta poundsterling," lanjut sang agen.

(fmh)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terikini lewat http://m.okezone.com

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Ivanovic Siap Tinggalkan Chelsea Demi Fiorentina

Related posts:

  1. Fiorentina Kepincut Defender Chelsea Azwar Ferdian - Okezone F: ist FIRENZE - Branislav Ivanovic...
  2. Alex Siap Tinggalkan Chelsea Defanie Arianti - Okezone Foto: AP LONDON - Di tengah...
  3. Drogba Bantah Tinggalkan Chelsea Hendra Mujiraharja - Okezone Foto: AP LONDON - Gosip mengenai...

Tim F1 Ingin Ubah Sistem Poin

Posted: 05 Mar 2009 12:42 PM PST

Reky Herling Kalumata - detiksport


AFP

Jenewa - Tim Formula 1 rupanya berniat mengubah sistem poin mulai di musim 2009 ini. Hal itu dilakukan guna memberikan tambahan bagi pemenang dari 10 poin menjadi 12 poin.

Selama ini sistem poin yang digunakan adalah 10-8-6-5-4-3-2-1. Namun Asosiasi Tim F1 (FOTA) telah mengajukan proposal kepada International Automobile Federation (FIA) untuk mengubah sistem poin lama menjadi 12-9-7-5-4-3-2-1.     

“Proposal kami untuk memberikan tambahan hadiah bagi pembalap yang menang,” ungkap wakil dari tim McLaren Martin Whitmarsh seperti dilansir Reuters.

Namun, sebelumnya sistem lainnya sempat diajukan oleh Bernie Ecclestone. Supremo F1 ini menginginkan ajang jet darat ini mengadopsi sistem medali Olimpiade, dimana pemenang yang banyak meraih medali emas sepanjang musim ini akan menjadi juara.

Selain itu, sistem poin konstruktor juga diajukan ditambah untuk fastest pitstop selama balapan dari 2010. Proposal lainnya juga mengajukan pengurangan jarak balapan menjadi 250km atau maksimal satu jam dan 40 menit.  

Pada musim lalu Lewis Hamilton memenangi gelar juara dunia meskipun pembalap McLaren hanya sedikit menang daripada pembalap Ferrari Felipe Massa. Sementara musim ini sudah siap dimulai di Australia pada 29 Maret ini.
( key / krs ) Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Tim F1 Ingin Ubah Sistem Poin

Related posts:

  1. Sistem Medali, Ubah Daftar Juara F1 Achmad Firdaus - Okezone Foto: Ist MARANELLO - Proposal penggunaan...
  2. Ecclestone Paksakan Sistem Medali Devy Lubis - Okezone Foto: Ist MADONNA - Bernie Ecclestone...
  3. McLaren: Sistem Medali? Siapa Takut! Kardhika Cipta Binangkit - detiksport Reuters/Kieran Doherty Woking -...

Larangan Pernikahan Gay di California akan Ditinjau Kembali

Posted: 05 Mar 2009 11:36 AM PST

Novia Chandra Dewi - detikNews


foto: ilustrasi

California - Pernikahan sesama jenis (gay) yang selama ini dilarang di California akan ditinjau kembali. Hal ini dilakukan setelah kuasa hukum pro pernikahan gay meminta pengadilan tertinggi di sana untuk melakukan peninjauan ulang mengenai larangan tersebut.

Seperti diberitakan Reuters, Kamis (5/3/200), penghapusan larangan ini juga mendapat dukungan oleh berbagai kalangan, baik dari kalangan konservatif maupun kalangan liberal. Meski demikian, hukum tetap melarang pernikahan sesama jenis untuk diterapkan di beberapa negara bagian di Amerika.

Sebelumnya, pengadilan tinggi California tahun lalu juga sudah menjatuhkan putusan mengenai larangan pernikahan gay. Sekitar 18 ribu pasangan gay diketahui menikah di California.

Atas pencabutan larangan tersebut, kalangan minoritas Amerika justru mengaku amandemen tersebut akan menjadi contoh terhadap kelompok keagamaan konservatif yang memandang pernikahan secara tradisional. Khususnya yang harus dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

Selain California, pernikahan gay juga diperbolehkan di beberapa negara di Eropa. Salah satu negara favorit bagi pasangan gay untuk menikah adalah Belanda. (nov/mad)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Larangan Pernikahan Gay di California akan Ditinjau Kembali

Related posts:

  1. Dephub pesimistis UE akan cabut larangan terbang JAKARTA (Bisnis.com): Departemen Perhubungan pesimistis hasil rapat Komisi Uni Eropa...
  2. Christina Agueilera Perjuangkan Pernikahan Gay Fajar Anugrah - detikhot Christina Aguilera (ist.) California Penikahan...
  3. India akan cabut larangan ekspor gandum NEW DELHI (Bloomberg): India sebagai produsen gandum terbesar kedua di...

Guti Dukung Raul Kembali ke Timnas

Posted: 05 Mar 2009 11:30 AM PST

Achmad Firdaus - Okezone

foto: Daylife

MADRID - Penampilan apik yang ditunjukkan bomber Real Madrid Raul Gonzalez akhir-akhir ini memang kembali memunculkan wacana bahwa Raul pantas kembali mengenakan kostum Timnas Spanyol. Hal tersebut juga didukung penuh rekan setimnya Guti Hernandez.

Ya, sejak era Luis Aragones di kursi kepelatihan, Raul memang harus rela posisinya di lini depan skuad La Furia Roja disingkirkan bomber-bomber muda macam, David Villa, Fernando Torres serta Daniel Guiza. Saat itu, arsitek yang sukses mengantar Spanyol tampil sebagai kampiun Euro 2008 itu mengklaim, masa keemasan Raul telah habis.

Namun kini, Raul kembali membuktikan dirinya pantas mendapat kesempatan membela Timnas. Bomber 31 tahun itu kembali sukses menunjukkan ketajamannya sebagai bomber ulung dibawah arahan pelatih Juande Ramos.

Raul bahkan sukses tampil sebagai pencetak gol tersubur El Real dengan koleksi 312 gol, melewati rekor pendahulunya Alfredo Di Stefano yang mengoleksi 307 gol. Fakta inilah yang membuat Guti merasa rekan setimnya tersebut kembali pantas dipercaya pelatih Vicente Del Bosque bermain bersamanya di Timnas Spanyol.

"Raul adalah pemain yang luar biasa dan figure penting di Madrid. Untuk itu saya yakin Raul masih pantas dipanggil membela Timnas Spanyol atau tim apapun yang dikehendakinya," ujar Guti sebagaimana dikutip AP, Jumat (6/3/2009).

Dukungan yang dilontarkan Guti kali ini memang bukan yang pertama diterima Raul. Sebelumnya, beberapa pemain lain seperti Sergio Ramos, Carles Puyol dan pelatih Juande Ramos juga sempat melontarkan dukungannya agar Raul kembali dipercaya memperkuat skuad La Furia Roja. 
(fmh)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terikini lewat http://m.okezone.com

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Guti Dukung Raul Kembali ke Timnas

Related posts:

  1. Raul Jual Mahal Masuk Timnas Muchamad Syuhada - Okezone Foto: Daylife MADRID - Torehan fantastis...
  2. Guti: Raul Presiden Masa Depan Madrid Defanie Arianti - Okezone Foto: Daylife MADRID - Nama Raul...
  3. Guti: Raul Presiden Madrid Masa Depan Defanie Arianti - Okezone Foto: Daylife MADRID - Nama Raul...

Tarung Tiga Set, Taufik ke Babak Ketiga

Posted: 05 Mar 2009 11:12 AM PST

Doni Wahyudi - detiksport


Reuters

Birmingham - Langkah Taufik Hidayat di All England masih belum terhadang. Setelah melewati pertarungan sengit sepanjang tiga set dengan pebulutangkis Inggris, Taufik melangkah ke babak ketiga.

Dalam laga yang berakhir Jumat (6/3/2009) dinihari WIB, Taufik dipaksa bermain sepanjang 58 menit sebelum memastikan satu tempat di babak ketiga. Menghadapi Andrew Smith, wakil Indonesia itu menang 15-21, 21-15 dan 21-16.

Di set pertama, Taufik tak pernah mengungguli perolehan lawannya meski dia lebih dulu mendapat poin di awal game. Meski sempat merapatkan jarak pada posisi 5-6, pebulutangkis yang belum lama ini mengundurkan diri dari pelatnas itu kemudian menyerah 15-21.

Pertarungan lebih sengit terjadi di set kedua dengan kedua pebulutangkis setidaknya empat kali saling susul perolehan poin. Baru selepas poin ke-10 Taufik mampu meninggalkan lawannya untuk mengakhiri laga dengan 21-15.

Di awal set ketiga kedua pebulutangkis juga bertarung cukup sengit. Di set penentuan ini Taufik mengakhiri laga dengan kemenangan 21-16.

Perjuangan Taufik di babak selanjutnya berpeluang makin sulit, unggulan ketiga itu akan menghadapi pemenang laga antara Peter Gade dengan Wei Ng yang baru akan berlaga beberapa saat lagi.

( din / key ) Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Tarung Tiga Set, Taufik ke Babak Ketiga

Related posts:

  1. Taufik Kandas di Babak Kedua Kris Fathoni W - detiksport AFP Shanghai - Taufik...
  2. Taufik Melenggang, Andre Terjengkang Doni Wahyudi - detiksport AFP/Kozuhiro Nogi Hong Kong -...
  3. Taufik ke Babak Kedua Reky Herling Kalumata - detiksport Birmingham - Taufik Hidayat...

Jumat, Kepastian Beckham di Milan

Posted: 05 Mar 2009 10:54 AM PST

Achmad Firdaus - Okezone

foto: Daylife

MILAN - Teka-teki seputar masa depan David Beckham di Milan akan segara tersibak. Kabarnya, pada Jumat (6/3/2009) waktu setempat, Rossoneri akan mengumumkan masa depan Becks, apakah tetap di Milan atau kembali ke LA Galaxy.

Seperti diketahui, Milan memang tengah berupaya keras membujuk Galaxy agar sudi mengijinkan Becks merumput di San Siro hingga akhir musim. Hal ini merujuk pada kontrak peminjaman awal Becks yang hanya berdurasi hingga 9 Maret 2009.

Beckham sendiri juga telah menegaskan dirinya masih betah mengenakan kostum Milan dan ingin tetap bermain bersama Paolo Maldini dkk guna bisa terus membuka peluangnya tampil di Timnas Inggris. Ya, sejak bergabung dengan Milan, Becks seakan menemukan kembali permainan terbaiknya hingga langsung mendapat panggilan dari pelatih The Three Lions Fabio Capello yang sempat melupakannya saat merumput di MLS bersama Galaxy.

Sebagaimana dilaporkan La Gazzetta dello Sport, Milan yang sempat beberapa kali mendapat penolakan kabarnya tinggal selangkah lagi mencapai kata sepakat dengan kubu Galaxy. Dan pada Jumat ini manajemen klub dikabarkan akan mengumumkan masa depan gelandang 33 tahun itu di San Siro.

Beberapa laporan mengatakan kesepakatan itu telah tercapai, setelah Beckham bersedia 50 persen bayarannya di Galaxy dipotong. Sementara Milan akan mengelontorkan sejumlah uang tunai untuk melengkapi transfer Bechkam hingga akhir musim.

Dalam perjanjian tersebut, kedua kubu dikabarkan juga telah menyepakati klausul, Beckham akan bertahan di Milan hingga akhir musim dan kembali ke Galaxy untuk menghabiskan musim kompetisi MLS. Setelah kontraknya di LA berakhir, pada November 2009 mantan bintang Manchester United dan Real Madrid itu akan kembali ke Milan dan menjadi punggawa tetap Rossoneri.

Kabar heboh yang dihembuskan La Gazzetta dello Sport ini memang belum sepenuhnya benar. Pasalnya, hingga kini baik kubu Galaxy ataupun Milan belum bersedia memberikan konfirmasi resmi terkait lika-liku transfer suami dari mantan vokalis Spice Girls, Victoria Adams itu.

(fmh)

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terikini lewat http://m.okezone.com

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Jumat, Kepastian Beckham di Milan

Related posts:

  1. Beckham Pikirkan Bertahan di Milan Azwar Ferdian - Okezone Foto: AP MILAN - David Beckham...
  2. Beckham Tak Perkuat Milan di UEFA Cup Hendra Mujiraharja - Okezone Foto: Reuters MILAN - Spekulasi mengenai...
  3. Beckham: Milan Masih Berpeluang Dapatkan Saya! Achmad Firdaus - Okezone foto: Daylife MILAN - Gelandang pinjaman...

Angin Puting Beliung Hajar Sulteng, 1 Tewas

Posted: 05 Mar 2009 10:30 AM PST

Arif Budianto - detikNews


foto: ilustrasi

Palu - Angin puting beliung menghajar permukiman warga di Desa Galuga, Kecamatan, Tojo Barat, Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, Kamis (5/3/2009) sekitar pukul 20.00 Wita. Akibatnya 1 korban meninggal, 6 rumah rusak berat dan 3 rusak ringan.

Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna bergerak cepat melakukan inventarisasi kerugian akibat puting beliung itu.

“Angin puting beliung itu juga memutuskan jaringan listrik dan air bersih,” kata petugas Kantor Lapangan Yayasan Merah Putih Palu di Ampana Badri Djawara.

Sementara itu, korban jiwa bernama Elizabeth (60) telah disemayamkan di rumah duka di Desa Galuga. Dilaporkan pula seorang anak kecil bernama Ryan (5) menderita luka-luka. Dia adalah cucu Elizabeth. Rumah mereka tertimpa pohon kelapa yang tumbang.

Pemerintah setempat sudah melakukan inventarisasi kerugian materil dan korban jiwa akibat angin puting beliung ini. Warga diminta tenang namun tetap waspada.

Malam ini warga setempat memilih berada di luar rumah. Mereka juga menjauhkan diri dari pohon kelapa dan buah yang tumbuh di desa mereka. Sebab banyak pohon yang tumbang dihajar puting beliung tersebut.

(mad/mad)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Angin Puting Beliung Hajar Sulteng, 1 Tewas

Related posts:

  1. Puting Beliung Hajar 200 Rumah Arif Budianto - detikNews Palu - Ratusan rumah dan...
  2. 25 Rumah di Mataram Rusak Dihantam Puting Beliung Kusmayadi - detikNews Foto: Kusmayadi (detikcom) Mataram - Rasa...
  3. UGM Rugi Rp 12 Miliar Akibat Diterjang Puting Beliung Bagus Kurniawan - detikNews (foto: Bagus K/detikcom) Jakarta -...

Pemerintah Sudan Cari Dukungan ke Indonesia

Posted: 05 Mar 2009 09:54 AM PST

Hery Winarno - detikNews


foto: Hery W/detikcom

Jakarta - Mahkamah Internasional atau International Crime Court (ICC) memerintahkan penangkapan presiden Sudan Omar al-Bashir karena didakwa melakukan kejahatan kemanusiaan di Darfur. Merasa tidak bersalah, perwakilan pemerintah Sudan mendatangi Indonesia untuk mencari dukungan.

“Kewajiban sebagai biro luar negeri memang mendatangi negara-negara lain seperti Indonesia untuk mencari dukungan,” ujar Kepala Biro Luar Negeri Sudan Abdul Mun'im Assunni di Hotel Sultan, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (5/3/2009) malam.

Abdul datang bersama jajaran pemerintah Sudan lainnya. Ia tiba ke Indonesia pada pukul 22.00 WIB dan langsung menggelar jumpa pers.

Lebih lanjut Abdul menjelaskan, fakta yang terjadi di Sudan tidaklah seperti yang diberitakan selama ini. Pembantaian massal yang dituduhkan Mahkamah Internasional selama ini adalah salah.

“Hal yang terjadi di Sudan itu sama dengan yang terjadi di jalur Gaza tapi tidak ada negara-negara barat yang membela. Seperti halnya dengan di Afganistan dan negara timur tengah lain,” jelas Abdul.

Sebelumnya Presiden Sudan Omar al-Bashir diperintahkan untuk ditangkap oleh Mahkamah kejahatan internasional. Negara-negara Afrika dan Arab mengkhawatirkan perintah penangkapan ini akan mengganggu stabilitas wilayah. Bahkan mendatangkan konflik yang lebih besar di Darfur.
(mad/mad)

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Pemerintah Sudan Cari Dukungan ke Indonesia

Related posts:

  1. Ulama Sudan Serukan Boikot Valentine’s Day Rita Uli Hutapea - detikNews Ilustrasi Khartoum - Para...
  2. Cari Dukungan, Sutiyoso Sowan ke Purnawirawan M. Rizal Maslan - detikNews Jakarta - Calon presiden...
  3. Cari Dukungan, Israel ‘Invasi’ Facebook dan Twitter Fino Yurio Kristo - detikinet Serangan Israel (AFP) New...