Rabu, 24 Desember 2008

Gudang Tips, Trik, & Tutorial Gratis

Gudang Tips, Trik, & Tutorial Gratis

Memahami teknik SEO yang mitos dan teknik SEO yang fakta

Posted: 24 Dec 2008 02:28 AM CST


gambar tips SEO SEO hanya mitos atau fakta? Tidak semua teknik SEO yang Anda jumpai di Internet adalah nyata dan terbukti. Tetapi juga tidak semua teknik SEO yang ada hanya mitos belaka. Sebagian nyata, sebagian lagi belum terbukti. Bingung ya? Tidak juga. Mari kita lihat bersama referensi dokumen tentang SEO, yang bersumber resmi dari Google, Yahoo, dan MSN.

Dokumen referensi

Sebagai referensi dalam pembahasan artikel ini, saya gunakan:

  1. Artikel Google mengenai Search Engine Optimization Starter Guide (PDF 551kb), wajib di-download pecinta SEO.
  2. Google Webmaster Guidelines
  3. Google Friendly Sites
  4. Google Patent US 7,031,954, http://www.freepatentsonline.com/7031954.pdf
  5. Google Patent US 7,031,961, http://www.freepatentsonline.com/7031961.pdf
  6. Yahoo! Search Content Quality Guidelines
  7. MSN Guidelines for successful indexing

Teknik SEO yang nyata

1. Perbanyak jumlah link ke halaman web

Semakin banyak halaman lain yang mengarah ke suatu halaman web, maka halaman web yang dituju akan memiliki posisi yang semakin bagus di Search Engine. Dasarnya adalah pernyataan google di halaman Google Friendly Site. Secara natural, jika web atau blog Anda bagus, orang akan dengan sendirinya memasang link di halaman mereka. Secara tidak natural, Anda dapat blogwalking di blog dofollow atau meminta tukar link dengan pemilik web atau blog lain.

Fenomena click here

Sampai sekarang fenomena “click here” (kekuatan teks link) masih dapat dilihat di Google. Silakan masukkan kata “click here” tanpa tanda petik di Google, lihat halaman yang menjadi urutan paling atas. Buka halaman tersebut, mungkin tidak ada satupun kata “click here” di halaman tersebut. Yang menyebabkan posisi halaman tersebut bagus di Google adalah karena banyak sekali halaman web yang memasang link ke halaman tersebut dengan kalimat yang kurang lebih begini: Untuk download software ini, click here. “Click here”  di sini berupa link yang bisa di-klik. Fenomena ini menunjukkan bahwa jumlah link dan teks yang digunakan sebagai link ke arah halaman tertentu akan menentukan posisi halaman tersebut dalam search engine. Ini adalah fakta, bukan mitos.

2. Keyword dan kualitas artikel

Berkali-kali disebutkan dalam Google Webmaster Guidelines, Yahoo! Search Content Quality Guidelines, dan MSN Guidelines for successful indexing, bahwa content atau kualitas isi adalah hal yang utama. Okey kualitas isi yang utama tetapi bagaimana cara membedakan halaman tersebut berkualitas atau tidak? Bagaimana cara membedakan halaman tersebut cocok untuk keyword yang diketikkan pengunjung dalam search engine? Jika kita boleh berandai-andai, seandainya kita diminta membuat sebuah search engine, atau menyusun algoritma search engine, tentu yang kita perhatikan adalah jumlah keyword dan posisi keyword dalam artikel tersebut bukan?

Hal yang menjadi fakta lagi adalah bahwa search engine mempertimbangkan keyword dalam URL dan Judul (title). Jika Anda memasukkan kata kunci tertentu di Google, dan kata kunci tersebut menjadi URL sebuah dokumen hasil pencarian, maka kata kunci dalam tersebut di-bold oleh google bukan? Demikian pula kata kunci di dalam judul, yang selalu di-bold oleh Google dalam SERP (Search Engine Ranking Page). Jadi kata kunci dalam URL dan judul/title merupakan hal yang menentukan posisi dalam search engine adalah fakta, bukan mitos.

Sudah cukup itu saja, hanya ada 2 buah teknik SEO yang benar-benar nyata, dan jika Anda sudah mulai pusing dan nggak mau ribet, cukup terapkan dua teknik SEO tersebut di atas. Tetapi jika Anda punya waktu lebih, silakan teruskan membaca artikel ini.

Teknik SEO yang didasarkan pada Artikel Google mengenai SEO

Kalau dipikir-pikir agak aneh juga, sebagai search engine, Google mengeluarkan dokumen resmi yang berisi Tips SEO, silakan di download pada link referensi yang sudah disebutkkan di atas (PDF 551kb). Kalau boleh berpendapat, tips-tips SEO dalam artikel tersebut sebagian memang bagus untuk meningkatkan posisi di Google, atau (paling tidak) mempermudah dan mempercepat proses indeks, tetapi sebagian untuk mencegah dan memerangi beredarnya tips SEO yang tanpa dasar, optimasi berlebihan, atau blackhat. Ini beberapa tips SEO yang ada pada artikel Google:

1. Membuat judul unik dan akurat

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, judul karangan boleh dibuat menggelitik agar menarik pembaca. Misalnya sebuah cerpen percintaan dapat diberi judul “bunga sakura”, meskipun dari awal tidak dibahas mengenai bunga sakura ternyata di akhir cerita menggambarkan sepasang kekasih yang bertemu di bawah pohon sakura.

Dalam pandangan SEO, judul “bunga sakura” tepat jika artikelnya membahas tentang bunga sakura, misalnya wujud, jenis, atau cara menanamnya.

2. Menggunakan meta description

Jika Anda terbiasa mengedit HTML, Anda dapat memberikan kata-kata yang sesuai untuk meta description. Pada sebagian direktori bahkan tidak mengindeks halaman, hanya meta description dan meta keywordnya saja yang masuk ke dalam database mereka.

3. Membuat URL yang baik

Sama seperti yang sudah dibahas di atas, yaitu keyword dalam URL akan turut menentukan posisi halaman tersebut dalam search engine.  Misalnya Anda membuat artikel mengenai bunga sakura, lebih baik menggunakan URL:

http://web-anda.com/bunga-sakura/

daripada

http://web-anda.com/p?123

4. Membuat navigasi situs mudah dan sederhana

  • Google menyarankan situs dibuat dengan navigasi yang sederhana dari umum ke spesifik. Misalnya pada halaman utama ada “profil perusahaan”, di dalam halaman “profil perusahaan” ada link  ke “bidang usaha”, “AD/ART”, “manajemen”, dsb. Di dalam halaman “bidang usaha” ada link ke “off air”, “on air”, dsb.
  • Menggunakan link berupa teks dalam navigasi
  • Menampilkan navigasi yang menyatakan posisi pengunjung sedang berada dimana, yang memungkinkan pengunjung dapat dengan mudah  menuju ke level yang lebih tinggi, misalnya pada contoh berikut ini, pengunjung sedang berada pada halaman “off air”

profil perusahaan > bidang usaha > off air

  • Membuat HTML sitemap
  • Pertimbangkan jika sebagian URL dihilangkan tidak menghasilkan error. Misalnya link ke artikel ini:

http://tutorialgratis.net/2008/12/24/memahami-teknik-seo-mana-yang-mitos-dan-mana-yang-fakta/

pertimbangkan apakah link tersebut valid jika link-nya dipotong menjadi:

http://tutorialgratis.net/2008/12/

  • Menggunakan halaman 404 yang jelas.

bersambung.. (artikel ini akan di-update lagi tanggal 30 Desember 2008, ada sekitar 10 poin yang didasarkan pada dokumen Google ini yang belum dibahas, dan juga ada belasan poin teknik SEO yang lain yang didasarkan pada dokumen Google Patent, Yahoo dan MSN). Silakan kalau mau berdiskusi atau berkomentar saya nantikan, sekarang juga boleh.

Penulis: Oka Mahendra (http://tutorialgratis.net)

Posted in SEO, tips, trik   Tagged: SEO, teknik seo, tips seo