Minggu, 07 Desember 2008

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

Obama Pilih Keturunan Asia Jadi Kepala Urusan Veteran

Posted: 07 Dec 2008 03:54 PM CST

Indra Subagja - detikNews


Chicago - Nasib para prajurit AS yang kembali dari medan perang menjadi perhatian Presiden terpilih AS Barack Obama. Dia pun menetapkan purnawirawan jenderal Eric Shinseki untuk mengepalai kepala Departemen Urusan Veteran.

Seperti dikutip Reuters, Senin (8/12/2008), jika disetujui kongres. Shinseki akan menjadi keturunan Asia-Amerika pertama yang mengepalai urusan veteran.

Departemen ini, menjadi penting mengingat kritikan keras menghujam George W Bush, atas penanganan yang tidak layak bagi veteran tentara yang telah berperang di Irak dan Afghanistan.

“Bagi banyak prajurit dan keluarga mereka, perang seolah tidak pernah selesai meski mereka sudah kembali pulang ke rumah,” ujar Obama dalam jumpa pers di Chicago.

Departemen yang menangani veteran adalah lembaga terbesar di pemerintahan as setelah Departemen Pertahanan. “Banyak veteran yang masih khawatir akan nasib jaminan kesehatan mereka dan menemukan pekerjaan yang layak saat kembali pulang,” ujar Shinseki di kesempatan yang sama.

Lahir di Hawai, Shinseki adalah keturunan Jepang. Dan dia juga menjadi keturunan Asia-Amerika pertama yang meraih bintang empat di Dinas Ketentaraan Amerika.

Shinseki adalah jenderal yang mengkritik Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld saat memutuskan menggelar perang di Irak. Saat itu pada 2003, Shinseki di hadapan kongres menyampaikan bila banyak tentara AS yang mempertanyakan apa arti penting menjatuhkan Saddam Husein.(ndr/lrn)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Obama Pilih Keturunan Asia Jadi Kepala Urusan Veteran

Cruz Absen Hingga Tahun Depan

Posted: 07 Dec 2008 03:24 PM CST

Fetra Hariandja - Okezone

Foto: AP

MILAN - Kabar duka menyelimuti tubuh Inter Milan. Klub yang bertengger di pucuk klasemen sementara itu kehilangan striker Julio Cruz. Dia kemungkinan absen hingga 2009.

Pemain Argentina itu mengalami cedera otot kaki ketika membantu Inter mengalahkan Lazio 3-0, akhir pekan kemarin. Hasil diagnosa tim dokter menyebutkan Cruz harus rehat paling cepat hingga akhir Desember ini.

Dalam laga itu, pelatih Jose Mourinho terpaksa menarik keluar Cruz pada babak pertama. Beruntung, Inter tetap membukukan kemenangan 3-0 atas Lazio.

"Untungnya tidak terlalu serius," kata anggota tim dokter Franco Combi seperti dilansir AP, Senin (8/12/2008).

Sudah dipastikan, Mourinho tidak memasukan nama Cruz untuk menghadapi Werder Bremen pada laga Liga Champions, Rabu (10/12/2008) dinihari.

Mourinho kemungkinan akan memanggil Adriano, Ricardo Quaresma, Mario Balotelli dan Amantino Mancini untuk bergabung dengan Zlatan Ibrahimovic.

(fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Cruz Absen Hingga Tahun Depan

Menuju Ketinggian 4.285 M di Pegunungan Jayawijaya

Posted: 07 Dec 2008 03:00 PM CST

Indra Subagja - detikNews


Foto: Indra Subagja/Detikcom

Tembagapura - Pesawat segera lepas landas di lapangan terbang Mozes Kilangin Timika, Papua. Sebentar melepas pandang, hamparan lumpur coklat sisa olahan tambang membentang luas.

Tak lama, pesawat menapakan kaki di bandara yang dinamakan sesuai nama tetua suku Amungme, yang membantu penemuan gunung 'emas' Papua. Sebuah ban berukuran 2 meter dan traktor menjadi simbol dari bandara yang diresmikan pada Juli 2008 lalu.

Bersama rombongan dari Departemen Luar Negeri, sejumlah wartawan bermaksud mengunjungi Grasberg di ketinggian 4.285 meter, salah satu gugusan pegunungan Jayawijaya yang juga lokasi tambang PT Freeport.

Perjalanan dilakukan pada Sabtu 6 Desember 2008. Pukul 06.00 WIB, rombongan bergerak menggunakan bus khusus, yang mampu mendaki puncak gunung.

Setelah melewati pos penjagaan di area perusahaan tambang tersebut, hamparan hutan lebat berbaris rapi. Dari bus tampak beberapa warga lokal dan pendatang yang berjalan menuju Sungai Otomona.

Aliran sungai yang dialiri buangan sisa pengolahan tambang ini menjadi mata pencaharian ribuan penambang tradisional. Mereka pendulang emas tradisional. Menurut seorang penduduk, untuk bisa menambang di lokasi ini, seseorang harus membayar kepada warga lokal, selaku pemilik adat kawasan tersebut.

1 Jam perjalanan, di mile 50, di ketinggian 1.800 meter, bus bermesin buatan Amerika Serikat berhenti. Penumpang turun untuk ke kamar kecil. Tampak seorang warga lokal dari suku Amungme, yang juga pekerja tambang duduk di tempat perhentian bus untuk pekerja.

“Saya Aringgus, tinggal di atas, di Banti (kawasan pemukiman Suku Amungme di pegunungan Jayawijaya),” ucapnya memperkenalkan diri.

Perbincangan singkat itu terpotong, bus mesti kembali bergerak. Di kecepatan 40 Km per/jam, jalanan semakin terjal dan menanjak. Ada juga jalanan mulus dilalui, keterangan petugas menyebutkan jalanan itu dibuat dari bahan sisa tambang.

Di kanan dan kiri jalan, pemandangan panorama pegunungan menjulang dan hutan lebat menyejukan mata. Namun kabut mulai menyapa, jarak pandang pun hanya hanya sebatas 200 meter.

Kemudian bus mesti memasuki terowongan sepanjang 1 Km yang menembus bukit. Setelahnya, tampak kawasan pemukiman Hidden Valley bagi ekspatriat yang terletak diantara pegunungan.

Bus terus melaju, beberapa karyawan tampak tengah berjalan di sisi jalan. Akhirnya Tembagapura, setelah 1 jam 30 menit perjalanan, kota di tengah hutan lebat di ketinggian 2.600 meter kami sentuh. Dibangun pada tahun 1970-an, pemukiman ini dibangun khusus bagi pekerja tambang.

Suasananya tampak asri. Lapangan sepakbola hingga fasilitas keagamaan ada di kawasan ini. Di tempat yang disediakan bagi tamu, instruksi keselamatan soal penambangan dijelaskan. Selain itu, dibagikan pula peralatan keselamatan seperti rompi, pelindung kepala, serta sepatu khusus.

Istirahat 30 menit, lepas menyantap penganan ringan perjalanan dilanjutkan. Jalan semakin menanjak, terowongan sepanjang 800 meter kembali kami lalui. Di sisi jalan tampak pos jaga Brimob Mabes Polri kokoh berdiri di lereng pegunungan.

Semakin mendaki, es atau salju abadi mulai jelas dipelupuk mata. Informasi menyebutkan, areal salju abadi di Taman Nasional Laurentz di Pegunungan Jayawijaya semakin berkurang.

“Hasil penelitian, ini bukan karena aktivitas penambangan,” bela juru bicara Freeport Mindo Pangaribuan di sela-sela perjalanan.

Dahulu, salju abadi ini menjadi alasan dilakukannya ekspedisi yang pertama kali pada 1936, yang dipimpin Anton H. Coljin. Warga Belanda ini tertarik untuk melihat adanya salju di pegunungan tropis.

Akhirnya rombongan tiba di perhentian selanjutnya, di ketinggian 3.600 meter. Di sini kami berhenti, dan kemudian naik kereta gantung yang berkapasitas 100 orang. Alat ini biasa digunakan para pekerja tambang.

Sekitar 10 menit, kereta gantung menepi. Di sini kami melanjutkan kembali perjalanan dengan bus. Saat itu cuaca dingin telah terasa, pandangan juga tertutup kabut.

Setelah 20 menit perjalanan, sekitar pukul 10.00 WIB, lokasi bernama Grasberg di ketinggian 4.600 meter kami capai. “Jangan bergerak banyak, kadar oksigen rendah. Anda bisa cepat lelah,” ujar seorang petugas.

Di sini, pandangan begitu jelas, tiada kabut yang menutupi sinar mentari. Alat berat juga tampak mondar-mandir mengangkut barang tambang. Diperkirakan cadangan di daerah Grasberg tinggal 1,2 milyar ton dan mampu dipakai hingga 2015.

Hembusan Angin yang cukup kencang menambah dinginnya suhu di sekitar. Rombongan pun masuk ke sebuah pos untuk mendapatkan penjelasan.

“Penambangan kini dipindahkan ke dalam jalur bawah tanah. Cadangan di sana mencapai 2,5 bilion ton,” sebut seorang petugas,

Kadar oksigen yang menipis membuat beberapa anggota rombongan tumbang. Masker oksigen pun harus dikenakan. Usai penjelasan, kami menatap ke luar, gugusan gunung yang ditambang kini menjadi lubang sedalam beberapa kilometer.

Sayangnya gunung es, yang ingin kami pandang lebih jelas tidak terlihat. Kabut menutup lokasi salju abadi tersebut. Tidak berlama-lama, setelah 30 menit rombongan pun turun. Membawa kenangan telah mencapai salah satu puncak Jayawijaya.(ndr/lrn)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Menuju Ketinggian 4.285 M di Pegunungan Jayawijaya

Ronaldo Resmi Miliki Ballon d’Or

Posted: 07 Dec 2008 02:48 PM CST

Hendra Mujiraharja - Okezone

Foto: AP

PARIS - Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya megangkat trofi Ballon d’Or di Paris, Prancis. Bintang Manchester United itu mengaku bangga bisa mendapatkan gelar tersebut.

Sebenarnya, Ronaldo sudah diumumkan menjadi pemenangan gelar ini pada Selasa (2/12/2008) kemarin. Namun, baru kali ini mantan winger Sporting Lisbon tersebut dia resmi menggenggam trofi Ballon d’Or.

"Saya sangat bahagia bisa mendapatkannya. Ini merupakan mimpi saya sejak masih kecil. Saya selalu memimpikan dapat memenangkan gelar ini suatu saat nanti," ujar Ronaldo seperti dikutip AP, Senin (9/12/2008).

"Saya sangat senang dan saya ingin mendedikasikan trofi ini kepada keluarga saya. Sebab, mereka telah membantu saya untuk mewujudkan impian saya ini," tegas winger asal Portugal itu.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu, ayah dan seluruh teman saya. Saya memiliki daftar panjang orang yang saya ingin ucapkan terima kasih, tapi sulit mengucapkannya," tandas pemain 23 tahun itu.

"Trofi ini sangat luar biasa, indah. Saya sudah lama menantikan gelar ini."

(hmr)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Ronaldo Resmi Miliki Ballon d’Or

Tentara Pakistan Serbu Markas Lashkar-e-Taiba

Posted: 07 Dec 2008 02:06 PM CST

Indra Subagja - detikNews Islamabad - Militer Pakistan bergerak. Mereka mengambil alih sebuah lokasi di kawasan Kashmir, yang biasa digunakan sebagai markas pelatihan kelompok Lashkar-e-Taiba.

Seperti dikutip Reuters, Minggu (8/12/2008) saksi mata dan sumber dari organisasi yang dituding sebagai dalang serangan di Mumbai, India itu membenarkan peristiwa ini.

“Terjadi siang ini, tentara mengambil alih kamp,” ucap sumber tersebut.

Sementara penduduk yang berada di dekat lokasi di daerah di luar Muzaffarabad juga mengaku melihat pergerakan militer Pakistan. Namun hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Pakistan.(ndr/lrn)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Tentara Pakistan Serbu Markas Lashkar-e-Taiba

Malam Takbiran di Jakarta Lancar

Posted: 07 Dec 2008 02:06 PM CST

Laurencius Simanjuntak - detikNews Jakarta - Malam takbiran manyambut Idul Adha di Jakarta berlangsung lancar. Tidak ada kemacetan berarti yang disebabkan konvoi warga yang takbir keliling.

“Situasi lalu lintas ibukota lancar meski ada beberapa warga Jakarta berkonvoi takbir keliling namun tidak menggangu arus lalu lintas,” ujar operator cakra Aiptu Tarwono seperti dilansir Traffic Management Center (TMC), Minggu (8/12/2008).

CCTV TMC Polda Metro Jaya yang sebelumnya padam pun sudah bisa berfungsi kembali sekitar pukul 23.15 WIB.(lrn/ndr)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Malam Takbiran di Jakarta Lancar

Hamburg Amankan Tiga Poin

Posted: 07 Dec 2008 01:54 PM CST

Fetra Hariandja - Okezone

Foto: AP

HAMBURG - Hamburg mengamankan tiga poin paga pekan ke-16 Bundesliga. Prestasi itu dibukukan usai menjinakkan Koln 2-1 di HSH Nordbank Arena, Senin (8/12/2008).

Kemenangan Hamburg sudah terlihat setelah lima menit babak pertama digulirkan. Pasukan Martin Jol itu terus mendominasi sepanjang babak pertama.

Beberapa peluang emas bahkan sempat tercipta. Aroma kemenangan Hamburg mulai terasa pada menit ke-15. Di hadapan publik lawan, penyerang Hamburg Mladen Petric membuat kejutan.

Gol berawal dari umpan lambung manis yang disodorkan Marcell Jansen. Petric yang berdiri tanpa terkawal dengan mudah mengebaui kiper Koln Faryd Mondragon.

Tidak butuh watu lama bagi Hamburg untuk memperbesar keunggulan. Petric rasanya pantas donobatkan bomber utama Hamburg. Dia kembali menambah pundi-pundi golnya pada enam menit berselang.

Diawali tendangan pojok Piotr Trochowski dan dilanjutkan Joris Mathijsen kepada Patric. Dengan satu sentuhan, Patric akhirnya menggandakan keunggulan Hamburg hingga babak pertama berakhir.

Merasa unggul, Hamburg cenderung menerrapkan strtegi bertahan. Pola itu pun melahirkan blunder pada menit 83. Gol balasan Koln dicetak Milivoje Novakovic. Dia mengolah bola di lini pertahanan Hamburg sebelum menundukkan kiper Frank Rost. Keddudukan tidak berubah saat wasit meniup pluit panjang.

Tambahan tiga angka menempatkan Hamburg di peringkat lima dengan 30 poin, tercecer empat poin dari pimpinan klasemen sementara     Hoffenheim. Sedangkan Koln di posisi 12 karena baru mengoleksi 19 poin.

(fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Hamburg Amankan Tiga Poin

Lawan PSV, Benitez Pakai Rookie

Posted: 07 Dec 2008 01:36 PM CST

Fetra Hariandja - Okezone

Foto: AP

LONDON - Liverpool sudah dipastikan lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions. Kondisi ini membuat pelatih Rafael Benitez akan melakukan perubahan ketika menantang PSV Eindhoven pada laga pamungkas Grup D di Stadion Philips, Rabu (10/12/2008).

Perubahan dimaksud adalah mengistirahatkan beberapa pemain pilar. Sehingga, timnya tetap aman ketika melakoni pertandingan Premier League.

Beberapa bintang yang kemungkinan hanya menjadi penonton adalah Steven Gerrard, Jamie Carragher, Dirk Kuyt, Jose Reina dan Alvaro Arbeloa.

Pelatih asal Spanyol itu kemungkinan akan menurunkan Lucas, Ryan Babel, Yossi Benayoun, David Ngog dan kiper Diego Cavalieri. Benitiez bahkan diprediksi akan berjudi dengan menerjunkan pemain rookie (pemain debutan) Stephen Darby dan Jay Spearing.

"Sangat sulit mengatakan sekarang pemain yang akan berlaga di Eindhoven. Tapi yang jelas, kami akan membuat beberapa perubahan," kata Benitez seperti dilansir AP, Senin (8/12/2008).

"Beberapa pemain senior juga akan diistirahatkan. Tujuannya untuk menghindari risiko cedera," imbuhnya.

(fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Lawan PSV, Benitez Pakai Rookie

Deportivo Jinakkan Malaga

Posted: 07 Dec 2008 12:42 PM CST

Fetra Hariandja - Okezone

Foto: AP

LA CORUNA - Deportivo la Coruna menjaga peluang menduduki kursi papan atas La Liga. Peluang emas itu diraih Super Depor setelah melindas Malaga 2-0 di Stadion Riazor, Senin (8/12/2008).

Meski meraup tiga angka, namun posisi Deportivo di klasemen sementara tidak berubah. Klub asuhan Miguel Angel Lotina itu masih terpatri di urutan ketujuh dengan 24 poin.

Sebaliknya, kekalahan memaksa Malaga turun satu peringkat ke posisi sembilan. Tim yang dibesut Antonio Tapia itu baru mengoleksi 18 poin hingga laga ke-14 pekan ini.

Hasil sempurna yang dibukukan Deportivo merupakan realita yang wajar. Klub yang berdiri pada 1906 itu bertindak sebagai tuan rumah. Tak pelak, puluhan ribu penonton pun membantu Deportivo menekan pemain tim tamu.

Pada babak pertama, kedua tim sangat berhati-hati dalam mengaplikasikan strategi betanding. Bisa ditebak, pertandingan harus dilewati tanpa gol.

Nuansa berbeda terjadi di babak kedua. Pergerakan kuartet gelandang Deportivo Andres Guardado, Julian de Guzman, Joan Verdu Fernandez dan Angel Lafita membuat barisan belakang Malaga kocar-kacir.

Dewi Fortuna akhirnya menghentikan kebuntuan Deportivo dalam mengemas gol. Publik tuan rumah bersorak ketika Lafita mencetak gol pada menit 64.

Empat menit berselang, Deportivo kembali menggandakan keunggulan. Gol kedua Deportivo disumbangkan striker Omar Bravo. Keunggulan itu bertahan hingga wasit Carlos Clos Gomez menyudahi pertandingan.

(fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Deportivo Jinakkan Malaga

Milan Bisa Hentikan Inter

Posted: 07 Dec 2008 12:42 PM CST

Hendra Mujiraharja - Okezone

Foto: AP

MILAN - AC Milan akhirnya berhasil mengalahkan Catania dengan skor 1-0. Kemenangan itu membuat pelatih Carlo Ancelotti optimis Milan dapat mengejar Inter Milan dalam perebutan gelar juara Serie A.

Ancelotti bukan tanpa alasan mengatakan itu. Ricardo Kaka dkk pernah mengalahkan Inter di pekan kelima Serie A. Kekalahan itu menjadi satu-satunya bagi tim besutan Jose Mourinho tersebut di Serie A musim ini.

"Pada saat ini Inter merupakan salah satu tim yang bermain paling konsisten dan bermain sepakbola yang baik. Tapi, siapakah yang dapat menghentikan mereka? Kami sudah membuktikannya," tegas Ancelotti.

Pelatih asal Italia itu lantas berkomentar soal pertandingan melawan Catania. "Tim bermain sangat baik dan menciptakan banyak menciptakan peluang. Satu alasan kami hanya bisa mencetak gol karena penampilan gemilang kiper mereka," papar Ancelotti.

Meskipun Kaka menjadi pencetak gol tunggal pada pertandingan ini, namun Ancelotti menegaskan kalau pemain asal Brasil tersebut bukanlah sosok bomber buat Rossoneri pada musim ini.

"Kaka adalah bukan seorang juru gedor. Dia adalah pemain yang hebat, sehingga sangat wajar kalau dia tidak dapat mencetak banyak gol," lanjut pelatih asal Italia itu seperti disitat AP, Senin (8/12/2008).

(hmr)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Milan Bisa Hentikan Inter