Kamis, 11 Desember 2008

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

Giliran Lampung Digoyang Gempa 5,2 SR

Posted: 11 Dec 2008 03:48 PM CST

Irwan Nugroho - detikNews


Jakarta - Setelah menghentak Sumatera Barat (Sumbar), gempa menggoyang perairan Lampung. Gempa ini berkekuatan 5,2 SR dan tidak menimbulkan potensi gelombang tsunami.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Jumat (12/12/2008) mencatat, gempa tersebut terjadi pukul 03.55 WIB di kedalaman 10 Km.

Titik pusat gempa berada di 35 Km barat daya Kalianda, Lampung, atau 6.03 LS - 105.46 BT. Belum diketahui adanya kerusakan yang ditimbulkan akibat peristiwa alam ini.(irw/irw)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Giliran Lampung Digoyang Gempa 5,2 SR

UEFA Pelajari Insiden Rooney

Posted: 11 Dec 2008 03:42 PM CST

Achmad Firdaus - Okezone

foto: AP

NYON - Bomber Manchester United Wayne Rooney memang sukses menjadi penyelamat timnya saat menahan Aalborg BK 2-2 dilaga pamungkas penyisihan Grup Liga Champions, Rabu (10/12/2008). Namun, Rooney terancam mendapat sanksi dari Federasi Sepakbola Eropa akibat perilaku tidak sportifnya dalam laga tersebut.

Ya, dalam laga tersebut, Rooney memang menjadi bintang di Old Trafford setelah sukses mencetak gol pada menit ke-52 sekaligus menyelamatkan timnya dari kekalahan. Namun, aksi heroik Rooney harus tercoreng perilaku minornya yang menginjak dada pemain Aalborg dan sejumlah tindakan tidak sportif lainnya.

Menanggapi insiden tersebut, UEFA memang belum mengambil keputusan apapun terkait tuduhan kubu Aalborg yang menganggap Rooney bermain tidak sportif. Namun, badan tertinggi sepakbola Eropa itu akan segera melakukan investigasi melalui rekaman video untuk melihat kebenaran tuduhan tersebut.

Jika terbukti benar, maka UEFA mengaku takkan segan-segan memberikan sanksi kepada bomber yang memang terkenal memiliki temperamen tinggi itu.

"Kami akan menanggapi dengan serius insiden ini. Kami akan mempelajari terlebih dulu perilaku indisipliner yang dilakukan Rooney seperti diberikan sejumlah media, sebelum mengambil keputusan apakah ia bersalah atau tidak," ujar juru bicara UEFA sebagaimana dilansir AP, Jumat (12/12/2008).

Jika perilaku indisipliner yang dilakukan Rooney terbukti benar, maka UEFA dipastikan bakal memberiakan sanksi kepada mantan bomber Everton itu. Salah satu sanksi yang diprediksi bakal diterima striker timnas Inrris itu adalah larangan tampil di pertandingan pertama babak 16 besar Liga Champions.

(fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

UEFA Pelajari Insiden Rooney

Saviola & Metzelder Sambut Rezim Ramos

Posted: 11 Dec 2008 02:48 PM CST

Achmad Firdaus - Okezone

foto: AP

MADRID - Dua punggawa Real Madrid Javier Saviola dan Christophe Metzelder berharap nasibnya bakal berubah seiring rezim baru Juande Ramos di kursi kepelatihan El Real. Saviola dan Metzelder berharap dirinya bakal mendapat kesempatan bermain reguler di tangan Ramos.

Seperti diketahui, keduanya memang seakan menjadi pemain tak bernilai selama pelatih Bernd Schuster berkuasa. Saviola dan Metzelder hanya dipercaya tampil di ajang tak kompeten seperti Copa Del Rey. Sekalipun dipercaya turun di laga penting, itu karena beberapa pilar lainnya tengah mengalami cedera.

Situasi buruk inilah yang diharapkan Saviola dan Metzelder dapat berubah seiring kedatangan Ramos sebagai pelatih anyar. Titik terang pun mulai terlihat saat keduanya dipercaya tampil sebagai pengganti saat Los Blancos membungkam Zenit St Petersburg 3-0 di laga pamungkas penyisihan Grup Liga Champions, Kamis (11/12/2008) dinihari lalu.

"Kami berdua sangat berharap nasib berubah dan mendapat kesempatan bermain reguler dibawah komando Ramos. Secara pribadi, saya berharap pelatih memberikan kepercayaan penuhnya kepada saya," papar Saviola sebegaimana dilansir AP, Jumat (12/12/2008).

"Perubahan adalah sesuatu yang jelasa sangat saya harapkan. Saya juga cukup mengenal baik Ramos, sebab kami sempat bekerjasama membuat Sevilla menjadi tim kuat dengan memenangkan gelar UEFA Cup. Kami memiliki kenangan manis di musim itu," tambahnya.

Hal senada dengan Saviola juga disuarakan bek tengah Metzelder yang dipercaya tampil meski tidak bermain dalam posisi yang biasa dimainkannya yakni bek kanan.

"Saya memang sengaja mengatakan kepada pelatih untuk menurunkan saya sebagai bek kanan. Meski tak biasa, namun saya rela melakukan hal itu karena kami memang tengah mengalami masalah di sisi kanan pertahanan," ungkap Metzelder.

"Saya harus membuktikan kepadanya jika saya bisa ditampatkan di posisi manapun. Dengan demikian, saya memiliki peluang kembali dipercaya tampil dalam laga El Clasico menghadapi Barcelona, akhir pekan ini," tutup bek asal Jerman itu.

(fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Saviola & Metzelder Sambut Rezim Ramos

Fauzi Bowo: Ali Alatas Orang Betawi yang Bergaul di Level Dunia

Posted: 11 Dec 2008 02:36 PM CST

Mega Putra Ratya - detikNews


Jakarta - Wafatnya mantan Menlu Ali Alatas mengingatkan banyak kenangan bagi Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Menurutnya, Almarhum adalah orang betawi yang bergaul di level dunia.

“Orang Betawi yang maju. Orang Petamburan (Jakarta Pusat), tapi bergaulnya di level dunia. Termasuk orang langka dan dia tidak lupa dengan akarnya,” ungkapnya saat melayat di rumah duka Jl Benda No 19, Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (11/12/2008).

Bang Foke, begitu sapaan akrabnya, mengakui banyak belajar dari almarhum mengenai tata cara berdiplomasi dan bergaul. Dalam benaknya Ali Alatas adalah orang yang banyak dibutuhkan oleh negara.

“Saya juga banyak menyaksikan rintisan-rintisan beliau yang berguna bagi bangsa. Beliau selalu bilang 'My Country First', orang seperti ini yang banyak dibutuhkan oleh negara.” kata Foke yang datang bersama isteri ini.

Foke mengatakan sangat kehilangan orang yang bisa diandalkan, apalagi untuk orang Betawi. “So far belum ada orang Betawi yang bisa seperti beliau,” tegasnya.

Ali Alatas lahir di Jakarta pada 4 November 1932. Dia merupakan sarjana hukum dari Universitas Indonesia dan mengantongi ijazah dari Akademi Dinas Luar Negeri pada 1956. Sebelum berdinas sebagai diplomat, Ali Alatas pernah menjadi korektor di sebuah koran dan redaktur di kantor berita.

Puncak kariernya adalah sebagai menteri luar negeri pada zaman Soeharto pada
1987-1999. Di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ali Alatas adalah Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres).(irw/irw)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Fauzi Bowo: Ali Alatas Orang Betawi yang Bergaul di Level Dunia

Silva Tak Perdulikan Rumor Akan Dijual

Posted: 11 Dec 2008 02:12 PM CST

Achmad Firdaus - Okezone

foto: AP

VALENCIA - Krisis finansial yang tengah dialami Valencia memang sempat membuat pihak klub berencana melego salah satu bintangnya David Silva demi menyeimbangkan keuangan klub. Namun, Silva sendiri nampaknya tak terlalu memikirkan hal tersebut dan lebih memikirkan laga perdananya setelah pulih dari cedera.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu manajemen Los Che memang dihadapkan pada problema serius tentang kriris keuangan. Salah satu cara yang disinyalir dapat menyelamatkan klub tersebut dari ancaman kebangkrutan adalah menjual Silva.

Beberapa klub elit seperti Barcelona dan Real Madrid kabarnya telah menyiapkan dana cukup besar guna mendapatkan jasa gelandang mungil yang sukses mengantar Spanyol menjadi kampiun Euro 2008 silam.

Akan tetapi, Silva nampaknya tak terlalu memusingkan rumor tersebut dan lebih memilih berkonsentrasi mempersiapkan debutnya setelah cedera panjang yang dialaminya.

"Saya tak ingin terlalu menganggap serius rumor ini. Sebab tak ada yang bisa saya lakukan jika klub berencana melakukan hal tersebut," papar  Silva seperti disitat AP, Jumat (12/12/2008).

"Untuk saat ini, saya hanya ingin fokus tampil dalam debut, setelah lama dibekap cedera pergelangan kaki. Pasalnya, Namun, hingga detik ini, saya belum mendengar apapun tentang rencana klub melego saya ke klub lain," tandasnya.

(fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Silva Tak Perdulikan Rumor Akan Dijual

Gempa 6,0 SR Guncang Sumbar

Posted: 11 Dec 2008 01:42 PM CST

Irwan Nugroho - detikNews


Jakarta - Gempa berkekuatan 6,0 SR mengguncang Sumatera Barat (Sumbar). Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasarkan data yang dihimpun detikcom dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Jumat (12/12/2008), gempa tersebut terjadi pukul 00.06 WIB.

Lokasi gempa berada di 84 Km tenggara Pagai Selatan, Mentawai, Sumbar atau 3.72 LS - 100.54 BT. Gempa tersebut terjadi di kedalaman 30 Km.  
(irw/irw)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Gempa 6,0 SR Guncang Sumbar

Agung: Penolakan Anggaran Bukan Untuk Menjegal KPK

Posted: 11 Dec 2008 01:42 PM CST

Mega Putra Ratya - detikNews


Jakarta - DPR menolak permintaan anggaran sebesar Rp 90 miliar yang diminta oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun hal itu tidak ditujukan untuk menjegal KPK dalam menjalankan tugasnya.

“Saya melihat ada alasan tersendiri, tapi bukan untuk menjegal, saya sama sekali tidak melihat itu,” ujar Ketua DPR Agung Laksono kepada detikcom saat ditemui seusai melayat Ali Alatas di rumah duka Jl Benda No 19, Jeruk Purut, Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (11/12/2008).

Agung mengatakan hal tersebut juga bukan berarti DPR tidak mendukung gerakan anti korupsi. “Harus dilihat dari sisi lain,” imbuh Agung yang datang bersama isteri ini.

Ketika ditanya apakah ada alasan lain mengenai penolakan permohonan anggaran
tersebut, Agung menjawab kemungkinan karena keadaan keuangan negara.

“Mungkin karena keadaan keuangan negara, bukan tidak mendukung KPK dalam
menjalankan UU Anti Korupsi, Undang-undang Tipikor juga kita harapkan selesai sebelum pemilu,” kata Agung yang mengenakan setelan jas hitam.

DPR melayangkan surat penolakan yang ditanda tangani oleh Wakil Ketua DPR Soetardjo Soerjogoeritno yang ditujukan kepada Menteri Keuangan dengan tembusan kepada Pimpinan DPR RI serta Pimpinan Komisi III.

Surat penolakan tersebut berkop DPR dengan nomor TU.03/8199/DPR RI/XI/2008
tertanggal 14 November 2008. Dalam surat tersebut, dijelaskan permintaan
tambahan dana dalam rekening 069 pada RAPBN 2009 untuk KPK sebesar Rp 90 miliar belum pernah dibicarakan dalam rapat Komisi III DPR.

Untuk itu, berdasarkan rapat Pimpinan Komisi III, Pimpinan Poksi III dan Anggota Panitia Anggaran Komisi III tanggal 29 Oktober 2008, memutuskan belum dapat menyetujui penambahan anggaran tersebut.

Dalam surat itu juga tidak dijelaskan penggunaan dana Rp 90 miliar tersebut.
Namun KPK menyatakan pihaknya berencana membangun rumah tahanan (rutan) sendiri di belakang gedung KPK. Selama ini KPK selalu menitipkan tahanannya ke berbagai rutan di Jakarta.(irw/irw)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Agung: Penolakan Anggaran Bukan Untuk Menjegal KPK

Januari, Bojinov Kembali Beraksi

Posted: 11 Dec 2008 01:18 PM CST

Achmad Firdaus - Okezone

foto: AP

MANCHESTER - Bomber Manchester City Valeri Bojinov memang belum bisa kembali menunjukkan aksinya setelah dibekap cedera panjang. Namun, Bojinov dikabarkan bakal segera pulih dan siap beraksi pada Januari mendatang.

Seperti dikatahui, sejak direkrut dari Fiorentina pada 2007 lalu, Bojinov seakan menemukan mimpi terburuknya di pentas Premier League. Bagaimana tidak, baru sekira satu bulan bergabung dengan City, striker asal Bulgaria itu mengalami cedera ligamen lutut yang membuatnya harus absen sepanjang musim.

Setelah menjalani serangkaian rehabilitasi, Bojinov memang termasuk dalam skuad utama pelatih Mark Hughes pada awal musim ini. Namun, lagi-lagi Bojinov harus terbaring di ruang perawatan setelah mengalami cedera pada otot achiless (paha-red) saat The Citizen ditaklukkan Aston Villa, pada pekan perdana Premier League musim 2008/2009.

Kini, Mark Hughes bisa sedikit tersenyum, karena akan Bojinov segera pulih. Dia pun menyatakan senang dan mengaku yakin Bojinov bakal mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya, saat pulih nanti.

"Bojinov telah bekerja keras memulihkan cederanya. Kami semua senang, karena dia bakal segera pulih. Jika semuanya berjalan dengan lancar, Bojinov bisa kembali beraksi pada pertengahan Januari nanti," jelas Hughes sebegaimana dilansir AP, Jumat (12/12/2008).

"Kini, Bojinov telah mampu berlatih normal seperti kebanyakan pesepakbola lainnya. Musim lalu memang periode yang sangat buruk baginya. Bagi seorang pemain muda sepertinya, rentetan cedera yeng sempat dialaminya merupakan hal yang sulit diterima," tambahnya.

"Namun sekali lagi, ia menunjukkan kerekter kuat yang tidak mudah menyerah. Saya juga yakin, ia akan mampu menampilkan kamampuan terbaik yang dimilikinya saat pulih nanti," tutup pelatih yang ditunjuk mengantikan Sven Goran Erikkson itu.

(fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Januari, Bojinov Kembali Beraksi

Bom Bunuh Diri di Irak Tewaskan 50 Orang

Posted: 11 Dec 2008 12:30 PM CST

Irwan Nugroho - detikNews


Kirkuk - Sebuah bom bunuh diri terjadi di sebuah restoran yang padat pengunjung di Kirkuk, Irak. Sebanyak 50 orang tewas dan lebih dari seratus lainnya terluka akibat peristiwa tersebut.

Ledakan itu mengusik ketenangan hari libur perayaan Idul Adha di Irak. Demikian seperti dikutip dari reuters, Kamis (11/12/2008).

Di antara korban terdapat pejabat kantor presiden Irak yang berasal dari suku Kurdi, Jalal Talabani. Pejabat tersebut tengah makan bersama sejumlah politisi setelah berdiskusi seputar ketegangan Kurdi-Arab.

Polisi setempat mengatakan, ledakan itu terjadi di sebuah restoran di kawasan utara Kirkuk, sebuah kota dimana etnis-etnisnya kerap berselisih. Lantai restoran tersebut dipenuhi dengan pecahan kaca dan darah.(irw/irw)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Bom Bunuh Diri di Irak Tewaskan 50 Orang

Habibie Juga Melayat Ali Alatas

Posted: 11 Dec 2008 12:30 PM CST

Mega Putra Ratya - detikNews Jakarta - Hingga pukul 22.00 WIB, sejumlah mantan pejabat terus berdatangan melayat almarhum Ali Alatas. Salah satunya adalah mantan presiden BJ Habibie.

Pantauan detikcom di rumah duka, Jl Benda No 19, Jeruk Purut, Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (11/12/2008), Habibie melayat dengan didampingi oleh Ibu Ainun Habibie.

Usai melayat, Habibie yang ditanya wartawan seputar Ali Alatas mengatakan, mantan Menlu itu sangat berjasa dalam politik luar negeri Indonesia. Ali sangat profesional dan loyal kepada negara ini.

“Orangnya juga setiakawan,” kata Habibie yang mengenakan batik berwarna hitam itu.

Habibie mengaku bertemu terakhir kali dengan Ali Alatas beberapa waktu lalu. Dia juga sempat melakukan pembicaraan via telepon dengan Ali Alatas.

“Dia tetap (berpikiran) kritis dan keadaannya baik-baik saja,” pungkas Habibie.(irw/irw)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Habibie Juga Melayat Ali Alatas