Kamis, 18 Desember 2008

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

Tanazul Gratis Bagi Jamaah Haji yang Sakit

Posted: 18 Dec 2008 03:48 PM CST

Muhammad Nur Hayid - detikNews


dok detikcom

Makkah - Jamaah haji yang mengalami sakit dan tidak mampu lagi untuk melanjutkan prosesi ibadah sunnah haji, diberikan keringanan berupa pemulangan lebih cepat (tanazul). Tanazul ini diberikan kepada para jamaah haji yang memang sudah melaksanakan semua prosesi rukun dan wajib haji.

“Tanazul ini diprioritaskan untuk para jamaah yang sakit yang sudah menunaikan semua rukun haji dan wajibnya. Ini bagian dari layanan PPIH kepada jamaah yang udzur,” kata petugas bagian pemulangan Novi pada wartawan MCH Makkah, Jumat (19/12/2008).

Menurut Novi, sampai saat ini sekitar 250 jamaah haji yang sudah mengajukan
tanazul. Dari jumlah 250 jamaah, sekitar 225 jamaah telah mendapatkan persetujuan tanazul. Sisanya masih dalam proses.

“Saya belum rekap semuanya, sekitar 250an yang mengajukan. Yang disetujui baru 225an, karena ada yang sudah disetujui tapi batal,” kata Novi.

Bagi jamaah yang sudah mendapatkan persetujuan tanazul, bisa langsung dipulangkan sesuai dengan jadwal penerbangan yang ada. Hal ini untuk lebih mempermudah jamaah yang memang membutuhkan waktu segera pulang untuk dapat bertemu keluarganya.

“kalau sudah ada acc tanazul yang bisa langsung dipulangkan. Sesuai jadwal yang didapatkan,”terang Novi

Pengurusan Tanazul ini merupakan bagian dari layanan PPIH kepada jamaah. karena itu, semua proses pengurusan tanazul tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Hal ini dilakukan supaya tidak ada beban bagi jamaah.

“Semua pengurusan tanazul gratis. karena memang ini bagian dari pelayanan terhadap jamaah haji yang sakit prosedurnya,”katanya.

Pantauan wartawan detikcom di kantor daker Makkah, tiap hari puluhan ketua kloter terlihat mengurus jamaahnya yang akan mengambil tanazul. Hal ini membuat kerja tim bagian pemulangan khususnya bidang tanazul terlihat super sibuk.(yid/mok)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Tanazul Gratis Bagi Jamaah Haji yang Sakit

Pembubaran Panitia Angket DPR Tak Lazim

Posted: 18 Dec 2008 03:48 PM CST

M. Rizal Maslan - detikNews Jakarta - Partai Demokrat ingin agar Panitia Angket BBM DPR dibubarkan karena dianggap tidak relevan melihat harga BBM yang turun. Wacana pembubaran ini dianggap tidak lazim.

“Tidak lazim membubarkan Panitia Khusus atau Panitia Angket sebelum tugasnya selesai. Kalau pembubaran itu dilakukan malah jadi aneh,” kata anggota Komisi XI DPR dari FPAN, Drajat Wibowo yang dihubungi detikcom, Jakarta, Kamis (18/12/2008).

Ketidaklaziman ini, lanjut Drajat, saat Panitia Angket sudah memperoleh informasi dan laporan-laporan yang menarik untuk dikembangkan. Ketika ditanya informasi menarik tersebut, Drajat mengaku belum bisa mengungkapkan secara detil saat ini.

“Tapi intinya, informasi itu terkait dengan sumber-sumber inefisiensi dalam sektor migas kita,” ungkapnya.

Drajat mengatakan, meski harga minyak dunia dan BBM domestik turun, tapi inefisiensi sektor migas terus terjadi.

“Tugas Pansus lah untuk mengurai inefisiensi ini sehingga turunnya harga BBM bisa lebih besar lagi. Selain itu agar minyak kita tidak lagi dikuasai asing,” pungkasnya.
(zal/mok)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Pembubaran Panitia Angket DPR Tak Lazim

Kinnear Optimistis Tentang Michael Owen

Posted: 18 Dec 2008 03:36 PM CST

Defanie Arianti - Okezone

Foto: Getty Images

NEWCASTLE - Meski masa depan Michael Owen di Newcastle United belum bisa dipastikan, namun pelatih Joe Kinnear mengaku optimistis striker andalannya itu akan memutuskan bertahan di St james Park.

Kontrak Owen dengan The Magpies akan habis akhir musim nanti. Setelah sempat menunda pembicaraan dengan mantan bintang Liverpool itu, Kinnear akhirnya duduk bersama Owen dan agennya, Selasa (16/12/2008). Striker 29 tahun itu ditawarkan perpanjangan kontrak selama tiga tahun serta gaji sebesar 90 ribu poundsterling per pekan.

Kinnear menyebutkan jika Owen terlihat senang dengan tawaran tersebut. Pelatih 61 tahun itu pun mengaku jika dirinya lebih optimistis akan memperoleh respon positif dari Owen dibandingkan sepekan lalu.

"Saya menghabiskan waktu sekira satu jam bersamanya, beberapa hari lalu. Menurut saya, dia mendapatkan tawaran yang bagus. Perpanjangan kontrak selama tiga tahun artinya akan memastikannya berada di sini hingga usianya 32 tahun," beber Kinnear seperti dikutip Sportinglife, Jumat (19/12/2008).

"Saya lebih optimistis sekarang setelah mengadakan pembicaraan dengannya. Dia masih berdiskusi dengan agennya sebelum kembali dengan jawaban," imbuh mantan pemain Tottenham Hotspur itu.

"Tentu saja, mereka akan melakukan negosiasi mengenai satu dan lain hal. Tapi, saya pikir kita akan segera mengetahui jawabannya, dua atau tiga hari ke depan," pungkas Kinnear.

(fmh)

addthis_pub = ‘okezone’; addthis_logo = ‘http://bola.okezone.com/image/header/o.png’; addthis_logo_background = ‘EFEF99′; addthis_logo_color = ‘666699′; addthis_brand = ‘www.okezone.com’; addthis_options = ‘facebook, email, delicious, favorites, digg, google, myspace, live, more’; Share

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Kinnear Optimistis Tentang Michael Owen

Reina: Liverpool Akan Kalahkan Arsenal

Posted: 18 Dec 2008 03:18 PM CST

Defanie Arianti - Okezone

Foto: AP

LIVERPOOL - Kompetisi Premier League kembali akan menggulirkan laga big match, akhir pekan ini. Pemuncak klasemen Liverpool akan bersua Arsenal di Emirates Stadium. Kiper Liverpool Pepe Reina yakin jika timnya mampu mengalahkan tim besutan Arsene Wenger tersebut.

Keyakinan Reina itu tentunya bukan tanpa alasan. Hingga pekan ke-17, The Reds baru sekali mengecap kekalahan dan lima kali seri. Tak ayal, anak-anak asuhan Rafael Benitez itu pun kukuh bercokol di pucuk klasemen sementara dengan perolehan 38 poin.

Sementara, performa The Gunners tengah mengalami penurunan. Usai ditahan Middlesbrough 1-1 akhir pekan lalu, Cesc Fabregas dkk harus puas turun peringkat ke posisi lima dengan koleksi 30 poin.

Meski begitu, peluang Arsenal membungkam Liverpool tidaklah kecil. Sama halnya dengan Liverpool, di musim ini Arsenal sukses membekuk dua raksasa Inggris lainnya, Manchester United dan Chelsea. Selain itu, Liverpool juga belum pernah meraup poin penuh melawan The Gunners di Emirates Stadium.

Namun, dengan prestasi yang diperoleh musim ini, Reina optimistis bahwa timnya mampu mencetak kemenangan perdananya di markas baru Arsenal itu.

"Kami tidak memiliki banyak kenangan menyenangkan dari kunjungan-kunjungan kami ke Emirates. Arsenal selalu bermain sangat bagus, dan kami tidak dalam kondisi terbaik saat itu," ungkap Reina.

"Tapi, saya pikir, kali ini akan berbeda sebab kami memuncaki klasemen. Menurut saya, lebih mudah untuk bermain jika Anda berada di atas. Kami belum pernah menang di sana (Emirates) sebelumnya, jadi mungkin ini saat yang tepat untuk melakukannya," imbuhnya seperti dilansir AP, Jumat (19/12/2008).

"Sangat memungkinkan bagi kami untuk menang, tidak peduli dimana arena pertandingannya. Tapi, kami harus menaruh respek terhadap mereka dan bermain untuk menang, seperti yang selalu kami lakukan," lanjut kiper 26 tahun itu lagi.

"Kami berhasil menang di Stamford Bridge, hal yang tidak pernah kami lakukan sebelumnya. Jadi, kami optimistis bisa melakukan hal yang sama di Emirates Stadium," tutup Reina.

(fmh)

addthis_pub = ‘okezone’; addthis_logo = ‘http://bola.okezone.com/image/header/o.png’; addthis_logo_background = ‘EFEF99′; addthis_logo_color = ‘666699′; addthis_brand = ‘www.okezone.com’; addthis_options = ‘facebook, email, delicious, favorites, digg, google, myspace, live, more’; Share

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Reina: Liverpool Akan Kalahkan Arsenal

Menkes Bagi-bagi Penghargaan

Posted: 18 Dec 2008 02:36 PM CST

Novia Chandra Dewi - detikNews


dok detikcom

Jakarta - Menjelang akhir tahun 2008, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari bagi-bagi penghargaan kepada sejumlah provinsi. Tidak hanya itu, uang sebesar Rp 1 miliar juga digelontorkan kepada kabupaten/kota yang berhasil menyulap 100 persen desanya menjadi Desa Siaga.

Hal ini diberikan Menkes dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke 44 di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (18/12/2008).

Uang serta piagam diserahkan Menkes kepada Bupati Ogan Komering Ulu Timur (Sumsel), Walikota Palu, Walikota Dumai, Bupati Banyuasin, Walikota Metro (lampung), Bupati Bulungan (kaltim), Bupati Hulu Sungai Selatan (kalsel), Bupati Minahasa Tenggara dan Bupati Sumbawa Barat.

Sedangkan piagam penghargaan Manggala Karya Bakti Husada Kartika jatuh kepada Provinsi Provinsi DIY Yogyakarta, Provinsi Bali, Kota Metro (Lampung), Kota Lampung, Kabupaten Sleman (Yogyakarta), Kota Bandung (Jawa Barat), Provinsi Jawa Tengah, Kota Yogyakarta, Kota Balikpapan (Kalimantan Timur), Nation Petroleum, PT Sumber Alkfaria Trijaya, Kabupaten Rejang Lebong (Bengkulu), dan Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta.

Tidak cukup sampai di situ, Menkes juga menyerahkan penghargaan kepada institusi dengan pelayanan terbaik, individu berprestasi dan Widyaiswara (lomba jurnalistik dan poster).(nov/mok)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Menkes Bagi-bagi Penghargaan

Biaya Perkara Masuk PNBP dan Diaudit BPK

Posted: 18 Dec 2008 02:36 PM CST

Laurencius Simanjuntak - detikNews


Jakarta - Biaya kepaniteraan dan biaya proses penyelesaian perkara dalam perdata di peradilan umum, peradilan agama dan penyelesaian perkara tata usaha negara tidak masuk di mata anggaran Mahkamah Agung (MA) dalam APBN. Biaya tersebut dibebankan kepada pihak atau para pihak yang berperkara.

Demikian salah satu poin dari RUU MA yang baru saja disahkan dalam rapat paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (18/12/2008).

“Biaya kepaniteraan dan biaya proses penyelesaian perkara tersebut merupakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan,” ujar Wakil Ketua Komisi III Maiyasyak Johan saat membacakan laporan Komisi dalam rapat paripurna.

Maiyasyak mengatakan, terhadap semua pengelolaan dan pertanggungjawaban atas biaya kepaniteraan dan biaya penyelesaian perkara tersebut diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Meski demikian, dalam pasal 81A ayat (4) yang memuat hal anggaran tersebut disebutkan: Biaya kepaniteraan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) merupakan penerimaan negara bukan pajak yang ditetapkan sesuai undang-undang dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pasal tersebut hanya memasukkan biaya kepaniteraan saja yang termasuk PNBP, tidak seperti laporan Komisi III yang dibacakan Maiyasyak, biaya penyelesaian perkara perdata juga masuk kategori PNBP.

FPKS menilai tidak disebutkannya 'biaya penyelesaian perkara perdata' dalam pasal 81A ayat (4) tersebut dapat berpotensi menimbulkan salah interpretasi. Yang akhirnya dapat dinilai bertentangan dengan laporan komisi tersebut.

“Agar tidak menimbulkan intrepretasi yang lain, FPKS berpendapat agar biaya proses penyelesaian perkara termasuk dalam penerimaan bukan pajak agar bisa diaudit BPK,” ujar juru bicara FPKS Ma'mur Hasanuddin saat membaca pendapat akhir fraksinya. Atas hal tersebut, FPKS pun menyampaikan catatan keberatannya.(lrn/mok)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Biaya Perkara Masuk PNBP dan Diaudit BPK

Flamengo Siap Rebut Adriano Kembali

Posted: 18 Dec 2008 02:24 PM CST

Defanie Arianti - Okezone

Foto: AP

RIO DE JENAIRO - Rumor kepergian Adriano Leite Ribeiro dari Inter Milan tidak disia-siakan oleh Flamengo. Klub asal Brasil itu dikabarkan tengah berusaha meminang kembali mantan pemainnya tersebut.

Sejak Adriano dibebaskan dari sesi latihan Inter dan terbang ke Brasil, berbagai spekulasi mengenai masa depannya di Nerazzurri pun mencuat. Sebagian besar menyebutkan bahwa striker bermasalah itu tidak akan kembali ke Giuseppe Meazza usai liburan musim dingin nanti.

Pelatih Inter Jose Mourinho pun tampaknya tidak terlalu peduli apakah Adriano akan kembali atau tidak. Sudah menjadi rahasia umum jika hubungan antara Mourinho dan striker 26 tahun itu memang tidak harmonis.

Hal ini tidak disia-siakan oleh pihak Flamengo. Pihak manajemen klub berjuluk Mengo itu kabarnya telah mengontak Adriano dan merencanakan sebuah pertemuan dalam beberapa hari ke depan, demikian dilansir Il Corriere dello Sport, Jumat (19/12/2008).

Memang, belum bisa dipastikan apakah rumor tersebut hanya sebatas wacana. Agen Adriano Gilmar Rinaldi dan presiden Inter Massimo Moratti belum lama ini menegaskan bahwa Adriano akan terus bertahan dengan pemuncak sementara Serie A itu.

Jika pun Flamengo berkeras mendatangkan L’imperatore, satu hal yang menjadi rintangan tentunya adalah permintaan gaji Adriano yang tinggi. Karenanya, klub asuhan Alexi ?Cuca’ Stival itu diperkirakan akan mencari sponsor baru yang mampu menyuntikkan dana segar untuk mendatangkan Adriano.

(fmh)

addthis_pub = ‘okezone’; addthis_logo = ‘http://bola.okezone.com/image/header/o.png’; addthis_logo_background = ‘EFEF99′; addthis_logo_color = ‘666699′; addthis_brand = ‘www.okezone.com’; addthis_options = ‘facebook, email, delicious, favorites, digg, google, myspace, live, more’; Share

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Flamengo Siap Rebut Adriano Kembali

Fergie Kibarkan Bendera Perang Terhadap Madrid

Posted: 18 Dec 2008 02:24 PM CST

Defanie Arianti - Okezone

Foto: AP

YOKOHAMA - Sir Alex Ferguson tengah meradang. Pelatih Manchester United itu geram dengan kabar terbaru seputar kepindahan megabintang Cristiano Ronaldo ke Real Madrid.

Raksasa Spanyol itu memang sudah mengincar Ronaldo sejak musim lalu. Kegagalan memboyong Ronaldo di musim ini tampaknya tidak membuat klub yang kini diarsiteki Juande Ramos itu menyerah. Segala upaya dilakukan El Real guna membujuk bintang internasional Portugal itu menginjakkan kaki di Santiago Bernabeu.

Baru-baru ini, kabar mengejutkan datang dari presiden Madrid Ramon Calderon. Calderon menyatakan bahwa Los Blancos berhasil mendapatkan peraih Ballon d’Or 2008 itu. Pria 57 tahun itu juga menyebutkan bahwa Ronaldo akan berseragam Madrid, awal musim mendatang.

Mendengar berita itu, Fergie sontak naik pitam. Di tengah perayaan keberhasilan The Red Devils melaju ke babak final Piala Dunia Antar Klub 2008 di Yokohama, Jepang, Fergie menegaskan bahwa dirinya tak akan melepas Ronaldo. Terlebih kepada Real Madrid.

"Anda pikir saya mau menandatangani kontrak dengan para mafia itu? Tidak akan. Saya tidak akan menjual apapun kepada mereka. Tidak ada kesepakatan apapun antara kedua klub," ketus pelatih asal Skotlandia itu seperti dikutip AP, Jumat (19/12/2008).

"Saya berkata kepada David Gill (kepala eksekutif United - red), Anda boleh bertaruh rumor itu akan muncul lagi Januari nanti. Kami tidak boleh menghiraukannya. Kami punya serangkaian pertandingan yang sulit dan harus memfokuskan diri pada permainan kami," tutup Fergie.

(fmh)

addthis_pub = ‘okezone’; addthis_logo = ‘http://bola.okezone.com/image/header/o.png’; addthis_logo_background = ‘EFEF99′; addthis_logo_color = ‘666699′; addthis_brand = ‘www.okezone.com’; addthis_options = ‘facebook, email, delicious, favorites, digg, google, myspace, live, more’; Share

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Fergie Kibarkan Bendera Perang Terhadap Madrid

Hughes Terus Pantau Diarra

Posted: 18 Dec 2008 01:48 PM CST

Defanie Arianti - Okezone

Foto: Lassana Diarra (K) / Getty Images

MANCHESTER - Mark Hughes menolak menyerah dari Real Madrid seputar gelandang Portsmouth Lassana Diarra. Pelatih Manchester City itu menegaskan bahwa dirinya masih berminat meminang Diarra pada bursa transfer pemain, Januari 2009.

Diarra memang telah menjadi rebutan antara City dan Madrid. El Real yang tengah mengalami krisis pemain bertekad mendatangkan pemain 23 tahun itu ke Santiago Bernabeu. Bahkan, Los Blancos dikabarkan telah mengajukan penawaran sebesar sembilan juta poundsterling kepada Pompey.

Mantan punggawa Chelsea dan Arsenal itu pun sempat menyebutkan keinginannya mengenakan seragam El Real. Meski demikian, Hughes rupanya masih berharap bisa mencuri Diarra dari Madrid.

"Diarra adalah pemain yang saya sukai. Dia adalah pemain yang bagus, tapi saat ini dia masih menjadi milik Portsmouth," tutur Hughes sebagaimana disitat AP, Jumat (19/12/2008).

"Mungkin sudah ada penawaran untuknya. Tapi bursa transfer belum dibuka saat ini, jadi kami akan menunggu dan melihat apa yang akan terjadi," tandasnya.

(fmh)

addthis_pub = ‘okezone’; addthis_logo = ‘http://bola.okezone.com/image/header/o.png’; addthis_logo_background = ‘EFEF99′; addthis_logo_color = ‘666699′; addthis_brand = ‘www.okezone.com’; addthis_options = ‘facebook, email, delicious, favorites, digg, google, myspace, live, more’; Share

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Hughes Terus Pantau Diarra

Madiwa Janji Kembalikan Duit Siswa yang Gagal ke Al Azhar

Posted: 18 Dec 2008 01:42 PM CST

Ramdhan Muhaimin - detikNews Jakarta - Sejumlah calon pelajar Indonesia gagal berangkat kuliah ke Universitas Al Azhar, Mesir melalui PT Fikruna Center dan Madiwa (Ma'had Al'Aaly Liddirosah Al Islamiyah Wal 'Arabiyah). Padahal para calon pelajar tersebut telah menyetorkan uang ke Madiwa untuk pemberangkatan ke Mesir.

Madiwa pun berjanji akan mengembalikan uang yang telah disetorkan pada akhir Desember nanti.

“Iya, kami akan kembalikan duit siswa-siswa itu semua akhir Desember ini. Tapi tidak semua nilai duitnya di kembalikan,” ujar Wakil Direktur Madiwa Saefullah bin Yusuf kepada detikcom, Kamis (18/12/2008).

Namun Saefullah menjelaskan, tidak semua biaya yang telah disetorkan para siswa tersebut akan dikembalikan. Para siswa tersebut menyetorkan uang sebesar RM 2.750 per orang untuk biaya keberangkatan ke Mesir dan airport tax kepada Madiwa. Biaya yang dikembalikan sebesar RM 2.000 per siswa.

“Semua pelajar yang tak jadi pergi ke Mesir akan kami kembalikan duitnya. Tapi jumlahnya tidak semua. Duit pengurusan sebesar RM 700 (Rp 2,1 juta) yang tidak kami kembalikan,” jelas Saefullah.

Dia mengatakan, duit pengurusan tersebut telah digunakan Madiwa untuk mengurusi proses pendaftaran siswa ke Al Azhar serta mencari alternatif-alternatif lain untuk universitas di negara timur tengah lainnya, meski akhirnya pengiriman ke Al Azhar batal. Mengenai besarnya duit yang akan dikembalikan, menurut Saefullah, telah disepakati oleh seluruh siswa yang belajar di Madiwa.

Saefullah juga mengatakan, kerjasama yang dibangun antara Madiwa dengan Universitas Al Azhar bersifat resmi. Madiwa, lanjut dia, menjadi cabang resmi dari Universitas Al Azhar sejak 1997.

Dia menceritakan, Madiwa didirikan oleh para alumnus Al Azhar pada mulanya untuk memfasilitasi siswa-siswa Malaysia yang memiliki keinginan kuat belajar ke Universitas Al Azhar namun tidak dapat terwujud akibat resesi ekonomi pada 1997. Pimpinan Madiwa ketika itu, Ustadz Mansur bin Makmur membangun jaringan ke Al Azhar sehingga Madiwa menjadi cabang resmi dari universitas Islam tertua di dunia tersebut.

Pelajar yang telah memperoleh ijazah diploma 2 dari Madiwa dapat melanjutkan ke tingkat 3 di Al Azhar, sedangkan ijazah diploma 3 langsung tingkat 4.

Bahkan menurut dia, Madiwa sangat populer di masyarakat muslim Malaysia sebagai lembaga pendidikan yang mampu menghantarkan siswa Malaysia ke Al Azhar. Hal itu ditunjukkan dengan kemampuan Madiwa selalu mengirimkan 200-300 siswa ke Al Azhar setiap tahunnya hingga tahun 2000.

Popularitas Madiwa tidak saja terkenal di Malaysia, tapi juga sampai ke Indonesia. Sehingga banyak siswa dari Indonesia yang juga mencoba peluang ke Al Azhar melalui Madiwa.

Namun sejak 2001, muncul ma'had-ma'had serupa yang jumlahnya mencapai 19 ma'had di Malaysia. Ma'had-ma'had tersebut juga menjadi lembaga pendidikan yang menjanjikan kemudahan dan bantuan bagi siswa yang ingin belajar ke Al Azhar. Akibatnya, jumlah siswa yang berangkat ke Al Azhar melalui Madiwa berkurang pada tahun-tahun berikutnya.

Hal tersebut terus berlangsung hingga akhirnya terjadi pembatalan kerjasama oleh Al Azhar terhadap 19 ma'had di Malaysia termasuk Madiwa pada medio 2008 lalu.

“Ini sesuatu yang tidak terduga. Tapi proses pengurusan sudah dilakukan. Karena itu kami meminta kesepakatan para siswa agar duit pengurusan sebesar RM 700 tidak dikembalikan. Tapi hanya duit tiket saja yang kembalikan,” ungkapnya.

KBRI Akan Temui Madiwa

Sementara itu, Atase Pendidikan di KBRI Kuala Lumpur Imran Hanafi mengatakan, tetap akan mengusut kasus tersebut. Sebab menurutnya, pengiriman siswa Indonesia ke luar negeri tidak melalui pemerintah tapi malah melalui lembaga pendidikan di luar negeri pula, sangat tidak lazim.

Imran menegaskan, telah meminta kepada Departemen Agama RI agar menyelidiki lembaga konsultan pendidikan yang mengirimkan para siswa tersebut ke Malaysia.

“Kami juga akan bertemu Madiwa dalam waktu dekat ini untuk mempertanyakan banyak hal. Mungkin jika tidak Minggu, ya Senin,” pungkas Imran.(rmd/fiq)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Madiwa Janji Kembalikan Duit Siswa yang Gagal ke Al Azhar