Senin, 01 Desember 2008

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

Korban Lapindo Tunggu Reaksi SBY

Posted: 01 Dec 2008 02:18 PM CST


Rachmadin Ismail - detikNews



Jakarta -
Ribuan warga korban lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur kembali mendatangi Jakarta. Tuntutan mereka tidak jauh berbeda dengan aksi sebelumnya, menuntut pemerintah ikut membantu nasib mereka.

“Kita sudah bertemu dengan Menteri PU dan Mensos. Mereka mengaku disuruh oleh Presiden SBY untuk menanyakan keinginan kita,” ujar mediator warga Wisnu kepada detikcom, Senin (1/12/2008).

Wisnu mengaku sudah menyampaikan semua keinginan warga kepada kedua menteri tersebut. Kini, warga tinggal menunggu reaksi Presiden SBY.

“Kita sekarang tunggu saja,” imbuhnya.

Hingga Senin malam, warga terus berdatangan. Tercatat sudah ada 1.000-an warga yang ditampung di masjid Istiqlal dan di rumah kerabat masing-masing.

“Mereka berasal dari Perumahan Tanggul Angin Sejahtera 1 (Perumtas 1),” kata Wisnu.

Sejak Minggu malam, ribuan warga korban lumpur Lapindo terus berdatangan. Untuk mudah dikenali tiap warga mengenakan co card putih bertuliskan nomor sertifikat rumah dan tanggal jatuh tempo pembayaran. Rencananya mereka akan berada di Jakarta hingga 5 Desember 2008.
(mad/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Korban Lapindo Tunggu Reaksi SBY

Hamilton ‘Rancang’ Sirkuit Super

Posted: 01 Dec 2008 12:54 PM CST


Kardhika Cipta Binangkit - detiksport


Reuters

London - Lewis Hamilton rupanya tak puas kendati sudah melahap sirkuit-sirkuit lintasan “Jet Darat”. Dia membuat sendiri tantangan barunya di sirkuit fantasi.

Juara dunia 2008 itu menjadi otak di belakang sebuah lintasan bernama ExxonMobil Supercircuit. ExxonMobil selaku rekan McLaren tersebut memang telah menugasi Hamilton untuk merancang sebuah lintasan fantasi terberat yang bisa dibayangkannya.

Tantangan itu dijawab lugas oleh Hamilton. Dia membuat sebuah lintasan yang berisikan kombinasi 10 tikungan paling sulit di sirkuit-sirkuit kesukaannya.

“Saya ingin membuat sirkuit yang menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan,” tukas Hamilton di The Sun.

“Tapi yang utama, saya ingin itu menjadi tempat di mana Anda bakal suka membalap di sana dan juga menjadi medan uji tepat untuk setiap pembalap, dengan mobil apa pun,” sambungnya.

Sirkuit itu juga disebut bakal menyediakan informasi mengenai kapan adrenalin terpompa sampai tingkat tertinggi, sekaligus juga tingkat penampilan yang dibutuhkan oleh mobil, mesin dan balapan.


( krs / krs )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Hamilton ‘Rancang’ Sirkuit Super

Gelombang Laut Berpotensi Meningkat Hingga 5 meter

Posted: 01 Dec 2008 12:54 PM CST


Rachmadin Ismail - detikNews



Jakarta -
Bagi anda yang hendak melakukan aktivitas di perairan Indonesia, sebaiknya mulai waspada. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) memberikan peringatan dini (early warning) mengenai kemungkinan adanya peningkatan gelombang laut pada tanggal 2-5 Desember 2008.

Berdasarkan data gelombang Windwaves BMG, tinggi gelombang 2-3 meter berpeluang terjadi di Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Daya Bengkulu hingga Lampung Barat dan Perairan Riau. Gelombang yang sama juga diprediksi terjadi di Perairan Sambas, Perairan Utara Bangka dan Belitung, Perairan Barat Daya Selat Sunda, Samudera Hindia Selatan Jawa Barat dan Perairan Sangihe Talaud.

“Ketinggian gelombang di atas, bisa membahayakan bagi perahu nelayan, Tongkang, Tugboat, Roro, LCT dan Ferry,” tulis Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Sugarin kepada detikcom, Senin (1/12/2008).

Selain itu, lanjut Sugarin, gelombang setinggi 3-5 meter berpotensi terjadi Laut Cina Selatan dan Laut Natuna. Kondisi ini berbahaya untuk semua jenis kapal.

(mad/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Gelombang Laut Berpotensi Meningkat Hingga 5 meter

Obama Tunjuk Hillary Clinton Sebagai Menteri Luar Negeri

Posted: 01 Dec 2008 12:36 PM CST


Novia Chandra Dewi - detikNews

Chicago -
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Barack Obama telah mengumumkan siapa saja orang yang masuk dalam jajaran pemerintahannya. Yang paling menarik adalah, penunjukkan bekas rivalnya Hillary Clinton sebagai Menteri Luar Negeri.

Selain itu, Obama juga meminta Robert Gates untuk tetap pada posisinya sebagai Menteri Pertahanan AS.

Obama yang akan menempati kantornya pada 20 Januari tahun depan, berjanji akan lebih  memperbarui kepemimpinan AS dalam hubungan internasional setelah selama 8 tahun dipimpin oleh George W. Bush.

Selain Hillary dan Gates, Obama juga menunjuk Gubernur Negara Bagian Arizona Janet Napolitano sebagai Menteri Pertahanan Dalam Negeri, dan Eric Holder sebagai Jaksa Agung yang menggantikan Marine Gen. Sedangkan posisi Penasihat Keamanan Nasional diisi oleh James Jones. Selain itu, Susan Rice juga diangkat sebagai duta besar untuk PBB.

Obama menyatakan dirinya bermaksud untuk melaksanakan sebuah 'permulaan dalam kepemimpinan masyarakat Amerika' yang didalamnya terdapat aspek militer, diplomasi, pelaksanaan hukum dan ekonomi.

“Tim yang sudah kami miliki hari ini merupakan padanan yang unik untuk melaksanakan segalanya dengan baik. Mereka berbagi tentang pragmatisasi saya tentang kekuatan dunia mengenai peran Amerika sebagai pemimpin dunia,” papar Obama seperti dilansir Reuters, Senin (1/12/2008).

Hillary Clinton yang sebelumnya melancarkan perang melawan Obama sebagai calon presiden dari Partai demokrat, telah menjalani lebih dari empat dekade dalam pelayanan publik. Ajudan Obama bahkan mengatakan Obama mengagumi etika kerja Hillary dan percaya bahwa bekas kekuatan mantan perempuan nomor satu akan mendorong pandangannya dalam memajukan Amerika dalam kancah global.(nov/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Obama Tunjuk Hillary Clinton Sebagai Menteri Luar Negeri

Pemerintah India Sempat Diperingatkan Adanya Serangan

Posted: 01 Dec 2008 11:12 AM CST


Rachmadin Ismail - detikNews



Jakarta -
Seharusnya pemerintah India bisa mengantisipasi adanya serangan terorisme di Mumbai. Alasannya, sehari sebelum penyerangan, pemerintah sempat diperingatkan tentang adanya kelompok Islam bersenjata yang akan menyerang lewat jalur laut.

Bahkan pemilik Hotel Taj Mahal sempat memperoleh informasi akan adanya penyerangan dan diperintahkan untuk meningkatkan pengamanan.

“Ya, penjaga pantai dan Angkatan Laut memperoleh informasi intelijen bahwa, sebuah kapal Lashkar-e-Taiba (L-e-T) akan segera mendarat di baratdaya pantai Gujarat,” ujar seorang sumber di Angkatan Laut India sebagaimana dilansir Reuters, Senin (1/12/2008).

L-e-T adalah sebuah organisasi pejuang muslim Pakistan yang dituding sebagai otak serangan yang telah menewaskan lebih dari 180 orang tersebut. Organisasi itu juga disebut sebagai pihak yang bertanggungjawab atas penyerangan terhadap parlemen India pada tahun 2001.

Stasiun televisi NDTV juga sempat memperoleh informasi dari seorang sumber intelijen tentang adanya serangan tersebut. Isinya, akan ada serangan dari laut oleh Lashkar-e-Taiba pada tanggal 18 November.

Menurut NDTV, sasaran lokasi penyerangan tersebut adalah tempat wisata di India dan hotel Oberoi-Trident. Hal yang sama juga diketahui oleh pemilik Hotel Taj Mahal, Mumbai, India.

“Ironis sekali, padahal kita sudah mendapatkan peringatan dan sudah melakukan langkah-langkah antisipasi seperti memeriksa setiap kendaraan dengan metal detektor dan lainnya,” kata pemilik Hotel Taj Mahal Ratan Tata kepada CNN.

Serangan teroris di Mumbai bukanlah kejadian teror yang pertama di India. Sejak tahun 2004, India hanya tertinggal oleh Irak dalam jumlah korban tewas akibat serangan teroris.

(mad/nov)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Pemerintah India Sempat Diperingatkan Adanya Serangan

Garuda Indonesia Siapkan Alternatif Penerbangan Ke Tanah Air

Posted: 01 Dec 2008 10:54 AM CST


Novia Chandra Dewi - detikNews



Jakarta -
Krisis politik yang terjadi di Thailand menyebabkan dua bandara utama di Bangkok tidak dapat beroperasi karena diduduki oleh para demonstran. Garuda Indonesia akhirnya menyiapkan langkah-langkah untuk mendapatkan izin terbang.

“Sebagai upaya untuk menerbangkan para penumpang yang saat ini masih tertahan di Bangkok dan dalam upaya membantu warga negara Indonesia yang ingin kembali ke Tanah Air, Garuda Indonesia akan melaksanakan penerbangan khusus melalui Bandara Militer Uta Pao pada tanggal 3 dan 5 Desember 2008 menggunakan pesawat B-737 800 berkapasitas 160 tempat duduk,” ujar VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Pujobroto dalam surat elektronik yang ditujukan kepada detikcom, Senin (1/12/2008).

Menurut Pujobroto, Garuda Indonesia akan memberangkatkan penumpang dari Bangkok melalui masing-masing bandara pada pukul 01.50 waktu setempat. Bandara Militer Uta Pao sendiri berjarak sekitar tiga jam perjalanan dengan kendaraan dari Bangkok. Diperkirakan pesawat dengan nomor penerbangan GA-867 milik Garuda Indonesia ini akan tiba di Jakarta pada pukul 05.20 WIB.

“Dengan dua penerbangan yang berkapasitas 320 tempat duduk tersebut, maka diharapkan 305 warga negara Indonesia yang saat ini masih berada di Bangkok akan dapat segera kembali ke Tanah Air,” jelas Pujobroto.

Untuk itu Pujobroto menghimbau, kepada para calon penumpang Garuda Indonesia yang akan menggunakan penerbangan tersebut dapat melakukan proses check-in di Bitech Expo (Kawasan Bangna). Bitech Expo merupakan lokasi khusus yang disiapkan oleh pemerintah untuk melakukan check-in bagi seluruh penerbangan.

“Dari Bitech Expo selanjutnya para calon penumpang akan diangkut dengan bus khusus menuju bandara Uta Pao,” tambahnya

Kepada para calon penumpang Garuda Indonesia yang memerlukan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kantor Garuda yang beralamatkan di 1168/77 Lumpini Tower, lantai 27, Rama IV Road, Bangkok, atau menghubungi telepon 662-2856470-73.(nov/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Garuda Indonesia Siapkan Alternatif Penerbangan Ke Tanah Air

Download Mp3 Gratis di crotz.net

Posted: 01 Dec 2008 10:44 AM CST

Mau download mp3 gratis tanpa repot? coba aja langsung ke situs music audio search download-nya crotz.net.
crotz.net merupakan search engine mp3 pertama di Indonesia yang meng-crawl dari 9 sumber website yang menyediakan mp3 download.

selamat mendownload! :)

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Download Mp3 Gratis di crotz.net

ICW Minta Izin Pemeriksaan Anggota Dewan Dicabut

Posted: 01 Dec 2008 10:18 AM CST


Novia Chandra Dewi - detikNews

Jakarta -
Saat ini DPR sedang menyiapkan Rancangan Undang-Undang tentang Susunan dan Kedudukan (RUU Susduk) MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai, proses pembahasan RUU harus dikritisi karena bermasalah.

“Ada beberapa hal yang penting untuk dikritisi dari proses pembahasan RUU Susduk ini. Pertama, minim sosialiasi terhadap RUU Susduk. Kedua, terdapat isu krusial yang terlewat untuk dibahas oleh Pansus,” ujar Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Emerson Yuntho dalam siaran pers yang dikirimkan ke detikcom, Senin (1/11/2008).

Selain itu, Emerson juga menjelaskan, hal yang penting untuk diperhatikan dalam RUU tersebut adalah pembahasan mengenai ketentuan izin pemeriksaan terhadap anggota dewan yang sedang diproses dalam perkara pidana.”Selain penting untuk dibahas, ketentuan izin pemeriksaan ini penting untuk dicabut,” tegas emerson.

ICW mengkhawatirkan, ketentuan tersebut akan menghambat kinerja aparat penegak hukum. Khususnya dalam penanganan kasus korupsi yang saat ini banyak melibatkan anggota DPR.

Masih dipertahankannya ketentuan adanya izin pemeriksaan bagi anggota dewan dalam RUU Susduk juga dapat dinilai negatif. Alasannya, anggota DPR yang terlibat dalam Pansus terlihat berupaya melindungi terhadap dirinya dan anggota politik yang menjabat sebagai anggota dewan di daerah meskipun telah melakukan penyimpangan.

“Dalam catatan ICW, untuk tahun 2006-2008, pemeriksaan dalam perkara korupsi terhadap 120 anggota dewan (baik sebagai saksi maupun tersangka) terhambat karena persolan izin,” jelasnya.

Untuk itu, Emerson mengaku pihaknya akan meminta DPR untuk menghapus ketentuan izin pemeriksaan bagi anggota dewan dalam RUU Susduk. Kebijakan ini, menurutnya, dapat diganti dengan cukup adanya pemberitahuan pemeriksaan kepada Presiden atau Mendagri atau gubernur.

“Dimasa datang tidak ada lagi perkara yang macet atau berlarut-larut dan anggota dewan yang tetap menjabat meskipun telah ditetapkan sebagai terdakwa,” tukasnya.(nov/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

ICW Minta Izin Pemeriksaan Anggota Dewan Dicabut

Nyala Lilin Sulut Kebakaran di Petamburan

Posted: 01 Dec 2008 09:18 AM CST


Novia Chandra Dewi - detikNews

Jakarta -
Kebakaran rumah yang terjadi di Petamburan, Jakarta Pusat, ternyata akibat nyala lilin yang terjatuh. Hal ini terjadi akibat listrik padam 15 menit sebelumnya.

“Kobaran api diketahui sejak pukul 19.30 WIB. Kebakaran diduga berawal dari nyala lilin yang tanpa sepengetahuan pemilik rumah terjatuh dan membakar benda-benda di sekitarnya,” ujar petugas Suku Dinas Kebakaran Jakarta Pusat, Bambang, saat dihubungi oleh detikcom, Senin (1/12/2008).

Menurut Bambang, 17 unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi sudah bisa menjinakkan api. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Kerugian materil yang diderita, lanjut Bambang mencapai Rp 100 juta. Namun hingga pukul 21.00 WIB pihak keluarga masih berada di lokasi untuk menyelematkan sisa barang-barang yang tidak terbakar.(nov/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Nyala Lilin Sulut Kebakaran di Petamburan

Kunjungi Klenteng, Dubes China Dibuatkan Kebaya 1 Jam Jadi

Posted: 01 Dec 2008 09:18 AM CST


Parwito - detikNews



Foto:Parwito/Detikcom

Magelang -
Duta Besar China Zhang Qie Yue melakukan kunjungan wisata di Magelang, Jawa Tengah. Setelah mengunjungi Candi Borobudur siang tadi, malam ini Zhang mengunjungi salah satu tempat ibadah untuk masyarakat pecinan tertua di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tempat ibadah itu adalah klenteng Hok An Khiong,yang terletak di Jl Pemuda, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Klenteng tersebut dibangun sejak tahun 1906 lalu.

Disela-sela kunjunganya, Zhang dibuatkan sepotong baju kebaya batik berwarna coklat yang dibuat dalam waktu satu jam saja. Baju itu dibuat oleh ibu dua anak yang bernama Marimah(53), penjahit tua yang sudah 25 tahun menjadi tukang jahit tradisional di Pasar Muntilan, Kabupaten Magelang.

Tukang jahit yang sudah berumur dan menggunakan mesin jahit kuno dan manual itu dengan sabar mengukur baju dan menjahit untuk Zhang.

Bahkan, Dubes China itu sempat merasa kaget ketika dikatakan bahwa baju kebaya yang akan dibuat akan selesai dalam waktu satu jam saja dan bisa langsung dikenakan.

“Saya senang sekali mas. Baru kali ini dipercaya oleh pengurus Klenteng Hok An Kiong disuruh membuatkan baju pejabat jauh dari China,” ujar Marimah kepada detikcom, Senin malam(1/12/2008).

Penasehat Klenteng Hok An Kiong That Djien menjelaskan, Dubes China tersebut selama kunjungan mengaku merasa bangga dengan terpeliharanya kebudayaan China di Magelang. Bahkan Zhang sempat memuji sebuah foto kenangan dari istri seorang pejabat pemerintahan China dulu.

“Dia (Zhang Qie Yue) sempat memuji ketika diperlihatkan foto kenangan dari Sung Jing Ling, nyonya besar istri wakil ketua RRC Xun Yat Seng yang dimabil saat berkunjung di klenteng Hok An Khiong Muntilan, Magelang pada tahun 1965,” kata That Djien.

Setelah selama15 menit mengitari klenteng Hok An Khiong, Zhang melakukan jamuan makan malam bersama Konsulat Jenderal Departemen Luar Negeri Republik Indonesia. Acara makan malam juga dihadiri oleh jajaran pengurus Klenteng Hok An Khiong, Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.(mad/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Kunjungi Klenteng, Dubes China Dibuatkan Kebaya 1 Jam Jadi