Jumat, 28 November 2008

Gudang Tips, Trik, & Tutorial Gratis

Gudang Tips, Trik, & Tutorial Gratis

SEO untuk PDF

Posted: 28 Nov 2008 01:02 AM CST


Gambar SEO untuk PDFSEO untuk PDF berarti usaha membuat file dokumen PDF (Portable Document Format) yang kita upload di Internet mendapat peringkat tinggi di search engine (SEO = Search Engine Optimization). Misalnya kita memiliki dokumen PDF berupa ebook atau yang lain, dengan menggunakan teknik SEO untuk PDF, file PDF tersebut akan muncul di halaman pertama search engine (Google, Yahoo, dkk) untuk kata kunci yang sesuai. Bagaimana caranya?

Sebenarnya teknik SEO untuk PDF tidak jauh berbeda dengan teknik SEO untuk halaman web biasa, tetapi biasanya hal ini tidak dilakukan pemilik web, karena mereka fokus ke SEO untuk halaman web mereka, bukan untuk file PDF-nya. Untuk sekedar kilas balik, inilah dua buah teknik SEO untuk halaman web biasa yang juga berlaku untuk PDF:

  1. Fokus ke kualitas konten dan kata kunci atau keyword.
  2. Perbanyak link ke halaman tersebut.

Sebagai ilustrasi, ini adalah gambar screenshoot Google.co.id pada tanggal 28-11-2008 untuk kata kunci kalender 2009. Ternyata sebuah file PDF dari blog ini yang isinya kalender 2009 mendapatkan peringkat pertama dan artikel yang memuat file PDF tersebut mendapat peringkat ketiga.

Gambar ilustrasi SEO untuk PDF

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam SEO untuk PDF adalah:

  1. File PDF memiliki pagerank. Pagerank adalah ukuran kepopuleran halaman web yang dibuat oleh Google yang nilainya tergantung oleh banyaknya link yang mengarah ke halaman web tersebut. Ternyata, file PDF pun memiliki pagerank, sebagai contoh, file PDF kalender 2009 saat ini memiliki PR = 1.
  2. Ukuran file PDF menentukan terindeks atau tidaknya file tersebut oleh Google. File PDF saya yang berisi kalender 2009 dengan ukuran 653 KB sampai saat ini belum terindeks Google. Dengan demikian dapat diperkirakan bahwa Google menyukai file PDF yang ukurannya kecil.
  3. Google bisa mengindeks file PDF yang terproteksi “password to modify“. File kalender 2009 yang saya buat ini adalah file PDF yang terproteksi password agar bisa dibuka tetapi tidak bisa diedit, dan ternyata Google mampu mengindeks file tersebut. Untuk file PDF yang tidak terproteksi, sudah jelas Google dan search engine lain dapat mengindeksnya.
  4. Nama file PDF akan menjadi URL PDF tersebut, untuk itu pilihlah nama yang mencerminkan isi atau keyword dokumen tersebut.

Yang terpenting dalam teknik SEO untuk PDF = Metadata

Jika Anda membuat file PDF dengan Adobe Acrobat Profesional, maka Anda perlu mengisi Title, Author, Subject, Keyword, dan Description dari dokumen PDF Anda. Dengan Adobe Acrobat Profesional, metadata untuk PDF dapat disetting melalui menu File -> Document Properties. Klik pada Additional Metadata untuk mengisi Description.

Gambar metadata untuk file PDF

Link ke artikel ini: SEO untuk PDF

Tulisan terkait:

Kembali ke: home

Posted in SEO, tips, trik   Tagged: pdf, SEO, seo for pdf, seo pdf, seo untuk pdf   

10 langkah menjadi bloger sejati

Posted: 27 Nov 2008 09:45 PM CST


10 langkah menjadi bloger sejatiArtikel ini untuk bloger pemula atau pembaca yang berminat untuk menjadi bloger (mau menulis di blog), sedangkan bloger yang sudah senior dilarang baca. Saya menuliskan 10 langkah untuk menjadi bloger sejati. Ingin tahu apa itu?

Ini dia 10 langkah menjadi bloger sejati:

  1. Tulis sebuah artikel yang merupakan hasil karya Anda sendiri (bukan copy-paste).
  2. Tulis lagi sebuah artikel.
  3. Tulis satu lagi.
  4. Tambah lagi sebuah artikel.
  5. Tambah lagi blog Anda dengan sebuah artikel asli.
  6. Tulis satu lagi artikel baru.
  7. Tulis satu lagi.
  8. Jangan berhenti menulis, tambah 1 artikel lagi.
  9. Tambah satu artikel lagi jangan takut salah.
  10. Kembali ke langkah 1.

So what?

Intinya, untuk bisa menjadi bloger sejati, kita harus menulis dan menulis. Lepaskan semua belenggu, apa saja yang ada dipikiran kita, tulis saja. Selama Anda tidak merugikan orang lain dengan tulisan Anda, silakan tulis. Blog adalah situs pribadi yang isinya bebas mau diisi apa saja oleh pemiliknya. Bagaimana cara mencari ide?

Ide-ide buat materi blog

“Ulasan berita”

Anda bisa membuka sebuah koran online (misalnya http://kompas.co.id) kemudian baca berita yang Anda sukai, kemudian ambil 1 atau dua kalimat inti berita tersebut dan masukkan ke dalam blog Anda. Kemudian ulaslah berita itu dari sudut pandang dan pengetahuan Anda. Yang bisa diulas misalnya perkembangan teknologi, perekonomian dunia saat ini, dan sebagainya.

“Tutorial”

Kita tentu sudah mendapatkan ilmu dari sekolah, kuliah, atau pun belajar otodidak. Ilmu tersebut belum tentu orang lain mengetahuinya kan? Dalam blog kita bisa menguraikan sesuatu yang kita ketahui tersebut menjadi penjelasan yang mudah dimengerti pembacanya. Selain kita bagi-bagi ilmu, kita juga bisa tahu pendapat orang lain mengenai pengetahuan atau ilmu kita tersebut.

“Pengalaman pribadi”

Bukan cuma curhat, tetapi tulis pengalaman pribadi Anda yang kira-kira dapat diambil hikmah oleh pembacanya. Kita sudah hidup bertahun-tahun kan? Pasti ada sesuatu yang pernah terjadi pada diri kita dan mungkin dapat diambil pelajaran oleh orang lain yang membaca artikel kita.

“Humor”

Jika Anda sering membuat orang lain tertawa dengan kelucuan-kelucuan Anda, Anda pun bisa menuliskannya di blog. Sebuah paragraf singkat sudah cukup untuk membuat cerita lucu hasil karya Anda. Atau juga bisa berupa gambar atau komik lucu. Blog jenis ini pembacanya sangat luas dan membuat pengunjungnya ketagihan.

“Pelajaran Kuliah/Sekolah”

Anda bisa menulis materi pelajaran kuliah atau sekolah ke dalam blog Anda. Di satu sisi Anda belajar, di sisi lain Anda akan menemukan pertanyaan-pertanyaan dari pembaca yang merangsang Anda untuk semakin mendalami ilmu tersebut. Misalnya saat kuliah atau kursus diajarkan tentang “jaringan komputer”, kenapa tidak menulis tentang “jaringan komputer” di blog Anda? Mudah bukan? Karena materi sudah komplit, tinggal menulis. Bahkan, jika dilakukan dengan serius, blog Anda akan menjadi sebuah universitas maya yang akan menjadi rujukan banyak orang.

“Topik-topik lain”

Masih banyak topik-topik lain yang bisa dijadikan materi blog, ini saya serahkan kepada kreativitas Anda. Selamat menulis!

Link ke artikel ini: 10 Langkah menjadi bloger sejati

Kembali ke: home

Posted in tips, tutorial blog, tutorial wordpress   Tagged: bloger sejati, tutorial blog, tutorial wordpress   

Cara install Yahoo Messenger tanpa macet

Posted: 27 Nov 2008 09:14 PM CST


Cara install Yahoo Messenger tanpa macetYahoo Messenger saat ini adalah program chatting yang sangat populer, & saya pun memakainya hampir setiap hari agar tidak kehilangan komunikasi dengan teman-teman. Kemarin, saat saya login ke Yahoo Messenger pake versi 8, ada sebuah pesan yang muncul agar saya meng-upgrade YM saya menjadi versi 9. Saya disarankan untuk menuju ke http://messenger.yahoo.com untuk mendownload installer Yahoo Messsenger versi 9. Filenya kecil, hanya 427kb, tetapi ketika diinstall, gagal maning gagal maning alias ga selesai-selesai. Jadi bagaimana solusinya?Installer Yahoo Messenger yang diperoleh dari http://messenger.yahoo.com adalah installer kecil yang ketika dijalankan akan mendownload file installer yang komplit. Lalu kenapa kita tidak mendownload file installer komplit sekalian? Ada bisa mendownload file installer yang komplit di sini (versi 9.00.2034, ukuran 14.5 MB):

download Yahoo Messenger full version / standalone installer dari server Yahoo
atau
download Yahoo Messenger full version / standalone installer dari server Softpedia

yahoo messenger  versi 9

Dengan menggunakan file installer yang komplit tadi, dijamin proses instalasi akan berjalan lancar tanpa takut koneksi putus, karena instalasi akan jalan terus meski koneksi internet putus. Yahoo Messenger versi 9 ini sudah merupakan versi final (bukan beta) dan free. Untuk mempercepat download, bisa menggunakan DAP.  Jangan lupa untuk selalu menambah teman, buka menu Contact -> Add a contact, kemudian masukkan ID Yahoo atau email teman anda, misalnya anakwisnu untuk menjadikan saya sebagai teman Anda. Selamat mencoba!

Link ke artikel ini: Cara install Yahoo Messenger tanpa macet

Kembali ke: home

Posted in tips, trik   Tagged: instant messenger, yahoo, Yahoo Messenger, ym