Jumat, 28 November 2008

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

Korban Tewas 155 Orang, 327 Luka-luka

Posted: 28 Nov 2008 02:36 PM CST


Ken Yunita - detikNews



Mumbai -
Korban tewas akibat serangan teroris di Mumbai, India terus bertambah. Hingga kini, 155 orang tewas dasn 327 lainnya luka-luka.

Demikian dilaporkan oleh media India seperti dilansir AFP, Sabtu (29/11/2008). Korban-korban berjatuhan setelah teroris menyerang pusat kota India selama kurang lebih 51 jam.

Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah. Pemerintah India mengira, jumlah korban tewas akan mencapai 200 orang.

“Jumlah tewas kemungkinan akan mencapai 200 orang,” kata Menteri Dalam Negeri India Sri Prakash Jaiswal.

Sebelumnya diberitakan, selain warga India terdapat 17 warga asing yang tewas. Belum ada informasi apakah bertambahnya korban tewas ini terdapat pula warga asing.(ken/ken)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Korban Tewas 155 Orang, 327 Luka-luka

Kyoto Jazz Massive Tengah Malam di JakJazz 2008

Posted: 28 Nov 2008 01:54 PM CST


Yulia Dian - hotMusic



Kyoto Jazz Massive (yla/hot)

Jakarta -
Pagelaran JakJazz 2008 memasuki hari pertama. Kyoto Jazz Massive jadi penutup pertunjukan festival musik jazz tahunan itu hampir tepat di tengah malam.

Kyoto Jazz Massive yang malam itu jadi tamu istimewa membuka perjumpaan dengan lagu 'The Brightness of These Days'. Sekitar 9 lagu dibawakan band yang sebenarnya baru merilis satu album studio tersebut.

Album boleh baru satu namun kiprah Kyoto Jazz Massive tak perlu diragukan lagi. Di tahun 2001 semakin populer di Inggris setelah lagunya dibawakan DJ Giles Peterson.

Kyoto Jazz Massive sangat lincah mengalunkan lagu-lagu mereka. Sesekali mereka juga menyapa penonton dengan bahasa Indonesia yang terbata.

“Selamat malam,” ujar sang vokalis ramah.

Pertunjukan pun ditutup dengan lagu 'Bougie Bougie' sekitar pukul 00.45 WIB. Penonton yang tak bisa melihat penampilan Kyoto Jazz Massive tak kecewa. Di pangggung Dji Sam Soe Skyline Terrace, Tompi unjuk kebolehan. Belum lagi Dimi Fullhouse pun pentas di panggung amphitheater.

Penampilan Tompi dan Dimi membagi dua jumlah penonton. Namun kemudian konsentrasi teralih pada Tompi setelah pertunjukan Dimi berakhir. Sebelumnya sekitaran 2 ribu lebih penonton tak melewatkan penampilan Maliq & d'Essentials.

Begitu juga saat Just the 3 of Us (Vonny Sumlang, Rien Jamain dan Mawar) tampil. Kiboud Maulana dan Oele Pattiselanno Trio juga ambil bagian.

Dibandingkan tahun lalu, pagelaran JakJazz kali ini lebih berwarna. Lebih banyak stand dengan penawaran menarik. Arena untuk berfoto ria pun tersedia di segala sudut. Belum lagi jumlah panggung yang ada 7 buah sempat membuat penonton kelimpungan menentukan pilihan.

Pentas Dji Sam Soe Premium JakJazz 2008 bertema 'A Whole Lotta Jazz' yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (28/11/2008) dimulai sejak pukul 16.00 WIB. Hujan yang sempat mengguyur Jakarta di sore hari itu ternyata tak menyurutkan niat penonton untuk “berburu” musik dan musisi jazz kesukaan mereka.

Tenda-tenda penjualan merchandise pun tak henti-henti dikerumuni calon pembeli. Kali ini JakJazz memang menyuguhkan kemasan jazz yang menyeluruh.
(yla/yla)

source: detikhot

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Kyoto Jazz Massive Tengah Malam di JakJazz 2008

17 Warga Asing Tewas

Posted: 28 Nov 2008 01:48 PM CST


Ken Yunita - detikNews



Jakarta -
Jumlah korban tewas warga asing akibat serangan teroris di Mumbai, India bertambah. Petugas berwenang mencatat, 17 orang terbunuh dalam serangan sporadis teroris itu.

Menurut data dari kedutaan Israel seperti dilansir AFP, Sabtu (29/11/2008), 5 warganya tewas dalam serangan di pusat kebudayaan Jewish. Namun hingga kini nama-nama korban belum terkonfirmasi.

Sementara itu dua warga Amerika Serikat bernama Alan dan Naomi Scherr juga tewas. Bapak dan anak itu tewas saat para teroris menyerang.

Dua orang berkebangsaan Prancis yang belum diketahui identitasnya juga meninggal dunia. Namun sumber lain menyebut, keduanya bernama Loumia Hiridjee dan suaminya Mourad Amarsy.

Sementara itu dua orang dari Australia, Doug Markell yang berusia 71 tahun dan Brett Taylor, 49 tahun tewas saat teroris menyerang. Sementara itu juru bicara kementerian luar negeri Jerman mengatakan seorang warganya tewas dalam peristiwa tragis itu.

Media menyebut pria yang tewas itu bernama Ralph Burkei. Sumber lain, pihak keamanan India menyebut, 3 orang berkewarganegaraan Jerman tewas dalam peristiwa itu.

Warga Singapura, Lo Hoei Yen (28) juga terbunuh setelah disandera di Hotel Oberoi Trident. Hal itu dipastikan oleh diplomat Singapura.

Pengusaha Inggris Andreas Liveras juga dipastikan tewas. Sementara itu seorang berkewarganegaraan Jepang, Hisashi Tsuda (38) juga tewas.

Seorang warga Italia Antonio de Lorenzo tewas dalam serangan tiba-tiba itu. Sementara itu warga Kanada juga tewas meski belum teridentifikasi.(ken/ken)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

17 Warga Asing Tewas

Siswa SD Salatiga Juara I Lomba Melukis di Bulgaria

Posted: 28 Nov 2008 01:48 PM CST


Eddi Santosa - detikNews



Puteri Staf KBRI dan Dubes Mewakili Eda

Sofia -
Eda Islamay Qomaruddin (9), siswa SD Al-Azhar Salatiga, Jawa Tengah, meraih penghargaan Juara I kategori umum kelompok umur 6-9 tahun pada International Art Competition for Children’s Painting “Mission Rescuer 2008”, Bulgaria.

Lomba melukis ini diselenggarakan oleh Kementerian Urusan Situasi Darurat Bulgaria bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan IPTEK Bulgaria serta Kementerian Kebudayaan Bulgaria, Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Sofia Aditya Timoranto kepada detikcom Jumat malam ini atau Sabtu (29/11/2008) WIB.

Selain kategori umum, masih ada dua kategori lain yang dilombakan yakni kategori siswa sekolah seni dan anak-anak penyandang cacat berdasarkan 3 kelompok 10-14 tahun dan 15-17 tahun.

Hadiah utama untuk kategori umum kelompok umur 6-9 tahun diberikan langsung oleh Deputi PM/Menteri Urusan Situasi Darurat Bulgaria, Emel Etem dalam sebuah seremoni pada 26/11/2008 di National Palace of Culture (NDK), Sofia, Bulgaria, dan diliput oleh stasiun TV swasta nasional setempat: Bulgarian Balkan TV (BBT).

Dalam kesempatan itu Eda diwakili oleh Shabrina Dara Kusumoandira, putri seorang staf KBRI, didampingi oleh Dubes RI Immanuel Robert Inkiriwang. Hadir pula para pejabat tinggi Kementerian Urusan Situasi Darurat, Kementerian Pendidikan dan IPTEK, serta Kementerian Kebudayaan Bulgaria, dan wakil dari kedubes negara-negara sahabat.

Dubes Inkiriwang dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba ini dapat mendorong kesadaran anak-anak mengerti pentingnya penanggulangan bencana serta dapat melahirkan rasa tanggung jawab untuk mencegahnya.

“Sebagai Dubes RI di Bulgaria saya bangga atas keberhasilan Eda, seorang anak Indonesia meraih Juara I,” ujar Inkiriwang.

Menurut Inkiriwang, Eda merupakan wakil dari anak-anak Indonesia yang memiliki kesadaran mengenai dampak dan penderitaan yang diakibatkan oleh bencana karena pengalaman dan pengetahuan mereka mengenai tsunami, gempa dan banjir.

(es/es)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Siswa SD Salatiga Juara I Lomba Melukis di Bulgaria

SBY Tabuh ‘Gong Politik’

Posted: 28 Nov 2008 11:42 AM CST


Anwar Khumaini - detikNews



Jakarta -
Pemilu masih akan berlangsung tahun depan. Namun 'gong politik' sudah ditabuh SBY. Gong politik apakah gerangan?
 
Gong yang dimaksud adalah memang benar-benar gong, yang  ditabuh sebagai pertanda Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Putraiputri TNI Polri yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat.
 
Disebut 'gong politik' karena sebelum menabuh gong, SBY mengidentikkan berapa jumlah tabuhan gong dengan nomor urut partai politik.
 
“Berapa kali ya nabuhnya? Kalau sekali nanti Hanura, kalau lima kali nanti Gerindra, kalau 31 kali (nomor urut Partai Demokrat) nanti kebanyakan, Golkar nomornya berapa ya?” canda SBY sesaat sebelum menabuh gong tanda pembukaan Munas FKPPI di Bogor, Jabar, Jumat (28/11/2008).
 
“Ya udah, lima kali saja, sebagai simbol Pancasila,” kata SBY.
 
Memang, sepertinya penahanan Aulia Pohan sepertinya tidak membuat SBY larut dalam duka. Saat memberikan sambutan, beberapa kali kakek Aira ini mengeluarkan joke-joke segar.
 
“Jadi pemimpin jangan setengah-setengah. Nggak apa-apa kurang tidur, paling-paling cuma bengkak matanya dan difoto nggak bagus,” canda SBY lagi-lagi disambut tawa.
 
Dalam kesempatan ini, SBY menyatakan kebanggaannya sebagai anak tentara yang dulu sering disebut sebagai anak kolong.
 
“Saya bangga disebut anak kolong,” kata SBY menimpali ucapan Ketua Umum FKPPI Pontjo Sutowo yang menyebut anak TNI/Polri sering disebut anak kolong.
 
“Ayah saya mengabdi selama 30 tahun di TNI,” ujar SBY bangga.
 
Dalam kesempatan ini, di depan seribuan anggota FKPPI, SBY juga bercerita banyak tentang kemajuan Indonesia di bawah pimpinannya. Mulai swasembada pangan, bermartabat di dunia internasional. Namun, SBY sama sekali tidak bercerita soal penahanan besannya, Aulia Pohan.(anw/ken)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

SBY Tabuh ‘Gong Politik’

Singapore Airlines Buka Penerbangan Terbatas di U-Tapao

Posted: 28 Nov 2008 11:24 AM CST


Ken Yunita - detikNews

Jakarta -
Bandar Udara di Bangkok, Thailand masih diduduki para demonstrans. Untuk alternatif angkutan, Singapore Airlines akan membuka penerbangan U-Tapao-Singapore selama akhir pekan.

Demikian rilis yang diterima detikcom dari Vice President Singapore Airlines Louisa Tuhatu melalui surat elektronik, Jumat (28/11/2008).

Louisa mengatakan, U-Tapao berjarak kurang dari 200 kilometer dari Bangkok. Pada akhir pekan ini, 4 penerbangan akan dioperasikan.

“Dua penerbangan pada hari Sabtu dan dua di hari Minggu. Semua menggunakan pesawat Boeing 777,” kata Louisa dalam rilisnya.

Keberangkatan dari U-Tapao direncanakan pada pukul 14:00 dan 19:00 waktu setempat. “Tergantung pada permintaan, Singapore Airlines mungkin akan mengoperasikan lebih banyak penerbangan minggu depan,” lanjutnya.

Lousia mengatakan, penumpang akan diangkut sesuai jadwal pemesanan tiket, yaitu mulai dari tanggal 26 November dan seterusnya. Namun Singapore Airlines meminta permakluman jika tidak semua penumpang dapat diangkut sekaligus.

“Fasilitas bandara U-Tapao terbatas. Ini membuat proses check-in serta pemeriksaan penumpang akan berlangsung lebih lama,” kata Louisa.

Louisa meminta para pelanggan yang masih tertahan di Bangkok untuk menghubungi nomor +66-2-3536000 atau +65-62238888 dan memberikan nomor kontak sehingga bisa segera dihubungi bila ada kursi yang tersedia untuk penerbangan dari U-Tapao atau kota lainnya.

SilkAir mengoperasikan dua penerbangan tambahan malam ini dan besok sore dari Phuket untuk membantu mengangkut pelanggan yang meninggalkan Bangkok melalui jalan darat. Penerbangan tambahan atau pengoperasian pesawat yang lebih besar ke kota-kota lain seperti Penang dan Chiang Mai juga sedang dipertimbangkan.(ken/gah)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Singapore Airlines Buka Penerbangan Terbatas di U-Tapao

Taufik Satu-satunya Harapan

Posted: 28 Nov 2008 11:18 AM CST


Arya Perdhana - detiksport


AFP

Hong Kong - Taufik Hidayat menjadi satu-satunya harapan Indonesia yang tersisa untuk menggondol gelar dari Hong Kong Terbuka Super Series. Sementara, satu lagi wakil Indonesia tumbang.

Dalam pertandingan babak perempatfinal yang digelar di Queen Elizabeth Stadium, Jumat (28/11/2008) ini, Taufik mengungguli pebulutangkis tuan rumah, Wing Ki Wong.

Taufik yang ditempatkan sebagai unggulan ketujuh dalam turnamen ini membutuhkan waktu 31 menit untuk menuntaskan perlawanan Wing dalam dua set, 21-15, 21-19.

Di empat besar, Taufik akan bertemu musuh bebuyutannya, Lin Dan. Pemain unggulan kedua asal China itu sebelumnya menekuk pemain Korea Selatan, Park Sung Hwan, 21-16 14-21 21-13.

Satu wakil Indonesia lainnya, ganda campuran Nova Widianto/Lilyana Natsir harus berkemas pulang setelah ditekuk duet China, Xie Zhongbo/Zhang Yawen, 16-21, 19-21.

Di semifinal. Xie/Zhang yang diunggulkan di tempat ketujuh akan terlibat 'perang saudara' melawan rekan senegaranya, Zheng Bo/Ma Jin.


( arp / arp )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Taufik Satu-satunya Harapan

SBY dan Tokoh Nasional akan Hadiri Silatnas Ponpes Modern Gontor

Posted: 28 Nov 2008 11:06 AM CST


M. Rizal Maslan - detikNews



Jakarta -
Rencananya, Presiden SBY, Sabtu 29 November besok akan menghadiri acara Silaturahim Nasional (Silatnas) Keluarga Besar Pondok Pesantren Gontor. Acara ini juga akan dihadiri pejabat dan tokoh lainnya, khususnya ormas keagamaan.

Acara itu akan diselenggarakan di Jakarta Convention Centre, pukul 10.15 WIB - 17.00 WIB. Direncanakan tokoh nasional yang akan hadir Menteri Agama Maftuh Basyuni, Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi, Pimpinan Pondok Modern Gontor yang juga Ketua MUI KH Abdullah Syukri Zarkasyi dan pimpinan serta pengasuh Ponpes Modern Gontor lainnya.

Bahkan, Hidayat Nur Wahid, KH Hasyim Muzadi, Din Syamsuddin dan Maftuh Basyuni akan menjadi pembicara dalam dialog dan temu kangen alumni Gontor dengan tema Peran Etika Santri dalam Membangun Indonesia.

“Semua alumni pesantren harus meningkatkan peran dan fungsinya untuk bangsa dan negara, tetap berkepribadian santri. Sudah menjadi pejabat tetap harus memelihara kesantriannya, moralnya,” kata Pimpinan Pondok Modern Gontor KH
Abdullah Syukri Zarkasyi, di Jakarta, Jum'at (28/11/2008).

Menurut Zarkasyi, etika santri sangat diperlukan dalam membangun bangsa dan negara. Salah satunya adalah mental qanaah (menerima apa adanya yang diberikan Tuhan) di antara mereka.

Sikap ini cenderung membuat seseorang menjadi ikhlas dan menolak ambisi pribadi. Dengan sikap ikhlas dan menolak ambisi pribadi ini, perilaku uswah sayyiah (contoh yang buruk) dapat dihindari, seperti praktik korupsi, menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan, dan sebagainya.

“Sangat penting menjaga sikap hidup dan etika santri. Berbuatlah lebih baik dari yang mereka atau orang lain perbuat,” tambahnya.

Zarkasyi menerangkan, sebanyak 3.000 alumni akan menghadiri acara tersebut. Kegiatan tahunan ini diharapkan akan semakin mempererat Ukhuwah Islamiyah (tali silaturrahmi) antar sesama alumni dan Keluarga Besar Pondok Modern Gontor.

Zarkasyi berharap, dengan acara tersebut, alumni Gontor akan saling mendukung dalam membangun bangsa dan negara serta masyarakat yang adil, makmur, dan aman.(zal/ken)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

SBY dan Tokoh Nasional akan Hadiri Silatnas Ponpes Modern Gontor

Hidup SBY Menggema di Munas FKPPI

Posted: 28 Nov 2008 11:06 AM CST


Anwar Khumaini - detikNews



Jakarta -
Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan TNI-Polri Indonesia (FKPPI) sedang punya hajatan, menggelar musyawarah nasional (Munas). Acara yang berlangsung di Wisma Kinasih Caringan, Bogor ini tampak semarak. Apalagi dibuka langsung oleh Presiden SBY.
 
Seribuan kader FKPPI pun tumplek blek. Mereka tampak antusias mengikuti acara, meskipun tidak sedikit dari mereka yang sudah tidak muda lagi. Apalagi, saat SBY masuk ke ruang acara pembukaan, teriakan Hidup SBY pun dilontarkan oleh beberapa orang.
 
FPPI yang dulunya adalah organisasi yang berafiliasi dengan Golkar saat Orde Baru berkuasa, saat ini mendeklarasikan diri sebagai organisasi yang netral, tidak memihak.
 
“Sikap ini kita pilih seiring dengan adanya reformasi di tubuh TNI/ Polri,” ujar Ketua Umum FKPPI, Pontjo Sutowo saat memberikan sambutan di hadapan seribuan hadirin, Jumat (28/11/2008) malam.
 
Pontjo, yang pernah tersandung masalah hukum kasus hak guna bangunan Hotel Hilton ini mengimbau, agar para anggota FKPPI memberi kontribusi kepada bangsa.  
 
Hadir dalam acara ini, Kapolri, Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri, Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso serta beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB).
 
Yang unik, putra bungsu SBY, Edy Baskoro (Ibas), tampak mengenakan seragam FKPPI warna cokelat doreng. Ibas pun jadi perhatian.

SBY, yang menjadi dewan penasihat FKPPI tampak sumringah mengikuti acara. “Cucu saya adalah anggota FPPI, karena bapaknya TNI. Demikian juga anak saya yang kedua. Istri saya juga,” ujar SBY disambut tepuk tangan hadirin.
 
SBY pun bercanda, dirinya pasti akan jadi anggota FPPI jika FPPI sudah ada waktu dia masih muda. Sebab, orang tua SBY juga anggota TNI.
 
SBY meminta, agar para keluarga TNI/Polri akur, meskipun saat ini kedua institusi tersebut tidak dalam satu naungan.  
 
SBY juga menyinggung soal perekonomian dunia yang saat ini kian terpuruk. SBY pun bertekad untuk menghindari utang, karena pembangunan negara dari utang akan menimbulkan krisis, seperti yang terjadi di Amerika Serikat saat ini. “Padahal, gross domestic product (GDP) mereka seperempat dari GDP dunia,” kata SBY.(anw/ken)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Hidup SBY Menggema di Munas FKPPI

Rekaman Dihapus, Kameraman Metro TV Ditendang

Posted: 28 Nov 2008 11:06 AM CST


Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews

Jakarta -
Entah apa maksud mahasiswa-mahasiswa ini. Dengan kasar, mereka meminta kamaramen Metro TV di Makassar, Yunus, untuk menghapus dan menyerahkan kaset di kameranya.

Tak cuma itu, para mahasiswa itu juga menganiaya Yunus. “Saya sempat ditendang,” kata Yunus.

Peristiwa itu terjadi saat Yunus meliput tawuran antara mahasiswa Fakultas Teknik Unversitas Hasanuddin dan Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia di Makassar, Jumat (28/11/2008) pukul 21.30 Wita.

“Saya dikerumuni banyak mahasiswa. Saya sudah hampir dipukuli lagi,” kata Yunus kepada detikcom di lokasi.

Beruntung, Yunus diselamatkan oleh seorang rekannya. Akhirnya, mahasiswa pun meninggalkan Yunus.(ken/gah)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Rekaman Dihapus, Kameraman Metro TV Ditendang