Jumat, 21 November 2008

plinplan.com

plinplan.com

Nalbandian Bawa Argentina Memimpin

Posted: 21 Nov 2008 01:54 PM CST


Reky Herling Kalumata - detiksport


Reuters/Fabian Luchessi

Mar del Plata - David Nalbandian membawa Argentina memimpin 1-0 atas Spanyol di final Piala David. Hasil itu dipastikan Nalbandian usai mengatasi David Ferrer.

Duel Nalbandian versus Ferrer adalah partai tunggal pertama yang di final Piala Davis Jumat (21/11/2008) di Mar Del Plata. Petenis tuan rumah ini mengawalinya dengan sempurna dengan mengatasi petenis Spanyol ini dengan skor 6-3 6-2 6-3.

Nalbandian yang merupakan petenis rangking ke-11 ATP, menyudahi perlawanan Ferrer (rangking 12 ATP) setelah bermain satu jam 59 menit. Sementara Ferrer tampaknya kesulitan bermain di lapangan cepat di Polideportivo Malvinas arena ini.

“Saya bermain dengan baik sejak awal hingga akhir. saya selau dapat mengontrol situasi dan publik juga luar biasa. Ini hampir menjadi pertandingan sempurna,” ungkap Nalbandian seperti dilansir Reuters.

Sementara Ferrer mengakui performa Nalbandian yang lebih baik darinya. Ia juga mengaku kesulitan untuk beradaptasi dengan lapangang. “David jauh lebih superior dan tak perlu dikatakan lagi,” kata petenis Spanyol ini.

“Lapangan ini sangtlah tidak muda namun itu lapangan tenis seperti lainnya. Saya tidak mendapatkan sensasi yang bagus sepanjang pertandingan. Saya juga tidak dapat melakukannya dengan baik,” aku Ferrer.

Partai ganda antara Jose Acacuso/Agustin Calleri melawan Lopez yang berduet dengan Fernando Verdasco bakal dimainkan pada hari Sabtu (22/11). Pada hari Minggu (23/11) urutan partai tunggal akan dibalik.
( key / key )

source: detiksport

Pesawat Presiden Arroyo Terpaksa Mendarat Darurat di Jepang

Posted: 21 Nov 2008 01:36 PM CST


Indra Subagja - detikNews

Osaka -
Pesawat yang ditumpangi Presiden Filipina Gloria Macapagal Arroyo terpaksa mendarat darurat di Jepang. Padahal semestinya pesawat terbang dari Filipina langsung menuju Los Angeles Amerika Serikat, dan kemudian menuju Peru.

Seperti dikutip Reuters, Sabtu (22/11/2008), pendaratan yang tidak dijadwalkan ini dilakukan setelah sang suami presiden, Mike Arroyo tiba-tiba menderita sakit.

Mike Arroyo yang pernah dioperasi akibat sakit jantung ini, saat di dalam pesawat mengaku terserang penyakit tersebut. Namun demikian, dokter kemudian menjelaskan kalau Mike Arroyo hanya terserang kram perut dan sakit punggung.

Akhirnya akibat insiden ini, Presiden Arroyo mesti melanjutkan penerbangannya ke Lima, Peru untuk menghadiri pertemuan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) tanpa sang suami. Mike disarankan dokter untuk tetap berada di Jepang.

Petugas dari pemerintah Filipina menjelaskan pesawat yang membawa Presiden Arroyo dan 5 menterinya itu mendarat di Bandara Kansai, Osaka saat tengah malam waktu setempat.

Sebelumnya Mike yang berusia 60-an tahun pernah dirawat karena sakit janutng di Rumah Sakit Manila. Dan diketahui pasangan Arroyo ini memiliki 2 anak laki-laki yang keduanya menjadi anggota kongres, serta seorang anak perempuan.(ndr/)

source: detiknews

Perampok Tembak Mati 4 Pegawai Bank di Nigeria

Posted: 21 Nov 2008 01:18 PM CST


Indra Subagja - detikNews

Lagos -
Aksi brutal para perampok terjadi di Lagos, Nigeria. Tercatat 4 pegawai United Bank for Africa menjadi korban timah panas yang dilepaskan para pelaku kriminal tersebut.

Seperti dikutip Reuters, Sabtu (22/11/2008), berdasarkan kesaksian seorang saksi mata, ada sekitar 20 perampok yang terlibat dalam tindak kejahatan ini.

“Para perampok langsung masuk ke bank dan mengeluarkan tembakan yang menewaskan pegawai, manajer, dan petugas kebersihan bank,” tutur saksi mata itu.

Diketahui tidak ada nasabah yang menjadi korban dalam aksi perampokan ini. Keterangan pihak kepolisian menyebutkan para perampok kabur melalui jalur air, menggunakan speedboat.

“Mereka para perampok mengincar uang dalam jumlah banyak yang hendak diisi ke dalam kendaraan pengangkut, tapi ternyata uang tersebut sudah tidak ada,” ujar juru bicara kepolisian Frank Mba.

Perampokan memang hal yang biasa di Lagos, kota yang jumlah penduduknya mencapai 14 juta jiwa. Krisis ekonomi yang terjadi di negara ini membuat kriminalitas meningkat. Terutama menjelang natal, mengingat banyak warga yang memegang uang.(ndr/)

source: detiknews

Terima Suap dari Kartel Narkoba Eks Pejabat Polisi Ditahan

Posted: 21 Nov 2008 01:18 PM CST


Indra Subagja - detikNews

Meksiko City -
Apa yang dilakukan Noe Ramirez benar-benar keterlaluan. Jabatannya sebagai kepala polisi unit satuan khusus anti kejahatan terorganisasi Meksiko, ternyata disalahgunakan. Dia menjual informasi ke kelompok kartel narkoba.

Seperti dikutip Reuters, Sabtu (22/11/2008), dari perbuatannya, Ramirez mendapatkan uang suap senilai US$ 450 ribu atau Rp 5,4 miliar.

“Penahanan atas Ramirez adalah bagian dari program pembersihan tubuh kepolisian dari pengaruh pedagang narkoba,” kata Jaksa Agung Meksiko Eduardo Mediana Mora.

Ramirez berhenti sebagai kepala unit satuan khusus pada awal 2008. Dia menjual informasi tentang hasil investigasi kepolisian tentang kartel Sinaloa, yang menguasai perdagangan narkoba.

“Ramirez juga mendapatkan pembayaran bulanan untuk informasi rutin yang selalu disampaikannya kepada pimpinan kartel Joaquin 'Shorty' Guzman (orang yang paling dicari di Meksiko),” jelas Medina.

Operasi pembersihan di tubuh kepolisian dan penegak hukum memang tengah digencarkan Presiden Meksiko Felipe Calderon. Hingga kini tercatat 30 pejabat dan anggota kepolisian unit khusus telah diproses hukum karena berhubungan dengan kartel narkoba ataupun melakukan korupsi.

Dan langkah perang Calderon atas kartel narkoba, memang telah menimbulkan perlawanan sejumlah kelompok. Tercatat 4.300 orang meninggal akibat bentrokan senjata api, antara petugas dan kelompok kartel tersebut.

“Pemerintah Meksiko akan terus melakukan memberangus organisasi kriminal dan korupsi,” ujar Presiden Calderon.

Keterlibatan petugas dalam bisnis narkoba ini memang menjadi sorotan. Sebagai catatan saja, pada Oktober 2008 lalu, 2 agen polisi antinarkoba dipenjara karena menerima uang setoran yang nilainya sampai ribuan dollar Amerika Serikat dari kartel narkoba.(ndr/)

source: detiknews

Hatta Rajasa, Khutbah Jumat dan Imam

Posted: 21 Nov 2008 12:48 PM CST


Arifin Asydhad - detikNews



Lima -
Jangan sangka para menteri di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) hanya bisa mengurusi urusan pemerintahan. Mensesneg Hatta Rajasa misalnya. Ternyata dia jago juga menyampaikan khutbah Jumat dan menjadi imam salat.

Hatta menyampaikan khutbah dalam salat Jumat di sebuah ruang di lantai 9 Hotel Melia Lima, Kota Lima, Peru, Jumat (21/11/2008) pukul 12.00 waktu setempat atau pukul 00.00 WIB, Sabtu (22/11/2008). Hatta yang mengenakan peci hitam sangat lancar dalam menyampaikan khutbah Jumatnya, termasuk kalimat-kalimat Arabnya.

Salat Jumat di hotel Melia Lima ini diikuti sekitar 70 orang, yang semuanya adalah para delegasi dan rombongan Indonesia untuk acara KTT APEC ke-20. Hadir juga Presiden SBY, Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita, Menteri Pertanian Anton Apriyantono, Menneg LH Rachmat Witoelar dan sejumlah pejabat lainnya.

Sebenarnya bukan hal aneh, bila Hatta lancar berkhutbah Jumat. Sebab, sewaktu menjadi mahasiswa Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB), Hatta adalah anggota jamaah Salman ITB, kelompok kajian mahasiswa muslim yang sangat populer di tengah gerakan mahasiswa Islam.

Salman ITB telah menelurkan banyak tokoh dan pejabat mumpuni di pemerintahan. Hingga saat ini, Salman ITB juga masih terus eksis berkiprah untuk masyarakat. Sejak 2007 hingga 2010, Hatta masih tercatat  sebagai anggota Majelis Wali Keluarga (MWK) Keluarga Alumni Masjid (Kalam) Salman ITB.

Dalam khutbah Jumatnya, Hatta yang kini juga menjabat sebagai Ketua IA ITB ini menyinggung masalah krisis di Indonesia. Menurut dia, Allah tidak akan meninggalkan manusia dalam keadaan sulit. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh kaum muslim adalah bertaqwa kepada Allah SWT, karena taqwa adalah energi positif.

Berbagai macam ancaman, termasuk krisis global saat ini akan selalu menghampiri manusia. Ini merupakan suatu cobaan. Dan orang beriman akan terus selalu menghadapi cobaan-cobaan. “Tapi, Allah tidak akan membebani hambanya dengan beban yang melebihi kemampuannya,” kata Hatta.

Karena itu, Hatta mengajak jamaah untuk berprasangka baik kepada Allah dalam menghadapi krisis ini. Ada dua hal yang harus dilakukan dalam menghadapi krisis, yaitu ikhtiar dan tawakkal dan bersyukur.

Hatta kemudian menyitir surat Al Insyirah yang berisikan tentang etos kerja. Di dalam surat ini disebutkan sebanyak dua kali bahwa di dalam kesulitan itu ada kemudahan. “Kemudahan bukan datang setelah kesulitan, tapi kemudahan itu ada di dalam kesulitan,” ujar Hatta.

Untuk mendapat kemudahan, Allah menyuruh manusia mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan tuntas. Setelah itu, manusia harus berpasrah (bertawakkal kepada Allah).

Seusai memberi khutbah Jumat, Hatta kemudian menjadi imam salat. Rakaat pertama, Hatta membacakan surat Al Fatihah dan dua ayat terakhir surat Al Baqarah. Di rakaat kedua, Hatta membacakan Al Fatihah dan surat Al Insyirah.

Seusai salat Jumat, Hatta pun dipuji. “Luar biasa,” kata salah seorang pejabat. Hatta sendiri merendah. “Saya kalau kepepet, insya Allah bisa,” kata Hatta.(asy/asy)

source: detiknews

Dubes RI: Pemilik Gedung Harus Ganti Kerugian Jamaah

Posted: 21 Nov 2008 12:48 PM CST


Muhammad Nur Hayid - detikNews

Mekah -
Kasus terbakarnya beberapa kasur jamaah haji dari kloter JKG-26 Tangerang,
Banten yang menempati sektor II membuat Dubes RI di Arab Saudi dan Kesultanan Oman, Salim Segaf Aljufri prihatin. Dia pun menjenguk dan  memberikan motivasi agar para jamaah tetap bersabar.

Dalam kunjungannya tersebut, Jumat (21/11/2008) waktu setempat, dengan berjalan kaki, Salim menyempatkan diri  melihat langsung lantai 4 yang menjadi lokasi kebakaran. 

Hasilnya, kamar 435 yang dihuni empat jemaah itu terlihat sudah dicat kembali temboknya. Meski demikian, puing-puing bekas kebakaran masih tampak di temboknya, termasuk AC dan kipas angin yang hangus terbakar.

Salim Segaf meminta pemilik gedung untuk selalu memberikan keamanan secara maksimal. Salim juga meminta jamaah haji waspada dan tidak sembrono dalam mengunakan listrik.

“Kami akan meminta pertanggungjawaban pemilik gedung untuk memperbaiki kamar yang terbakar itu, termasuk mengganti kerugian jemaah, sebab kebakaran itu terjadi di dalam gedung,” pintanya.

Menurut salah satu jamaah haji asal Tanggerang, Surnata, akibat kasus kebakaran itu, jemaah yang menjadi korban dipindahkan kamarnya di lantai bawah karena satu kasur habis terbakar, dua kasur hangus, dan satu koper jamaah berisi pakaian ihram dan surat-surat pun ludes.

“Koper jemaah yang terbakar di kamar 435 (sektor II) itu milik H Marsuki. Dia hanya memiliki baju yang dipakai sekarang,” jelas Surnata.(yid/ndr)

source: detiknews

Hidayat Nilai Wajar Perbedaan Pendapat Soal Iklan Soeharto

Posted: 21 Nov 2008 11:24 AM CST


Aprizal Rahmatullah - detikNews



Jakarta -
Perbedaan pendapat sempat muncul antara Presiden PKS Tifatul Sembiring dan Sekjennya Anis Matta terkait iklan Soeharto. Tapi hal ini dinilai biasa oleh Ketua MPR Hidayat Nurwahid, yang juga mantan Presiden PKS.

“Ah, itu biasa dalam demokrasi,” ujar Hidayat kepada detikcom, Jumat (21/11/2008) malam.

Hal ini disampaikannya usai menghadiri acara penghargaan juara lomba matematika Pasific Countries Social an Economic Solidarity Association di Hotel Intercontinental, Jl Jendral Sudirman, Jakarta.

Menurutnya kontroversi ini jangan terlalu dilihat buruknya. Dia juga menyampaikan, agar pengusungan Soeharto sebagai guru bangsa harus dilihat sebagai upaya rekonsiliasi.

“Kita lanjutkan hal yang baiknya, dan tinggalkan yang buruk,” tandasnya.

Di akhir, Hidayat menyerahkan penilaian apapun terhadap  masyarakat akibat  perseteruan ini. Namun dia tetap optimis bahwa PKS selalu berkomitmen untuk  membangun bangsa.

“Terserah pihak manapun ingin menilai, tapi saya yakin PKS selalu punya
komitmen,” pungkasnya.(ape/ndr)

source: detiknews

Masalah Teknik Ganggu Persiapan Satrio

Posted: 21 Nov 2008 11:12 AM CST


Reky Herling Kalumata - detiksport

Sepang - Tim A1GP Indonesia telah menjalani sesi latihan Jumat (21/11/2008) di Sepang. Namun mobil A1GP Indonesia sempat mengalami masalah teknik yang sempat mengganggu Satrio Hermanto.  

Satrio turun di sesi latihan pertama dan mencatat waktu tercepat ke-19 di sirkuit Sepang, Malaysia. Sedangkan di sesi rookie di pagi hari, Zahir Ali berada di posisi ke-14 meskipun catatan waktunya lebih lambat dua detik dari Satrio.

Meski demikian, persiapan tim A1GP Indonesia menghadapi A1GP Sepang mendapatkan masalah. Saat Zahir melaju di sesi pagi, mobil mengalami masalah teknik yaitu masalah pada pompa minyak.

Kru tim A1GP Indonesia pun langsung bekerja dengan cepat untuk mengatasi masalah tersebut. Tentu saja masalah teknik tersebut cukup mempengaruhi laju Satrio yang tampil di sesi sore hari.

“Ini sedikit membuat frustasi dan saya tak punya kesempatan untuk menyelesaikannya. Saya hanya masuk dan keluar lap mencoba mencari jalan keluar masalah teknik ini,” ungkap Satrio dalam rilis yang diterima detiksport.

“Saya mengenal sekali trek di sini, jadi ini sangatlah mengecewakan tidak bisa mendapatkan umpan balik dan data untuk dapat membantu tim. Namun saya sangat menikmati dapat kembali melaju dengan mobil A1GP,” ujarnya.

Sementara Tim Manager, Tim A1 Indonesia, Bobby Issazahde, berharap masalah ini dapat diselesaikan. “Kami berharap masalah ini bisa selesai di awal akhir pekan ini dan bisa memulai melakukan kemajuan yang nyata besok pagi.”


( key / key )

source: detiksport

Ribuan Obat Kuat Disita dari Medan

Posted: 21 Nov 2008 11:06 AM CST


Khairul Ikhwan - detikNews



Foto: Ilustrasi

Medan -
Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Medan menyita ribuan obat kuat berbahaya. Tercatat selain 22 jenis obat kuat, petugas juga menemukan obat-obatan tradisional yang terindikasi mengandung zat kimia berbahaya.

Dalam razia yang digelar di sejumlah daerah, Jumat (21/11/2008). Obatan-obatan yang jumlahnya sekitar 30 ribu kapsul itu, disita petugas dari sejumlah apotik dan toko obat serta distributor di berbagai daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Di antaranya dari Kabupaten Deli Serdang, Kota Pematang Siantar dan Tebing Tinggi. Temuan itu kemudian diamankan ke gudang BBPOM Medan di Jl Willem
Iskandar, Medan.

Beberapa obat yang disita termasuk dalam daftar obat kuat berbahaya, seperti
tripoten, sex men dan sanomale. Petugas juga menyita sejumlah jamu tradisional seperti gali-gali buatan dalam negeri dan obat kuat asal Cina yang terindikasi mengandung bahan berbahaya.

Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Medan Djamidin Manurung menyatakan, jamu tradisional yang mengandung bahan kimia berbahaya ini juga berdampak fatal hingga menyebabkan kematian.

“Seluruh barang yang disita ini, selanjutnya akan diuji ulang di labotorium POM untuk mengetahui kandungan zat kimia di dalam komposisinya. Setelah akan
dimusnahkan,” ujar Manurung kepada wartawan di Medan.

Menurut Manurung lagi, rencananya BBPOM akan terus melakukan razia serupa hingga ke seluruh kawasan di Sumatera Utara. Selain itu masyarakat juga diharapkan tidak lagi mengkonsumsi obat dan jamu tersebut agar terhindar dari efek negatif bagi kesehatan.(rul/ndr)

source: detiknews

Jelang APEC, Pengamanan di Lima Diperketat

Posted: 21 Nov 2008 11:06 AM CST


Arifin Asydhad - detikNews



Lima -
Menjelang digelarnya APEC Economic Leader's Meeting  (AELM) atau KTT APEC, suasana Lima, ibukota Peru, tampak meriah. Bendera anggota APEC dikibarkan di jalan-jalan. Sementara pengamanan di kota tampak diperketat.

Pemantauan wartawan detikcom Arifin Asydhad di Lima, pengetatan keamanan itu dilakukan di sejumlah jalan utama dan di pusat pertokoan-pertokoan. Sepanjang jalan utama di tengah kota dari Air Wing 2 Pangkalan Angkatan Udara Callao hingga Hotel Melia Lima yang beralamatkan di Jalan Salaverry 2599, dipenuhi dengan aparat kepolisian dan tentara.

Mereka stand by di sejumlah titik. Mereka mengenakan senjata laras panjang dan bertopi baja. Pengetatan keamanan ini wajar saja, karena para pemimpin negara APEC terus berdatangan ke Lima. Selain Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sejumlah pemimpin negara lainnya juga sudah tiba di ibukota Peru ini. Antara lain Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, PM Papua Nuigini , Presiden Korea, PM Malaysia, Presiden China, dan PM Vietnam.

Selain pengetatan keamanan, penyambutan Peru terhadap diselenggarakannya KTT APEC adalah banyaknya bendera negara-negara APEC yang dikibarkan di sejumlah titik. Salah satunya terlihat di dekat Hotel Melia Lima. Bendera-bendera yang dikibarkan berukuran cukup besar.

Proses kegiatan APEC akan dimulai hari ini, Jumat (21/11/2008) siang. Menteri Perdagangan Indonesia Mari E Pangestu akan menjadi pembicara dalam seminar terkait APEC di Kementerian Pertahanan (Ministry of Defence) sekitar pukul 13.00 atau pukul 23.00 WIB.

Pada pukul 16.20, Presiden SBY akan berbicara di APEC CEO Summit 2008 Sesi ke-7 di National Museum. Presiden SBY akan memberikan keynote speech dengan tema 'Economic Growth and Poverty Alleviation: What Are the Challenges for APEC'S Developing Economies.'

Kemudian pada Sabtu (22/11/2008) siang, Presiden SBY akan menghadiri pertemuan sesi pertama APEC Economic Leader's Meeting  (AELM) di Bolognesi Room, Ministry of Defence. Pertemuan antara pemimpin-pemimpin negara ini akan membahas mengenai 'WTO Negotiation, Regional Economic Integration, Structural Reform, Global Economic Outlook'.

Pertemuan dilanjutkan dengan Dialog Pemimpin Ekonomi dengan APEC Business Advisory Council (ABAC). Setelah itu, Presiden SBY akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM Australia Kevin Rudd.

Minggu pagi (23/11/2008), Presiden SBY kembali akan menghadiri sesi kedua APEC Economic Leaders Meeting (AELM). Pertemuan kedua ini akan membahas 'Global Economic Outlook, Climate Change, Human Security”. Pada siang harinya, para pemimpin APEC akan membacakan dekarasi KTT APEC 2008.(asy/asy)

source: detiknews