Kamis, 27 November 2008

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

Penutupan Bandara di Bangkok Rugikan Thailand US$ 2,8 Miliar

Posted: 27 Nov 2008 03:42 PM CST


Shohib Masykur - detikNews

Bangkok -
Ditutupnya 2 bandara di Bangkok oleh para demonstran mengakibatkan kerugian sebesar 100 miliar baht atau US$ 2,83 miliar. Militer pun terpaksa turun tangan.

“Kabinet mengakui kerugian ekonomi awal dengan ditutupnya Bandara Suvarnabhumi mencapai 100 miliar baht,” ujar Menteri Kebudayaan Worovat Auapinyakul usai mengikuti rapat kabinet darurat di Chiang Mai seperti dikutip AFP, Kamis (27/11/2008).

Perdana Menteri Thailand Somchai Wongswat mengadakan rapat kabinet darurat setelah para demonstran menduduki Bandara Internasional Suvarnabhumi malam Rabu dan memblokade Bandara Don Mueang Kamis pagi. Dari rapat itu diputuskan militer akan turut serta membantu polisi memadamkan kerusuhan.

“Kabinet setuju memberlakukan kondisi darurat di kedua bandara itu… dan menugaskan militer untuk membantu polisi mengatasi situasi secepat mungkin untuk mencegah berlanjutnya kekacauan,” lanjutnya.

Para demonstran telah menduduki kedua bandara itu untuk menuntut PM Somchai mundur. Mereka menganggap saudara ipar mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra itu korup dan hanya menjadi boneka Thaksin.(sho/sho)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Penutupan Bandara di Bangkok Rugikan Thailand US$ 2,8 Miliar

Sambungan Listrik Diputus, Kawasan Banjir Samarinda Gelap Gulita

Posted: 27 Nov 2008 02:48 PM CST


Rois Jajeli - detikNews

Samarinda -
Banjir yang melanda 7 Kelurahan di Kecamatan Samarinda Utara dan 2 Kelurahan di Kecamatan Samarinda Ulu memaksa PLN mematikan 60 gardu transmisi listrik yang melayani sekitar 4.500 orang pelanggan. Akibatnya, kawasan yang dilanda banjir saat ini gelap gulita, termasuk beberapa ruas jalan di Kota Samarinda.

“Kita padamkan karena ketinggian air terus bertambah. Jangan sampai ada yang jadi korban kesetrum,” kata Manajer PT PLN Cabang Samarinda Rayon Samarinda Ilir, Sugeng Prapto, kepada detikcom, Jumat (28/11/2008) dini hari.

Menurut Sugeng, pemadaman akan terus dilakukan hingga 60 gardu tersebut dinilai aman dari banjir. Saat ini waktunya belum bisa ditentukan. Banjir yang terus meluas membuat PLN was-was. Setelah Kelurahan Temindung Permai dan Kelurahan Gunung Lingai menyusul dilanda banjir, saat ini ketinggian air bertahan pada kisaran 1,5 m. “Jujur saja saya sampai tidak bisa tidur,” ujar Sugeng.

Pantauan detikcom, pemukiman warga dan ruas jalan protokol yang terendam banjir di antaranya adalah Jl Dr Sutomo, Jl Letjend S Parman, Jl Jenderal Ahmad Yani, serta Jl M Yamin. Jalan-jalan ini tampak lengang dan gelap gulita. Di Jl M Yamin, kantor RRI Samarinda terancam terendam banjir setelah genangan air mulai memasuki halaman parkir.

“Biasanya tidak pernah tergenang air seperti ini,” kata Nurfandi, salah satu warga yang bertetangga dengan kantor RRI Samarinda.

Saat ini, petugas Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kota Samarinda tampak masih bersiaga di berbagai titik banjir. Mereka terus memantau ketinggian air dan mengevakuasi warga yang belum mengungsi. “Sepertinya air bertahan. Mudah-mudahan tidak turun hujan,” ujar petugas Satlak PB, Syafrudin, penuh harap.(roi/sho)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Sambungan Listrik Diputus, Kawasan Banjir Samarinda Gelap Gulita

Rossi Tercepat di Akhir 2008

Posted: 27 Nov 2008 02:12 PM CST


Doni Wahyudi - detiksport


Reuters

Jerez - Ujicoba terakhir tahun 2008 yang dilangsungkan di Sirkuit Jerez menampilkan Valentino Rossi sebagai yang tercepat. Sang juara dunia menggeser Dani Pedrosa yang gantian duduk di urutan dua.

Di hari kedua sekaligus hari terakhir ujicoba Jerez, Kamis (27/11/2008) waktu setempat,  Rossi yang menggunakan motor musim 2008 serta purwa rupa motor 2009, mencatat waktu tercepat satu menit 39,429 detik. Dia unggul 0,018 detik atas Dani Pedrosa yang menjadi pembalap tercepat kedua.

Rossi dan Pedrosa menjadi satu-satunya pembalap yang mencatat waktu di bawah 100 detik. Jorge Lorenzo yang duduk di posisi ketiga catatan terbaiknya adalah satu menit 40,426 detik.

Tampil cukup menjanjikan dalam sesi ini adalah tim Honda Gresini yang menempatkan Toni Elias di posisi empat dan Alex de Angelis yang menguntit tepat di belakangnya. Sementara satu-satunya pembalap Ducati yang berlaga, Nicky Hayden, berada di posisi keenam, meski catatan waktunya sama dengan yang ditorehkan De Angelis.

Dari deretan pembalap rookie, Mika Kallio yang membalap untuk Alice Team menjadi yang tercepat setelah duduk di posisi tujuh. Sementara pembalap veteran, Sete Gibernau bercokol di posisi sembilan bersama tim anyar Onde 2000 Ducati.

Hasil ujicoba hari kedua Jerez
Pos  Rider             Team                     Time              Laps
 1.  Valentino Rossi   Fiat Yamaha Team         1:39.429          54
 2.  Dani Pedrosa      Repsol Honda             1:39.447 + 0.018  47
 3.  Jorge Lorenzo     Fiat Yamaha Team         1:40.426 + 0.997  58
 4.  Toni Elias        San Carlo Honda Gresini  1:40.448 + 1.019  56
 5.  Alex De Angelis   San Carlo Honda Gresini  1:40.486 + 1.057  49
 6.  Nicky Hayden      Ducati Marlboro Team     1:40.486 + 1.057  70
 7.  Mika Kallio       Alice Team               1:40.564 + 1.135  54
 8.  Colin Edwards     Tech3 Yamaha             1:40.604 + 1.175  39
 9.  Sete Gibernau     ONDE 2000 Ducati         1:40.856 + 1.427  48
10.  Andrea Dovizioso  Repsol Honda             1:40.966 + 1.537  46
11.  Niccolo Canepa    Alice Team               1:41.077 + 1.648  48
12.  James Toseland    Tech3 Yamaha             1:41.740 + 2.311  45
13.  Tonio Guareschi   Ducati Marlboro Team     1:42.906 + 3.477  46
14.  Yuki Takahashi    Scot Racing Team         1:42.918 + 3.489  60
( din / arp )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Rossi Tercepat di Akhir 2008

Pemerintah Thailand Umumkan Status Darurat di 2 Bandara

Posted: 27 Nov 2008 02:12 PM CST


Shohib Masykur - detikNews



(Reuters)

Bangkok -
Pemerintah Thailand di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Somchai Wongsawat mengumumkan diberlakukannya status darurat untuk dua bandara komersial di Bangkok pada hari Kamis, 27 November. Polisi juga diterjunkan untuk menangani para demonstran yang menduduki bandara.

Seperti dilansir New York Times, Kamis (27/11/2008), perintah itu datang setelah kabinet malakukan rapat di sebelah utara kota Chiang Mai. Lokasi itu sengaja dipilih untuk menghindari bentrok dengan para demonstran yang selain menduduki bandara di Bangkok juga menduduki kantor Perdana Menteri. Sebelumnya, di tengah rumor adanya kudeta, juru bicara pemerintah memerintahkan militer untuk 'tetap di barak.'

Hingga Rabu sebelumnya, penerbangan domestik masih beroperasi di bandara Don Muang yang merupakan bandara tertua di Bangkok. Dengan ditutupnya bandara Don Muang pada hari Kamis kemarin, berarti jalur penerbangan dari dan menuju Bangkok telah terputus total. Para demonstran bersumpah tidak akan melepaskan bandara hingga Shomchai lengser dari jabatannya sebagai PM.

Para pendukung pemerintah telah membentuk sebuah kelompok yang dinamakan kelompok baju merah. Kelompok ini mulai tidak sabar dengan ulah para demonstran. Salah satu pimpinan kelompok itu, Weera Musikapong, dalam konferensi persnya mengatakan, 'jalan keluar paling baik' untuk krisis ini adalah dengan menaati hukum.

“Tapi jika pemerintah tidak bertindak hari ini atau besok, kelompok baju merah dan warga lainnya harus bertindak,” ujarnya.

Dalam beberapa kesempatan, para demonstran telah bentrok dengan kekuatan pendukung pemerintah selama beberapa bulan terakhir. Dua orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat bentrokan tersebut.

Menteri Pariwisata Thailand Weerasak Kohsurat mengatakan, pemerintah akan segera mulai mengevakuasi ribuan turis yang terlantar dan membawa mereka keluar dari Thailand melalui pangkalan militer di dekat Bangkok. Para turis itu akan diterbangkan dengan Thai Airways menuju Singapura atau Malaysia.

Pemerintah juga mengatakan, mereka akan memperbolehkan salah satu pangkalan udara militer, Bandara U-Tapao, untuk digunakan oleh penerbangan komersial. Bandara ini dulu pernah digunakan oleh tentara Amerika Serikat selama Perang Vietnam.

Tahun lalu, bandara ini hanya mampu menampung rata-rata 100.000 penumpang setiap hari dari dan menuju Bandara Internasional Suvarnabhumi. Terminal bandara ini mampu menampung 400 orang dan tempat parkirnya mampu menampung 100 kendaraan. Jarak bandara ini dari Bangkok sekitar 120 mil atau 2 jam perjalanan dengan mobil.

Penyanderaan bandara di Bangkok ini tergolong radikal bahkan untuk standar Thailand yang sering bergejolak. Meski sering terjadi kudeta militer dan pergantian pemerintahan selama beberapa dekade terakhir, namun aktivitas keseharian birokrasi di Thailand sebelumnya tidak pernah terganggu.

Ketika terjadi kudeta pada tahun 2006 lalu, bandara di Thailand beroperasi seperti biasa dan hanya mengalami sedikit gangguan. Meski terjadi kegoncangan politik, Thailand biasanya tetap mampu mengelola pelayanan-pelayanan penting seperti listrik dan kesehatan dengan baik.

Tetapi dengan ditutupnya 2 bandara minggu ini dan adanya pendudukan kantor PM sejak Agustus lalu, sekarang politik telah mempengaruhi secara langsung banyak dalam aspek kehidupan warga Thailand.

Menteri Luar Negeri Thailand Sompong Amornwiwat mengatakan, pemerintah tengah mempertimbangkan menunda pertemuan puncak ASEAN yang dijadwalkan bulan depan karena adanya krisis tersebut.

(sho/sho)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Pemerintah Thailand Umumkan Status Darurat di 2 Bandara

Krisis Ekonomi Global Pengaruhi Iklan Gerindra.

Posted: 27 Nov 2008 01:24 PM CST


Hery Winarno - detikNews



Jakarta -
Krisis ekonomi global yang tengah melanda dunia berpengaruh terhadap Partai Gerindra. Iklan partai berlambang kepala Garuda itu terpaksa dikurangi durasinya untuk menghemat biaya.

“Ada penyesuaian antara pendapatan dengan pengeluaran. Toh dalam iklan Gerindra sudah ada bagian-bagian yang dihilangkan, seperti menghilangkan bendera. Itukan bagian dari penyesuaian,” ujar Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

Hal itu dia katakan saat ditemui usai acara pengajian pelepasan haji di rumah dai kondang KH Zainuddin MZ di kediamannya, Jl Haji Aom, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/11/2008).

Meski dengan nada bercanda, hal itu dibenarkan oleh Ketua Dewan Pembina Partai yang juga menjadi capres Gerindra, Prabowo Subianto.

“Oh pasti, Mas,” ujarnya seraya tertawa.

Menurut Muzani, biaya kampanye Gerindra diperoleh dari para caleg dan simpatisan. “Namun saat ini ada yang belum masuk partai,” imbuhnya.

(sho/sho)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Krisis Ekonomi Global Pengaruhi Iklan Gerindra.

Sekjen Gerindra: Gerindra Adalah ‘PPP’

Posted: 27 Nov 2008 01:06 PM CST


Hery Winarno - detikNews



Jakarta -
Partai Gerakan Indoensia Raya (Gerindra) telah melakukan pendekatan dengan beberapa parpol, di antaranya PAN, PPP, PKS, dan PDS. Namun pembicaraan dengan parpol-parpol itu belum menyentuh sisi substansi, yakni pencapresan. Bagi Gerindra, pencapresan Prabowo tampaknya tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Subtansi itu mengenai siapa yang nantinya akan diusung jadi calon presiden. Sedangkan kalau dari kami sendiri, Prabowo itu sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi, itu sudah harga mati. Kita inikan 'PPP,' Partai Pengusung Prabowo, haha..” ujar Sekjen Gerindra Ahmad Muzani seraya tertawa.

Hal itu dia katakan saat ditemui usai acara pengajian pelepasan haji di rumah dai kondang KH Zainuddin MZ di kediamannya, Jl Haji Aom, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/11/2008).

Menurut Muzani, koalisi antarpaprol dijalin tidak semata-mata untuk mengantarkan seseorang menjadi presiden. “Tetapi yang lebih penting adalah untuk menguatkan stabilitas pemerintahan, baik di eksekutif maupun di legislatif, agar pemerintahan menjadi kuat,” lanjutnya.(sho/sho)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Sekjen Gerindra: Gerindra Adalah ‘PPP’

Tol Menuju Bandara Soekarno-Hatta Ditutup Selama 5 Jam

Posted: 27 Nov 2008 12:12 PM CST


Shohib Masykur - detikNews

Jakarta -
Jalur tol menuju Bandara Seokarno-Hatta, Cengkareng, Banten, ditutup selama 5 jam. Penutupan dilakukan karena ada pemasangan tiang jembatan.

“Ditutup karena ada pemasangan tiang jembatan,” ujar petugas Traffic Management (TMC) Polda Metro Jaya, Bripda Sulstyo Tata, saat dihubungi detikcom, Jumat (28/11/2008) pukul 12.45 WIB.

Penutupan dilakukan pada Km 21 mulai pukul 23.00 WIB hingga 04.00 WIB. Akibat penutupan ini, diberlakukan contra flow dari Km 21 hingga menjelang gerbang tol Kapuk. Di sepanjang jalur itu, jalur tol di sebelahnya yang tidak ditutup digunakan untuk lalu lintas dua arah.(sho/sho)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Tol Menuju Bandara Soekarno-Hatta Ditutup Selama 5 Jam

Taufik Melenggang, Andre Terjengkang

Posted: 27 Nov 2008 12:06 PM CST


Doni Wahyudi - detiksport


AFP/Kozuhiro Nogi

Hong Kong - Dua tunggal putra Indonesia meraih hasil berbeda di babak ketiga Hong Kong Open Super Series. Taufik Hidayat melenggang setelah menundukkan Lu Yi, sementara Andre Kurniawan Tedjono dikandaskan Lin Dan.

Dalam pertandingan babak ketiga yang berlangsung Kamis (27/11/2008) malam waktu setempat, Taufik yang ditempatkan sebagai unggulan tujuh menang dua set langsung. Dalam tempo 42 menit, pebulutangkis andalan Indonesia itu menang 21-16 dan 21-19.

Menghadapi pebulutangkis muda asal Cina tersebut, Taufik sempat dibuat kesulitan di awal set pertama. Sempat menyamakan kedudukan di angka 5-5 setelah sebelumnya tertinggal 1-5, perolehan poin Taufik kembali terkejar 12-13 di tengah laga. Namun setelah itu Taufik melaju mulus menyudahi set pertama dan mengunci lawannya di angka 16.

Pertarungan di set kedua semakin sengit. Kedua pebulutangkis sempat saling susul perolehan poin hingga 11 kali. Ketatnya perolehan poin sejak angka pertama berlanjut hingga keduanya sempat sama-sama meraih angka 18-18. Di situlah Taufik mampu melepaskan diri untuk kemudian memastikan tiket ke babak perempatfinal dengan 21-19.

Di babak delapan besar Taufik akan menghadapi Wong Wing Ki yang pada pertandingan lainnya menundukkan wakil Belanda, Eric Pang dengan 21-16 dan 21-16.

Langkah Taufik ke babak ketiga gagal diikuti Andre Kurniawan Tedjono. Menghadapi Lin Dan yang diunggulkan pada posisi dua, Andre menyerah straigt set 12-21 dan 14-21. Di babak berikutnya Lin Dan akan menantang Park Sung Hwan yang asal Korea Selatan dan ditempatkan sebagai unggulan delapan.

Indonesia sebelumnya sudah meloloskan tiga wakilnya di nomor ganda yakni Vita Marissan/Liliyana Natsir, Nova Widianto/Liliyana Natsir serta Markis ido dan Hendra Setiawan. Sementara di nomor tunggal putri Pia Zabadiah disingkirkan Xie Xiangfang.
( din / arp )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Taufik Melenggang, Andre Terjengkang

Demi Tarik Investor, Pedagang Besar Farmasi Dilarang Impor Obat

Posted: 27 Nov 2008 11:54 AM CST


Shohib Masykur - detikNews



(Foto: Dok. detikcom)

Jakarta -
Pedagang Besar Farmasi (PBF) tidak lagi boleh mengimpor obat-obatan dari luar negeri. Larangan ini dimaksudkan agar para investor di bidang industri kesehatan bersedia menanamkan modalnya di Indonesia.

Larangan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI 1010/MENKES/PER/XI/2008 tanggal 3 November 2008 tentang Registrasi Obat. Sebelumnya, berdasarkan Keputusan Menkes No 1191/2002, PBF diberi kewenangan untuk melakukan impor obat. Padahal PBF ini tidak memiliki fasilitas produksi di Indonesia.

“Itu sangat merugikan. Seharusnya obat diimpor oleh industri obat. Kalau PBF bisa begitu, semua memilih menjadi PBF saja dan para investor di sini bisa lari semua. Justru dengan Keputusan Menkes No 1010/2008 ini diharapkan investor datang ke Indonesia,” ujar Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (27/11/2008).

Dengan Kepmen yang baru, perusahaan yang boleh mengimpor obat dari luar negeri adalah industri farmasi. Obat impor ini harus diregistrasi lagi di Indonesia untuk menjamin keamanan, khasiat, dan mutunya sampai dengan pascapemasaran. Registrasi obat impor hanya boleh dilakukan industri farmasi dalam negeri yang mendapat persetujuan tertulis dari industri farmasi di luar negeri.

“Saya menginginkan keadilan. Saya tidak anti bekerja sama dengan asing. Tetapi saya ingin bekerja sama dengan adil. Indonesia punya pangsa pasar paling besar di ASEAN, mungkin terbesar setelah India dan China. Penduduk Indonesia 220 juta, sementara 30 persen dari jumlah itu masih membeli obat yang mahal. Bangunlah pabrik di Indonesia agar keuntungannya mengalir ke rakyat, karena bisa mengurangi pengangguran”, lanjut Menkes.

Berdasarkan Kepmen yang baru itu, registrasi obat baik produksi dalam negeri, obat impor, obat khusus untuk ekspor, maupun obat yang dilindungi paten hanya bisa dilakukan industri farmasi. Impor obat diutamakan untuk obat program kesehatan masyarakat, obat penemuan baru, dan obat yang dibutuhkan tetapi tidak dapat diproduksi di dalam negeri.(sho/sho)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Demi Tarik Investor, Pedagang Besar Farmasi Dilarang Impor Obat

Siap Kejar Rekor Schumi, Hamilton?

Posted: 27 Nov 2008 11:48 AM CST


Kris Fathoni W - detiksport


REUTERS

London - Usai merengkuh titel juara dunia 2008, Lewis Hamilton diprediksi bisa memburu rekor Michael Schumacher. Hamilton sendiri mengaku masih belum teramat kepikiran untuk melakukannya.

Menjalani debut musim lalu, karir Hamilton melesat bak meteor. Kalau pada musim pertama dia hanya jadi runner-up, pada musim kedua dia mampu jadi juara dunia.

Predikat terhebat di lintasan 'Jet Darat' untuk musim 2008 itu sekaligus juga membuat Hamilton mencatatkan diri sebagai juara dunia termuda.

Mengingat usia Hamilton yang baru akan genap 24 tahun pada 7 Januari mendatang, banyak yang menilai titel juara dunia ini baru yang pertama. Lainnya niscaya menyusul di musim-musim berikutnya.

Alhasil, tak sedikit pula yang lantas memprediksi pembalap McLaren tersebut akan bisa menyamai raihan Schumi yang telah memenangi tujuh gelar juara dunia sebelum pensiun pada usia 37 tahun.

Lalu, tanggapan Hamilton sendiri? Dia jelas ingin terus menang, walau belum terlalu bertekad mengejar dan menyamai, atau bahkan melebihi capaian Schumi.

“Akan selalu ada hal lebih yang bisa dicapai. Aku pasti ingin memenangi banyak balapan dan titel juara dunia F1. Tapi saya belum yakin ingin melakukan apa yang dibuat Michael Schumacher dan memenangi semua titel itu.”

“Aku akan bahagia terus menang, tapi aku belum terlalu terfokus pada hal tersebut (rekor Schumi),” aku Hamilton kepada suratkabar Woking News & Mail yang dikutip Autosport.


( krs / din )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Siap Kejar Rekor Schumi, Hamilton?