Minggu, 23 November 2008

plinplan.com

plinplan.com

Pemimpin APEC Foto Bersama Kenakan Ponco Coklat

Posted: 23 Nov 2008 03:36 PM CST


Arifin Asydhad - detikNews



Lima -
Pertemuan pimpinan APEC 2008 diakhiri dengan sesi foto bersama. Para pemimpin negara APEC mengenakan ponco, pakaian khas Peru, warna coklat. Mereka tampak tersipu saat mengenakan pakaian itu.

Sesi foto bersama ini digelar di halaman depan auditorium Gedung Kementerian Pertahanan, Lima, Peru, Minggu (23/11/2008), tempat di selenggarakannya pertemuan puncak pimpinan APEC. Foto bersama diambil dengan berganti-ganti background. Salah satunya dengan background gambar Machu Pichu, sebuah situs mirip candi yang menjadi daya tarik wisata Peru.

Sesi foto bersama ini dipimpin oleh Presiden Peru Alan Garcia. Para fotografer mengabadikan momen bersejarah. Para pemimpin APEC juga tampak bergembira. Dalam satu sesi, mereka tampak melambaikan tangan.

Seusai foto bersama, para pemimpin APEC ini kemudian menuju Istana Presiden Peru. Mereka diundang makan siang oleh Presiden Peru sekaligus saling berpamitan untuk kembali ke negaranya.

Presiden SBY sendiri akan bertolak dari Lima menuju Indonesia pada Senin (24/11/2008) pagi atau Senin malam WIB. Presiden SBY dan rombongan diperkirakan akan tiba di Jakarta hari Rabu (26/11/2008) pukul 06.00 WIB.(asy/asy)

source: detiknews

Obama Segera Umumkan Tim Ekonomi

Posted: 23 Nov 2008 02:12 PM CST


Taufiqqurrahman - detikNews



Jakarta -
Presiden AS terpilih Barack Obama pada hari Senin (24/11/2008) akan mengumumkan tim ekonomi dalam kabinetnya nanti. Hal ini dilakukan sebagai rangsangan ekonomi untuk mengangkat AS keluar dari krisis keuangan terburuk dalam beberapa dekade terakhir ini.

Obama yang biasanya berlatih di sebuah gym pada Minggu (23/11/2008) ini tidak terlihat. Ia membatalkan latihannya untuk mempersiapkan pengumuman yang akan dilakukannya terkait para calon pemimpin ekonomi dalam kabinetnya sebagai upaya untuk menghidupkan kembali perekonomian AS.

Dua nama yang disebut-sebut adalah Geithner Timotius (47), Presiden dari Bank Federal New York sebagai Sekretaris Keuangan negara. Lalu Lawrence Summers (53), mantan Sekretaris Keuangan di bawah pimpinan Presiden Bill Clinton, dicalonkan sebagai direktur Dewan Ekonomi Nasional seperti dilansir Reuters, Minggu (23/11/2008)

Keduanya telah bekerja sama pada era Clinton dan sangat dihormati di dunia keuangan. Bahkan, harga saham AS naik lebih dari 6 persen ketika bocoran tentang pengangkatan Geithner akan dilakukan oleh Obama pada Jumat lalu.

Obama dikenal sebagai orang yang agresif. Kebijakannya tentang paket rangsangan ekonomi selama dua tahun, termasuk pemotongan pajak bagi kelas menengah.

Meskipun Obama baru akan menempati posisinya sebagai presiden AS masih dalam dua bulan lagi, tim Obama sudah mulai bekerja untuk menangani masalah ekonomi ini. Rencananya, ia akan dilantik pada 20 Januari 2009.
(mad/mad)

source: detiknews

Verdasco Terbangkan Piala Davis ke Spanyol

Posted: 23 Nov 2008 01:18 PM CST


Arya Perdhana - detiksport


AFP/Juan Mabromata

Mar Del Plata - Fernando Verdasco menjadi pahlawan Spanyol di final Piala Davis 2008. Berkat kemenangan Verdasco atas Jose Acacuso, Spanyol berhak membawa pulang Piala Davis karena menang 3-1.

Di Mar Del Plata, Senin (24/11/2008) dinihari WIB, Verdasco yang mengisi peran David Ferrer, berhasil mengungguli Acacuso –yang uniknya juga berstatus pengganti– dengan skor 6-3, 6-7, 4-6, 6-3, 6-1.

Acacuso yang menggantikan petenis nomor satu Argentina, Juan Martin del Potro, yang cedera, di atas kertas adalah underdog di hadapan Verdasco. Indikasinya, bila Verdasco berperingkat 16 dunia, Acacuso berada 32 tingkat di bawahnya.

Tapi Acacuso tidak membuat hidup jadi lebih mudah bagi Verdasco. Setelah kalah di set pertama, ia bangkit dan memenangi dua set berikut serta terlihat menjanjikan untuk menyudahi pertandingan sebagai pemenang sekaligus memperpanjang nafas Argentina.

Di set keempat inilah, mental bicara. Verdasco berhasil sekali mematahkan servis Acacuso di set keempat dan menguasai set ini. Di set kelima, Verdasco sudah di atas angin dan menutup set dengan relatif mudah.

“Ini adalah mimpi. Saya menginginkan kesempatan ini semenjak saya masih kanak-kanak. Sedikit orang yang bisa mendapatkannya, lebih sedikit lagi orang yang mengambil peluang itu,” luap Verdasco seperti dilansir Reuters.

Titel juara ini membuat Spanyol sudah tiga kali menjadi yang terbaik di kancah pertenisan beregu putra dunia. Sebelumnya, tim 'Matador' memenangi gelar yang sama pada tahun 2000 dan 2004.

Sebaliknya bagi Argentina, hasil ini mengubur impian mereka untuk kali pertama berhasil menjadi yang terbaik. Sebelumnya, tim Amerika Selatan ini dua kali gagal di tahun 1981 dan 2006. Untuk kali pertama pula dalam 10 tahun, Argentina takluk di kandang sendiri.


( arp / din )

source: detiksport

Sebar Ajaran Nazi, 8 Pemuda Yahudi Masuk Bui

Posted: 23 Nov 2008 01:06 PM CST


Taufiqqurrahman - detikNews

Tel Aviv -
Luka akibat peristiwa pembantaian warga Yahudi oleh rezim Hitler rupanya masih membekas bagi Israel. Pengadilan Israel memvonis 8 pemuda Yahudi karena melakukan penyebaran ajaran neo-Nazi pasca Holocaust di Tel Aviv, Israel.

Hakim Zvi Gurfinkel mengungkapkan, para pemuda itu berumur antara 16-19 tahun. Mereka dipidana 1 hingga 7 tahun dengan tuduhan menyebarkan kepanikan dan ketakutan sepanjang tahun dengat target para pekerja asing, pengikut ultra-Ortodoks Yahudi dan para pria tunawisma, seperti dilansir Reuters, Minggu (23/11/2008)

Hakim juga menjelaskan, kelompok pemuda ini berencana untuk menyerang negara-negara Arab. Mereka adalah para imigran yang berasal bekas negara Uni Soviet.

Pihak pengadilan menjelaskan, salah satu faktor yang melatarbelakangi perbuatan mereka adalah ketidakmampuan para pemuda tersebut untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Akibatnya mereka bergabung dengan kelompok pro-Hitler yang memposting video klip diktator tersebut di internet.

Pengadilan menyita rekaman video yang digunakan oleh para pemuda tersebut untuk melakukan berbagai penyerangan di internet. Mereka juga dituntut dengan hukuman karena telah memasang lukisan swastika dan merencanakan perayaan pesta ulang tahun untuk Hitler. Hakim pun memperlihatkan dokumen tersebut di pengadilan

Sekitar satu juta imigran Yahudi asal Rusia dan negara bekas Uni Soviet pindah ke Israel sejak kejatuhan rezim komunis tahun 1990. Beberapa telah memperoleh peningkatan dalam karir politik dan industri sedangkan yang lainnya berjuang untuk berintegrasi, termasuk ribuan orang yang tidak diakui oleh pihak lembaga agama Yahudi.(mad/mad)

source: detiknews

Webber Bakal Tampil di Seri Perdana

Posted: 23 Nov 2008 12:24 PM CST


Doni Wahyudi - detiksport


Reuters

Tasmania - Karena kecelakaan yang dialaminya, Mark Webber tak akan ikut beberapa sesi ujicoba pra musim. Tapi pembalap Red Bull itu diharapkan akan tampil pada seri perdana di GP Australia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Webber akhir pekan kemarin mengalami kecelakaan saat mengikuti acara “Mark Webber Pure Tasmania Challenge”. Akibat insiden tersebut, pembalap Red Bull asal Australia itu mengalami patah kaki.

Usai dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi, Webber hampir dipastikan tak akan berpartisipasi di beberapa sesi ujicoba pra musim. Meski demikian pembalap 32 tahun itu diharapkan akan pulih sebelum seri perdana musim 2009 di GP Australia dihelat pada 29 Maret mendatang.

“Mark akan tinggal di Tasmania untuk beberapa hari sebelum melanjutkan pemulihannya di Inggris. Sepertinya dia akan absen di ujicoba musim dingin, kami berharap Mark akan berada di lintasan Melbourne pada Maret mendatang,” demikian pernyataan tim Red Bull seperti diberitakan Crash.

Musim 2008 ini Webber duduk di posisi 11 klasemen akhir dengan 21 poin dikumpulkan. Hasil terbaik yang dia raih adalah finis keempat di Monaco dan menempati urutan lima di GP Spanyol.
( din / arp )

source: detiksport

Akibat Krisis Global, Dana Kampanye Golkar Turun 40 Persen

Posted: 23 Nov 2008 11:54 AM CST


Hery Winarno - detikNews



Jakarta -
Krisis keuangan global ternyata berimbas juga pada keuangan partai politik di Indonesia. Partai Golkar terpaksa menyusutkan anggaran kampanye untuk Pemilu 2009 sebesar 40 persen akibat krisis yang menimpa para pendonornya.

“Semua dana kampanye kan dari masyarakat dan pengusaha. Dengan adanya krisis ini semua kena imbasnya, termasuk penyederhanaan anggaran 30 sampai 40 persen,” ujar Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla.

Hal tersebut disampaikan kepada wartawan, usai membuka acara Pembekalan bagi Caleg DPR RI Partai Golkar di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Minggu malam (23/11/2008).

JK juga mengaku sedang mencari solusi untuk mengatasi permasalahan dana tersebut. Oleh karena itu ia meminta agar kader Golkar bekerjasama dan saling membantu demi memenangkan Pemilu 2009.

Selain itu, JK juga mengimbau agar seluruh Caleg Partai Golkar melakukan kampanye dengan cara sederhana. Hal ini dilakukan untuk menghemat anggaran kampanye 2009.

“Dengan caleg 2000 orang kita akan gotong royong, semua kampanyenya sederhana,” kata JK.(mad/mad)

source: detiknews

Hati-hati, Contra Flow di Tol Bandara Soekarno-Hatta

Posted: 23 Nov 2008 11:54 AM CST


Rachmadin Ismail - detikNews

Jakarta -
Bagi anda yang akan melintasi tol menuju Bandara Soekarno-Hatta, sebaiknya berhati-hati. Hingga pukul 03.00 WIB dini hari diberlakukan contra flow atau arah berlawanan bagi kendaraan dari arah Jakarta pada km 23 dan 22.

Sebagaimana dilansir situs TMC Polda Metro Jaya, contra flow ini diberlakukan karena sedang ada penurunan gelagar jembatan pada jalur tersebut. Penutupan yang dilakukan sejak pukul 22.00 WIB tersebut, dilakukan sepanjang 100 meter.

Hingga pukul 12.00 WIB, suasana di jalan tol dilaporkan masih dalam keadaan lancar. Namun sebaiknya para pengendara tetap berhati-hati karena cuaca gerimis, sehingga jalanan menjadi licin.(mad/mad)

source: detiknews

Prijanto: Semua Kritik Hanya Membela Kepentingan Pribadi

Posted: 23 Nov 2008 10:48 AM CST


Taufiqqurahman - detikNews



Jakarta -
Kebijakan sekolah masuk pukul 06.30 WIB mulai Januari 2009 di DKI Jakarta menuai banyak kritik dari berbagai kalangan. Namun kritik tersebut dianggap oleh Wagub DKI Jakarta Prijanto sebagai alasan untuk membela kepentingan pribadi saja.

“Saya sudah membaca berbagai berita dan pendapat. Semua masukan yang ditulis media cetak dan kritik itu hanya menempatkan pada posisi kepentingan pribadi,” ujarnya saat menghadiri acara Urang Minang Barelek Gadang di Rantau di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam (23/11/2008).

Prijanto mencontohkan, salah satu alasan penolakan kebijakan tersebut adalah karena orang tua khawatir anaknya tidak bisa bangun pagi. “Itu kan masalah pribadi,” imbuhnya.

Menurut Prijanto, semua pihak diwajibkan untuk sadar dan bersama-sama berjuang untuk mematuhi aturan tersebut. Berbagai alasan yang selama ini dilontarkan, semoga tidak menghambat pelaksaan aturan itu nantinya.

“Perlu dicatat bahwa jam 06.00 WIB pagi itu di Jakarta sudah 30 derajat Celcius, jadi tidak gelap lagi”, kata Prijanto.

Ia pun mengimbau pada seluruh guru dan siswa sekolah agar memahami tujuan dari adanya aturan ini. Menurutnya, bangun pagi untuk sekolah bukanlah sebuah momok yang menakutkan.

“Justru dia (anak sekolah) akan masuk lebih cepat karena jalanan masih sepi,” pungkasnya.(mad/mad)

source: detiknews

ICW Protes Penarikan 2 Perwira Polisi di KPK

Posted: 23 Nov 2008 09:54 AM CST


Rachmadin Ismail - detikNews

Jakarta -
Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia pada 14 November 2008  menarik dua perwiranya yang selama ini bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka adalah Brigadir Jenderal (Pol) Bambang Widaryatmo dan Ajun Komisaris Besar Polisi, Akhmad Wiyagus.

Langkah kepolisian tersebut menuai protes dari Indonesian Corruption Watch (ICW), karena dianggap sebagai upaya untuk melemahkan independensi KPK secara perlahan.
 
“Kondisi ini tidak saja mengancam indepedensi KPK namun juga upaya
pelemahanan KPK secara perlahan-lahan,” ujar anggota ICW Adnan Topan Husodo dalam rilis yang dikirim pada detikcom, Minggu (23/11/2008).

ICW memprotes pemindahan ini yang terkesan janggal. Sebagai contoh, alasan pemindahan posisi Bambang Widaryatmo dan Akhmad Wiyagus sebagai Direktur Penyidikan dan Direktur Pengaduan Masyarakat KPK menjadi Karo Litbang dan Kapolres Sumedang terkesan sebagai pembuangan bukan promosi.

“Padahal kedua orang tersebut sudah dinilai sebagai orang terbaik KPK,” lanjutnya.

Selain itu, pemindahan ini juga dinilai tergesa-gesa. Alasannya, kedua perwira polisi tersebut belum lama menjabat sebagai direktur di KPK.

“Dengan kata lain keputusan itu tidak dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pimpinan KPK secara kolegial,” kata Adnan.

Oleh karena itu, ICW mengimbau kepada KPK agar mengambil tindakan untuk mempertahankan kedua perwira Polri tersebut. Hal ini harus dilakukan mengingat peran keduanya yang cukup besar dalam pengungkapan kasus-kasus korupsi 'kakap'.

“Keduanya sesungguhnya merupakan aktor yang tidak terpisahkan dari
keberhasilan KPK selama ini,” kata Adnan.(mad/mad)

source: detiknews

KUAI Oslo Minta Hak ABK Indonesia Dijamin

Posted: 23 Nov 2008 09:36 AM CST


Eddi Santosa - detikNews



ABK RI Selamat dari Musibah Crete Cement

Oslo -
Enam ABK Indonesia selamat dalam musibah tenggelamnya kapal Norwegia, Crete Cement. KUAI meminta seluruh hak mereka dijamin dan dibayarkan.

Perusahaan pemilik kapal Crete Cement, yakni Kristian Gerhard Jebsen Skibsrederi AS, diminta memperhatikan dan menghormati hak-hak keenam anak buah kapal (ABK) Indonesia. mereka adalah Herman (Kerinci), Apriyanto (Malimping), Naib Efendi, Amin Tohari (Bangkalan), Edi Hariono, Ponorogo, dan Mahmud (Jakarta).

“Kami antara lain menekankan agar perusahaan memberikan jaminan sosial, gaji, biaya tiket dan perjalanan pemulangan mereka ke Indonesia, serta hak-hak lain sesuai dengan peraturan setempat,” Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo merangkap Fungsi Konsuler Mansyur Pangeran kepada detikcom hari ini.

Dia menyampaikan hal itu dalam pertemuan dengan manajer perusahaan pemilik kapal Oddbjorn Lange, tim lawyer, dan Inspektur Morten Kveim dari Accident Investigation Board Norway (AIB-N).

“Lange menjanjikan bahwa perusahaannya akan tetap memenuhi kewajiban terhadap seluruh ABK dan menyampaikan penghargaannya kepada KBRI yang memberikan perhatian sangat cepat terhadap nasib keenam ABK Indonesia,” ujar Mansyur.

Mansyur dan timnya segera turun tangan setelah memperoleh informasi ada ABK berkebangsaan Indonesia dalam kapal yang karam akibat menabrak batu cadas di perairan Oslofjord, bagian selatan pulau Aspon, sekitar 20 km dari Oslo.

Konfirmasi mula-mula dilakukan melalui Kepala Polisi Wilayah Drobak, Inspektur Thor Anders Amodt. Setelah perwira ini memastikan ada ABK Indonesia, tim selanjutnya langsung mengunjungi mereka, yang telah dievakuasi ke Thon Hotel Triaden, Rasta sekitar 30 km dari Oslo.(es/es)

source: detiknews