Rabu, 12 November 2008

plinplan.com

plinplan.com

Tingkatkan Pendapatan Petani, Gubernur Madinah Gelar Festival Kurma

Posted: 12 Nov 2008 04:42 PM CST


Muhammad Nur Hayid - detikNews

Madinah -
Banyak cara untuk mempopulerkan produk pertanian Madinah agar menjadi suatu yang menarik bagi jamaah haji. Gubernur Madinah Pangeran Abdul Aziz bin Majid bin Abdul Aziz mengelar Festival Makanan Arab dan Korma Madinah.

Festival itu diharapkan bisa menjadi ajang mencari oleh-oleh para jamaah. Selain itu, pendapatan petani kurma di Madinah dan wilayah kerajaan Arab Saudi pada umumnya dapat ditingkkatkan.

Demikian pernyataan sang Gubernur seperti dikutip harian Arab News di Madinah Arab Saudi, Kamis (13/11/2008).

Pantauan wartawan detikcom, Muhammad Nur Hayid di Madinah, jamaah haji dari berbagai penjuru dunia mulai belanja oleh-oleh kurma khas Madinah. Kurma Madinah dipilih karena rasanya manis, besar dan kenyal daging buahnya.

Jamaah asal Jawa Timur, Karim misalnya mengaku membeli karena Kurma Madinah memiliki cita rasa tersendiri selain untuk memberikan oleh-oleh bagi keluarganya yang ada di tanah air.

“Madinah kan dikenal sebagai produsen kurma nomor satu di Arab Saudi. Mumpung di Madinah, ya saya belanja untuk oleh-oleh,” kata Karim pada detikcom sambil membungkus kurma belanjaanya.

Sementra jamaah haji asal Turki terlihat lebih bersemangat lagi dalam memborong-kurma-kurma Madinah ini. Rata-rata mereka membeli satu karung untuk oleh-oleh.

“Ini untuk saya bagi-bagikan pada teman-teman dan saudara setelah saya kembali,” kata Kassem pada detikcom.

Selain di lokasi pameran, jamaah haji juga dapat berbelanja kurma di Aswaq Al tamur (Pasar Kurma). Pasar kurma ini terletak di pusat kota Madinah, sekitar 600 meter arah selatan dari Masjid Nabawi,  berdekatan dengan masjid Bilal

Untuk diketahui, Pasar kurma ini dibangun tahun 1982 oleh Pemerintah Arab Saudi. Pasar yang dibuka mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WAS terus ramai dikunjungi para jamaah yang ingin membeli oleh-oleh. Terutama waktu-waktu sehabis salat jamaah, para jamaah haji terlihat selalu memenuhi lokasi pasar yang berdekatan dengan jalan raya ini.

Di Pasar ini, hampir semua jenis kurma dan makanan olahan dari bahan dasar kurma dapat di temui para jamaaah. Harganya pun bervariasai dari yang paling murah sampai yang paling mahal yang dikenal dengan kurma nabi (kurma Ajwa)

Selain kurma, oleh-oleh haji lainnya seperti coklat isi kurma, kurma isi kacang, kismis, serta biskuit isi selai kurma dan kacang-kacangan Arab juga ditemui di pasar ini. Pokoknya pengunjung dijamin puas karena selain dapat melihat barang, semua toko juga menghalalkan kurmanya di cicipi.

“Kalau kita coba satu-satu dan bergantian tokonya, kita bisa kenyang tanpa beli,” kata salah seorang jamaah yang berkunjung sambil tertawa.(yid/ken)

source: detiknews

Berlaku Contra Flow, Hati-hati Melintas Jl HR Rasuna Said!

Posted: 12 Nov 2008 04:42 PM CST


Ken Yunita - detikNews

Jakarta -
Untuk Anda yang akan melintasi Jalan HR Rasuna Said, diharap berhati-hati. Karena ada pembangunan jembatan, jalur Kuningan arah Menteng diarahkan ke jalur berlawanan.

Menurut petugas situs Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, sistem contra flow itu akan diberlakukan hingga pukul 04.00 WIB.

“Meski ada petugas, tapi pengguna jalan diminta berhati-hati,” kata petugas tersebut, Selasa.

Mulai pukul 00.00 WIB, Jalan HR Rasuna Said ke arah Jalan Hos Cokroaminoto ditutup. Penutupan dilakukan karena ada pengerjaan proyek pembangunan jembatan di atas Jalan Latuharhary.(ken/ddt)

source: detiknews

Polisi Bantah Tersangka Kasus Minyak Zatapi Kabur ke Singapura

Posted: 12 Nov 2008 10:54 AM CST


Indra Subagja - detikNews

Jakarta -
Polisi terus melakukan pengusutan dugaan korupsi pengadaan minyak mentah jenis Zatapi. Selain mengirimkan tim penyidik ke Singapura, audit investigasi pun dilakukan.

“Investigasikan sedang berjalan. Penyidikan jalan terus,” kata Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Susno Duaji di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Rabu (12/11/2008).

Sebelumnya, terkait kasus ini polisi telah menetapkan 5 tersangka dalam kasus. Selain Dirut PT Gold Manor berinisial SN, 4 lainnya dari pihak Pertamina yakni Rinaldi, Kairudin, Chrisna Damayanto alias Krisnanda, dan Suroso Atmomartoyo.

Namun informasi menyebutkan, polisi kini mengalami kesulitan untuk melakukan
pemeriksaan terhadap para tersangka. Ini karena para tersangka yang telah pergi ke Singapura.

Tapi tegas-tegas hal ini dibantah Direktur Tipikor Mabes Polri Brigjen Pol Jose Riza. “Tidak ada yang kabur,” tandas Jose saat dihubungi melalui telepon.(ndr/ken)

source: detiknews

Delay 6 Jam Lebih, Akhirnya Penumpang Mandala Tiba di Medan

Posted: 12 Nov 2008 10:24 AM CST


Chaidir Anwar Tanjung - detikNews

Batam -
Pesawat Mandala jurusan Batam-Medan yang sebelumnya mengalami penundaan keberangkatan akhirnya terbang pukul 20.05 WIB. Pesawat berpenumpang 108 orang itu tiba di Medan pukul 21.40 WIB.

Seorang penumpang, Desi mengatakan, awalnya jumlah penumpang 113 orang. Namun karena penundaan yang panjang, 5 orang membatalkan keberangkatan.

“Saya tidak tahu pasti alasan mereka membatalkan namun yang jelas tadi sempat terjadi keributan dengan pihak Mandala,” kata Desi kepada detikcom, Rabu (12/11/2008).

Menurut Desi, pihak Mandala mengatakan, untuk memperbaiki masalah teknis, harus mendatangkan spare part dari Jakarta sehingga membuat penumpang harus menunggu lama. Ketika para penumpang bertanya kepada pihak Mandala perihal penundaan keberangkatan, mereka terkesan menutup mulut.

“Kami tidak diberitahu secara pasti, namun yang jelas isu yang kami dengar pesawat mengalami kerusakan di bagian sayap,” sebut Desi.

Desi menambahkan, ketika dia berada di atas pesawat, dirinya bertanya kepada salah seorang pramugari. Namun pramugari tersebut juga tidak memberikan keterangan perihal kerusakan yang dialami oleh pesawat.

“Saya juga tidak tahu bagian apanya yang rusak, karena saya bukan bagian teknis,” ujar Desi menirukan perkataan pramugari Mandala itu.

(ddt/ken)

source: detiknews

Truk Mogok, Tol Cawang-TMII Sedikit Tersendat

Posted: 12 Nov 2008 10:24 AM CST


Ken Yunita - detikNews

Jakarta -
Roda kanan belakang sebuah dum truk mengalami gangguan di tol Cawang arah TMMI km 00.100. Kendaraan besar yang mogok di jalur dua itu sempat mengakibatkan lalu lintas tersendat.

“Sekarang sedang diupayakan untuk dievakuasi oleh petugas,” kata petugas Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya Bripda Sulistyo Tatak kepada detikcom, Rabu (12/11/2008) pukul 22.40 WIB.

Tatak mengatakan, karena arus lalu lintas di tol tidak terlalu padat, kemacetan yang terjadi juga tidak parah. “Kan ini sudah malam, jadi sudah mengurai,” ujarnya.

Saat ini, truk bernopol B 9266 TJ itu sedang diperbaiki oleh sopir dan kernet. Petugas pun sudah bersiap-siap menderek jika perbaikan tidak berhasil.(ken/ddt)

source: detiknews

Aktivis Greenpeace Halangi Kapal Itali Angkut CPO

Posted: 12 Nov 2008 09:18 AM CST


Chaidir Anwar Tanjung - detikNews

Riau -
Aktivis Greenpeace kembali beraksi di Pelabuhan Dumai, Rabu (12/11/2008) pukul 20.00 WIB. Untuk menghalangi sebuah kapal berbendera Itali mengangkut CPO, seorang aktivis lingkungan itu menggantungkan tubuhnya di rantai jangkar.

Aksi itu tidak mendapat halangan dari awak buah kapal tanker yang baru merapat di Dumai pukul 19.00 WIB itu. Rencananya, kapal bernama Isola Corallo itu akan mengangkut CPO milik Sinarmas Group.

Juru bicara kampanye lingkunggan Greenpeace Asia Tenggara, Bustar Maitar aksi ini dilakukan karena adanya dugaan perambahan hutan secara liar oleh Sinarmas. Hasil investigasi yang dilakukan, diketahui Sinarmas melakukan perambahan hutan besar-besaran untuk memperluas perkebunan kelapa sawit.

“Terakhir kita investigasi dengan helikopter di kawasan hutan Riau terbukti Sinarmas kembali membabat hutan di lahan gambut Kampar Peninsula untuk perluasan hutan tanaman industri,” kata Bustar.

Greenpeace pun meminta Sinarmas menghentikan aktivitas itu. “Ini sebagai bentuk protes kami terhadap Sinarmas yang tidak mempedulikan lingkungan hidup di Indonesia,” tandasnya.

Rencananya, aksi ini akan dilakukan hingga Kamis 13 November. Para aktivis Greenpeace secara bergiliran akan mengunci tubuhnya di rantai jangkar tersebut. Hingga pukul 21.00 WIB, belum ada penghalangan dari pihak aparat.(ken/ken)

source: detiknews

Awas! Merokok Sembarang Bakal Dirazia

Posted: 12 Nov 2008 09:18 AM CST


Taufiqqurahman - detikNews

Jakarta -
Tidak hanya preman saja yang dirazia. Para perokok sembarangan juga akan di-sweeping.

Kelompok Wanita Indonesia Tanpa Tembakau bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyisir kantor-kantor pemerintahan di Jakarta. Mereka mencari orang-orang yang merokok tidak pada tempatnya.

“17-27 November 2008 dilakukan sweeping rokok di kantor pemerintahan,” ujar Ketua Wanita Indonesia Tanpa Tembakau Nita Yudi di kantor Yayasan Jantung Indonesi Jl. Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (12/11/2008).

Namun para perokok yang terjaring nanti tidak akan diproses secara hukum. Mereka, kata Nita, hanya akan diminta membuat surat pernyataan untuk tidak merokok di depan umum lagi.

“Kita akan meminta KTP dan mereka yang terlibat akan disuruh buat pernyataan untuk tidak akan merokok lagi di depan publik,” tukas wanita yang berambut panjang ini.

Sweeping rokok ini rencananya akan digelar di beberapa titik yang dianggap sering digunakan merokok sembarangan yaitu taman bermain, rumah ibadah, angkutan umum, dan mal.(ken/ken)

source: detiknews

Diperiksa 10 Jam, Walikota Manado Belum Ditahan

Posted: 12 Nov 2008 08:12 AM CST


Mega Putra Ratya - detikNews



Jakarta -
Walikota Manado Jimmy Rimba Rogi diperiksa KPK selama 10 jam. Ia diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyelewengan dana APBD Pemkot Manado pada tahun 2006 sebesar Rp 48 miliar.

Didampingi pengacaranya, ia keluar dari gedung KPK tanpa banyak bicara. Ketua DPD Golkar Sulut itu langsung menuju mobil pribadinya yang bernopol B 197 F.

“Silakan tanya sama pengacara saya,” ujarnya saat meninggalkan gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jaksel, Rabu (12/11/2008).

Sementara itu, KPK menyatakan belum berencana untuk menahan Jimmy. Namun mereka masih terus menjadwalkan pemeriksaan terhadapnya dalam beberapa hari ke depan.

“Penyidik menganggap belum diperlukan penahanan, pemeriksaan ulang pasti ada tapi tidak tahu,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP.(mad/ken)

source: detiknews

Angin Kencang Landa Jabodetabek, 1 Pohon Tumbang di Tol Jakarta-Tangerang

Posted: 12 Nov 2008 08:12 AM CST


Ken Yunita - detikNews

Jakarta -
Hujan deras dan angin kencang sebagian Jabotabek. Satu pohon besar di tol Jakarta-Tangerang tumbang.

“Pohon tumbang di Km 12. Melintang dan menutupi satu lajur di tol,” kata seorang pembaca detikcom yang melintasi tol tersebut, Rabu (12/11/2008) pukul 20.20 WIB.

Namun peristiwa itu tidak menyebabkan kemacetan. “Jalur tol tak begitu padat,” lanjutnya.

Pukul 20.30 WIB, petugas sedang berusaha mengevakuasi pohon besar itu. Petugas menggergaji dan memotong-motong batang pohon.(ddt/ken)

source: detiknews

Smart rilis EVDO Rev-A

Posted: 12 Nov 2008 08:00 AM CST

JAKARTA (bisnis.com): PT Smart Telecom, salah satu provider telekomunikasi CDMA di Indonesia,  meluncurkan produk layanan akses Wireless Internet Broadband berkecepatan tinggi dengan nama brand JUMP.

Menurut Fanda Soesilo, Director Corporate and Data Solution Smart Telecom, JUMP merupakan jawaban atas tren permintaan pasar akan pemanfaatan dan penggunaan data via Internet dalam komunikasi global yang terus meningkat.

Layanan JUMP akan menggunakan modem wireless CDMA (Code Division Multiple Access) Axesstel MV140B yang didukung teknologi terkini EVDO Rev-A, yang merupakan teknologi 3G yang digunakan pertama kali di Indonesia.

Saat ini koneksi data/internet di jaringan CDMA yang sudah ada dan digunakan operator di Tanah Air selama ini menggunakan teknologi EVDO Rev.0 dan CDMA 1X (teknologi generasi kedua).

“JUMP menawarkan layanan data dengan kecepatan download hingga 3,1 Mbps dan upload hingga 1,8 Mbps, ujar Fanda dalam pembukaan Indocomtech hari in. (tw)

source: BisnisIndonesia