Sabtu, 03 Januari 2009

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

Sebagian Warga Masih Bertahan di Luar Rumah

Posted: 03 Jan 2009 04:06 PM CST

Moksa Hutasoit - detikNews


Jakarta - BMG telah mencabut kemungkinan terjadinya potensi tsunami di Manokwari, Irian Barat. Namun sebagian besar warga sekitar masih enggan masuk kembali ke rumah mereka.

“Sebagian warga di luar masih bertahan,” kata petugas Metro Hotel, Otis yang beralamat di Jl Biak, Manokwari saat dihubungi detikcom, Minggu (4/1/2009).

Hingga saat ini, Otis belum mengetahui apakah ada korban jiwa akibat bencana ini. Namun sebagian vas atau pajangan yang berada di hotel ini pecah.

“Di hotel ini tidak ada korban,” ujar Otis.

Gempa berkekuatan 7,2 SR itu memang membuat panik warga. Menurut Otis, ketika gempa terjadi, seketika itu juga seluruh lampu di kawasan ini mati total.

Jaringan telepon, menurut Otis tidak mengalami masalah. Namun hingga saat ini, kawasannya masih gelap gulita. Hal ini sedikit tertolong dari adanya sinar matahari yang mulai menyapa warga Manokwari.(mok/mok)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Sebagian Warga Masih Bertahan di Luar Rumah

Totti Siap Bantu Roma

Posted: 03 Jan 2009 04:00 PM CST

Tb Al Amin Nurdi - Okezone

Foto: AP

ROMA - Cedera urat lutut yang diperoleh kapten AS Roma Totti saat menghadapi Catania berangsur pulih. Totti menyatakan bakal segera turun ke lapangan untuk memperkuat Giallorossi.

Awalnya playmaker kebanggaan Roma itu divonis istirahat selama dua bulan. Ini artinya, Totti kemungkinan besar tidak dapat diturunkan pelatih Luciano Spaletti pada laga penting di Liga Champions menghadapi Arsenal.

Untungnya Totti memberikan angin segar kepada pendukung Roma. Dia mengatakan sudah tidak terbelenggu masalah dengan cederanya.

"Saya sudah tidak merasakan sakit," ungkapnya seperti dikutip La Gazzetta Dello Sport, Minggu (4/1/2009).

"Semuanya semakin membaik dan matahari ikut membantu saya. Saya berharap dapat segera pulih," terang Totti lagi. (tan)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Totti Siap Bantu Roma

BMG Cabut Potensi Tsunami di Manokwari

Posted: 03 Jan 2009 03:48 PM CST

Moksa Hutasoit - detikNews


Jakarta - Potensi gelombang tsunami yang ditimbulkan akibat gempa berkekuatan 7,2 SR di kawasan Manokwari, Irian Barat resmi dicabut BMG. Keputusan ini diambil setelah melakukan pemantauan sekitar 30 menit dari kejadian.

“Kami sudah mencabut peringatan itu,” kata petugas BMG, Andi, saat dihubungi detikcom, Minggu (4/1/2009).

Sebelumnya, gempa hebat itu terjadi pada pukul 2.43 WIB di saat sebagian besar warga sedang asyik tidur. Lokasi gempa berada di 0.42 LS-132.93 BT, sekitar 135 km Barat Laut Manokwari, Irian Barat, dengan kedalaman 10 km. Sementara itu, USGS (United States Geological Survey) mencatat gempa itu berkekuatan 7,6 Magnitude.

Akibat gempa ini, pengunjung Hotel Mulia yang terletak di Jl Yos Sudarso, Manokwari berhamburan keluar. Beberapa dinding hotel juga dilaporkan retak akibat getaran yang ditimbulkan oleh gempa ini.
(mok/mok)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

BMG Cabut Potensi Tsunami di Manokwari

USGS Catat Gempa Manokwari Berkekuatan 7,6

Posted: 03 Jan 2009 03:30 PM CST

Arifin Asydhad - detikNews


Jakarta - Gempa yang terjadi di Manokwari, Papua Barat tercatat oleh Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) berkekuatan 7,2 Skala Richter (SR). Sementara USGS (United States Geological Survey) mencatat gempa itu berkekuatan 7,6 Magnitude.

Dilansir dari situs USGS, gempa tercatat pukul 04:43:54 WIT atau 02.43.54 WIB. Pusat gempa tercatat USGS agak berbeda sedikit dengan BMG, yaitu 0.510 LS, 132.783 BT. Koordinat pusat gempa berdasarkan BMG adalah 0.42 LS - 132.93 BT.

Pusat gempa berada di dalam laut, di dekat Pantai Utara Papua. Pusat gempa ini berjarak sekitar 150 KM dari Kota Manokwari atau 170 KM dari Kota Sorong. Karena itu, getaran gempa sangat dirasakan oleh warga Manokwari.

Informasi yang didapatkan detikcom, akibat gempa besar ini, warga Manokwari berhamburan keluar rumah saat gempa terjadi. Hingga pukul 06.10 WIT, warga Manokwari masih berada di luar rumah. Sejumlah bangunan di Manokwari, termasuk bangunan Hotel Mulia retak.

Belum diketahui apakah gempa ini menimbulkan korban jiwa atau tidak. Namun, BMG sempat memperingatkan bahwa gempa ini berpotensi tsunami.(asy/asy)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

USGS Catat Gempa Manokwari Berkekuatan 7,6

Scolari Didukung Penuh Pemain Chelsea

Posted: 03 Jan 2009 03:24 PM CST

Tb Al Amin Nurdi - Okezone

Foto: AP

LONDON - Peluang Luiz Felipe Scolari untuk terus menangani Chelsea terbuka lebar. Antara Scolari dengan para pemain The Blues masih terjalin hubungan kuat. Scolari mengungkapkan hal tersebut.

Tidak ada keretakan di dalam ruang ganti Chelsea. Pemberitaan media-media Inggris yang menyebutkan adanya hubungan kurang harmonis antara Big Phil dengan tim asuhannya ternyata cuma sekadar isapan jempol.

Simak saja pembelaan Big Phil yang diungkapkannya kepada Guardian, Minggu (4/1/2009). "Para pemain mencintai saya. Kenapa? Karena saya tidak pernah mengkritik mereka."

"Bila kita melakukan kesalahan saya tidak pernah membebankan kepada pemain dan mengatakan kamu salah, saya lebih mengarahkan kepada kesalahan kolektif. Saya membela pemain saya setiap hari dan memberikan yang terbaik setiap hari," tegasnya.

"Mereka memang tidak datang ke kantor dan mengucapkan ?Phil saya mencintai kamu’ tapi saya dapat merasakannya," pungkas pelatih asal Brasil tersebut. (tan)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Scolari Didukung Penuh Pemain Chelsea

Lampu Padam, Dinding Hotel Mulia Retak, Pengunjung Berhamburan

Posted: 03 Jan 2009 03:12 PM CST

Moksa Hutasoit - detikNews


Jakarta - Gempa berkekuatan 7,2 SR yang melanda kawasan Manokwari, Irian Barat membuat kepanikan luar biasa bagi warga sekitar. Pengunjung Hotel Mulia yang sedang tertidur pulas pun berhamburan keluar. Padamnya aliran listrik menambah ketegangan.

“Pada panik semua mas, semua pengunjung hotel keluar semua,” kata salah seorang petugas Hotel Mulia, Rasid yang beralamat di Jl Yos Sudarso, Manokwari saat dihubungi detikcom, Minggu (4/1/2009).

Menurut Rasid, gempa besar yang melanda itu membuat sebagian dinding hotel retak. Pengunjung hotel yang sedang tertidur pulas, dijelaskan Rasid, berhamburan keluar ketika merasakan gempa.

Gempa susulan yang kekuatannya bervariasi masih dirasakan oleh warga Manokwari. Seluruh kawasan tersebut sekarang ini masih gelap gulita akibat padamnya aliran listrik. Warga juga masih enggan masuk kembali ke rumah mereka.

“Belum ada yang masuk, masih di luar semua,” pungkasnya.(mok/mok)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Lampu Padam, Dinding Hotel Mulia Retak, Pengunjung Berhamburan

Gempa 5,6 SR Guncang NTT

Posted: 03 Jan 2009 03:12 PM CST

Arifin Asydhad - detikNews


Jakarta - Di malam yang dingin ini, gempa mengguncang kawasan timur Indonesia. Setelah gempa 7,2 Skala Richter (SR) di Manokwari, Papua Barat, gempa berkekuatan cukup besar juga mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT).

Data yang didapatkan detikcom dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), gempa yang terjadi pukul 03:20:38 WIB, Minggu (4/1/2009) ini berkekuatan 5,6 SR. Pusat gempa berada di koordinat 8.26 LS - 119.54 BT.

Pusat gempa berada di laut, sekitar 45 km Barat Laut Labuhanbajo, NTT. Kedalaman gempa 125 KM. Menurut BMG, gempa ini tidak menimbulkan tsunami.

Getaran gempa sangat dirasakan oleh warga Labuhanbajo. Getaran gempa juga terasa hingga Ruteng, Sumbawa Besar, dan Waingapu, NTT.

(asy/asy)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Gempa 5,6 SR Guncang NTT

Suara Lain Yahudi: Kekerasan Bahasa Andalan Israel

Posted: 03 Jan 2009 02:54 PM CST

Eddi Santosa - detikNews


Ilustrasi: dhm.de

Den Haag - Tidak semua orang Yahudi mendukung Zionisme. Yahudi Ortodoks bahkan tidak mengakui negara Israel di Palestina karena mendahului Messiah. Di Belanda ada Stichting Een Ander Joods Geluid (Yayasan Suara Lain Yahudi) yang menilai kelakuan Israel tak lebih baik dari negara penjahat.

Suara Lain Yahudi ini siang tadi (3/1/2009) termasuk satu dari 25 organisasi yang ikut memobilisasi demonstrasi besar-besaran anti agresi Israel ke Gaza, melibatkan sekitar 10 ribu demonstran.

Teks-teks yang tajam diusung: Hentikan Agresi ke Gaza, Verhagen & Balkenende Memalukan! Tanganmu Bersimbah Darah!, Israel Mengulangi Holocaust dengan Dukungan Belanda, Anne Frank Membalikkan Punggung di Kubur, Oh Israel.

Sementara demonstrasi di Amsterdam berlangsung, Israel terus meningkatkan serangan ke Gaza dengan mulai melibatkan gempuran artileri, selain serangan udara melalui pesawat-pesawat tempurnya. Adapun Mesir tetap menutup tapal batas rapat-rapat.

Sebelumnya pada hari-hari pertama agresi Israel ke Gaza, Suara Lain Yahudi pada 28/12/2008 langsung mengedarkan siaran pers. Berikut ini terjemahan selengkapnya.

Kabinet Olmert mulai periode pemerintahannya dengan serangan udara terhadap Lebanon di 2006, dan mengakhirinya dengan khas: bombardemen berdarah-darah ke Gaza.

Saat itu dan sekarang alasannya sama: kami tak bisa lain. Saat itu dan sekarang adalah kebohongan.

Perang terhadap Libanon adalah pilihan sadar dan eskalasinya dikehendaki, bombardemen di Gaza juga begitu.
 
Bahkan agresi ke Gaza itu merupakan pamungkas atas blokade yang melawan hukum dan tidak berperikemanusiaan, dilakukan atas keterlibatan Amerika Serikat (AS), Eropa dan Mesir.

Meskipun demikian Hamas tak bisa dipaksa bertekuk lutut. Persoalan harus segera dituntaskan, sebelum mungkin angin baru akan bertiup dari Washington di bawah pemerintahan baru. Oleh sebab itu bukan tanpa alasan Israel telah lebih dulu melanggar gencatan senjata dengan serangan pertama pada 4/11/2008, bertepatan dengan hari terpilihnya Obama.

Hamas harus dan akan dijungkalkan dari kekuasaannya, aparat pemerintahannya dihancurkan, dan para pemimpinnya dibunuh. Mereka tidak boleh membela diri, mereka harus menurut. Di sisi lain, seperti di Libanon, Israel mengerahkan kekuatan militer moderen nan menghancurkan terhadap penduduk sipil, demi merealisasikan tujuan-tujuan politik.

Bagi pemerintah Israel diplomasi adalah kelanjutan dari perang dengan alat lain. Ancaman, tekanan, dan kekerasan militer adalah bahasa andalan Israel. Pemerintah Olmert dalam hal ini sama saja: mereka selama 3 tahun sama sekali tidak berprestasi, di mana mereka dapat mendekatkan sebuah solusi konflik Israel-Palestina barang semilimeter pun melalui perundingan.

Oleh karena itu Yayasan Suara Lain Yahudi menilai Israel tidak hanya bertanggung jawab atas setiap korban yang tewas atau luka di Gaza, tetapi juga untuk stagnasi total dari proses damai.

Sebuah pemerintahan yang memiliki semua kartu truf di tangan untuk mencapai keberhasilan diplomasi, namun gagal secara menyedihkan terutama karena ketidakmauan, dan menjelang habis masa pemerintahannya tak punya cara lain selain berperang, adalah tidak hanya inkompeten tetapi juga kriminal.

Kebijakan luarnegeri Belanda sangat menyolok dengan toleransi berlebihan terhadap 'negara sahabat' ini, yang terhadap para tetangganya berkelakuan tidak lebih baik dari negara penjahat paling jahat.

Pengurus Yayasan Suara Lain Yahudi

(es/es)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Suara Lain Yahudi: Kekerasan Bahasa Andalan Israel

Inter Hilang Kesabaran Melihat Tingkah Adriano

Posted: 03 Jan 2009 02:48 PM CST

Tb Al Amin Nurdi - Okezone

Foto: AP

MILAN - Masa depan Adriano di Internazionale Milan menjadi buram kembali. Inter ternyata sudah habis kesabaran melihat tingkah laku L’Imperatore yang dinilai sudah melewati batas.

Il Corriere Dello Sport Minggu (4/1/2009) melaporkan, Inter sudah siap melepas penyerang tengah asal Brasil tersebut. Kemungkinan Adriano disingkirkan sangat terbuka karena Inter saat ini tidak kekurangan pemain depan.

Adriano rupanya telah menyinggung batas toleransi yang diberikan Inter saat dia tidak menunjukkan diri pada reuni klubnya Jumat lalu.

Sebenarnya masih ada satu kesempatan bagi Adriano untuk memulihkan citra. Pintu masih dibuka Nerazzurri asalkan Adriano bergabung bersama rekan-rekannya secepatnya. Bila tidak maka Massimo Moratti akan menaruhnya dalam daftar jual.

Beberapa penyerang top dunia dikabarkan sudah dilirik demi berjaga-jaga apabila Adriano jadi dilepas. Di antara pemain yang diincar Inter adalah Michael Owen dan Didier Drogba. (tan)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Inter Hilang Kesabaran Melihat Tingkah Adriano

Gempa 7,2 SR Landa Manokwari, Waspada Tsunami

Posted: 03 Jan 2009 02:18 PM CST

Moksa Hutasoit - detikNews Jakarta - Gempa bumi sebesar 7,2 SR menguncang kawasan Manokwari, Irian Barat. BMG memperingati kemungkinan terjadi gelombang Tsunami akibat gempa ini.

Seperti dilansir situs BMG, gempa terjadi Minggu (4/1/2009) pukul 2.43 WIB. Lokasi gempa di 0.42 LS-132.93 BT, sekitar 135 km Barat Laut Manokwari, Irian Barat, dengan kedalaman 10 km.(mok/mok)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Gempa 7,2 SR Landa Manokwari, Waspada Tsunami