Selasa, 06 Januari 2009

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

AJI: Ini Bisa Jadi Preseden Buruk

Posted: 06 Jan 2009 04:06 PM CST

Indra Subagja - detikNews


Jakarta - Tindakan polisi yang mendatangi kantor harian Fajar dan melakukan pemeriksaan atas wartawan menuai protes. Hal ini dinilai sebagai insiden yang mencoreng citra dunia pers.

“Ini bisa jadi preseden buruk,” kata Sekjen Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jajang Jamaludin saat dihubungi melalui telepon, Rabu (7/1/2009).

Jajang melanjutkan, AJI telah meminta perwakilannya di Makassar untuk melakukan pendampingan hukum. Namun yang perlu dicatat yakni kedatangan polisi ke kantor media massa itu, patut pula dipertanyakan.

“Apakah proses hukum sudah dilewati, misalnya sudah dilakukan pemanggilan 3 kali dan apakah ada surat perintah untuk penggeledahan. Kalaupun alasannya saksi tidak mau datang bisa dilakukan pemanggilan paksa, tidak lantas memeriksa di tempat media tersebut,” jelasnya.

Dikhawatirkan, apa yang dilakukan polisi, dengan alasan untuk memeriksa saksi dan mencari bukti terkait kasus Upi Asmaradhana malah menjadi intimidasi kepada media.

“Ada intervensi dalam sebuah pemberitaan. Dan ruang redaksi dimasuki, artinya kerahasiaan dan proses pemberitaan terganggu,” terangnya.

Pada Selasa (6/1/2009) pukul 18.30 Wita, 4 polisi mendatangi kantor Harian Fajar. Mereka memeriksa Mukhlis sebagai saksi atas pemuatan berita di harian Fajar, pada Juli 2008 lalu.

Pemberitaan terkait aksi Koalisi Jurnalis Tolak Kriminalisasi Pers yang mengecam pernyataan Kapolda, terkait sengketa pers tanpa penggunaan hak jawab. Sebelumnya Mukhlis telah melakukan menerima surat panggilan sebanyak 2 kali.(ndr/mei)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

AJI: Ini Bisa Jadi Preseden Buruk

Gempa 5,6 SR Guncang Manokwari, Pengunjung Hotel Panik

Posted: 06 Jan 2009 03:48 PM CST

Andi Saputra - detikNews Manokwari - Gempa berkekuatan 5,6 SR kembali mengguncang Manokwari, Irian Barat. Tak ayal, pengunjung hotel yang tengah tertidur pun terbangun dan berlarian ke lobi. Namun, gempa yang dirasakan ini tidak begitu kuat. Akhirnya, pengunjung pun kembali ke kamar masing-masing.

Pantauan detikcom, gempa tersebut sempat mengguncang kota sebanyak dua kali. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 05.15 WIT dan 05.20 WIT, Rabu (7/1/2009). Gempa pertama terjadi sekitar 5 detik, sedangkan gempa yang kedua terjadi sekitar 15 detik.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) mencatat, pusat gempa terjadi di 0.82 LS - 133.20 BT atau 96 KM BaratLaut Manokwari Irian Barat dengan kedalaman 26 KM diatas permukaan laut.

Menurut BMG, gempa ini tidak berpotensi adanya tsunami. “Tidak, karena terjadinya di darat,” ujar staf BMG Pusat, Agung Mulyo ketika dihubungi melalui telepon.

(mei/ndr)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Gempa 5,6 SR Guncang Manokwari, Pengunjung Hotel Panik

Gagal Tampil Maksimal, Beckham Puas

Posted: 06 Jan 2009 03:18 PM CST

Hendra Mujiraharja - Okezone

Foto: AP

ABU DHABI - David Beckham memang gagal memberikan dampak maksimal terhadap AC Milan saat mengalahkan Hamburg 4-3 lewat adu penalti. Namun, Beckham mengaku puas dengan penampilan perdananya bersama Rossoneri.

Dalam pertandingan ujicoba yang berlangsung di Abu Dhabi ini, mantan gelandang Real Madrid dan Manchester United itu tidak bermain penuh. Beckham hanya dimainkan selama 45 menit oleh Carlo Ancelotti.

Meski begitu, Beckham mengaku senang bisa bermain pada pertandingan ini. "Saya sangat senang dengan pertandingan perdana saya mengenakan kostum Milan," ungkap Beckham seperti dikutip AP, Rabu (7/1/2009).

"Saya juga cukup puas dengan permainan saya. Saya memang merasa sangat kelelahan, tapi itu normal setelah saya menjalani latihan rutin dalam beberapa hari terakhir," lanjut gelandang asal Inggris itu.

Banyak kalangan yang mempertanyakan, dimanakah Beckham akan dimainkan Ancelotti. Pertanyaan itu terjawab ketika Carletto, sapaan Ancelotti, memainkan Becks bersama Andrea Pirlo dan Massimo Ambrosini untuk memperkuat lini tengah.

"Saya sangat nyaman bermain di tengah. Rekan setim saya merupakan juara sejati dan bermain dengan mereka sangat mudah. Sebab, mereka menempatkan Anda di posisi yang ideal," pungkasnya.

Sebelumnya, Carletto menyatakan mungkin saja memainkan Becks dalam laga lanjutan Serie A melawan AS Roma di Stadio Olimpico. Suami Victoria Beckham itu mengaku siap memainkan debutnya di Serie A.

(hmr)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Gagal Tampil Maksimal, Beckham Puas

Scolari Butuh Sayap Kiri Baru

Posted: 06 Jan 2009 02:42 PM CST

Hendra Mujiraharja - Okezone

Foto: AP

LONDON - Luiz Felipe Scolari membocorkan rahasia kenapa dia tidak bisa menduetkan Didier Drogba dengan Nicolas Anelka. Scolari menilai dia terpaksa melakukan itu karena tidak memiliki pemain yang bisa beroperasi disayap kiri.

Menurut Scolari, meski dirinya sering melihat Joe Cole bisa mengisi peran itu di timnas Inggris, namun hanya Florent Malouda yang bisa berperan mengisi posisi itu dalam formasi 4-4-2.

Sebenarnya, Big Phil (julukan Scolai) bisa menempatkan Wayne Bridge di posisi tersebut. Sayang, keinginan memainkannya sirna setelah manajemen Chelsea menjual Bridge ke Manchester City.

"Saya akan memainkan pola 4-4-2 ketika saya memiliki pemain yang bisa beroperasi di kiri. Ketika Anda tidak memiliki pemain bertipe seperti ini, maka Anda akan kesulitan memainkan pola 4-4-2," kata Scolari seperti dikutip AP, Rabu (7/1/2009).

"Florent Malouda adalah satu-satunya pemain yang bisa menggunakan kaki kirinya dengan baik. Sayang saat ini dia mengalami cedera. Sedangkan pemain lainnya rata-rata pemain kanan," tegas pelatih asal Brasil itu.

Dengan keterbatasan di atas, maka dengan sangat terpaksa Big Phil memainkan pola 4-3-3, tapi sepertinya pola itu tidak cocok. Buktinya, Chelsea baru menang tiga kali dari 10 pertandingan terakhir.

Praktis, Big Phil harus segera menemukan pemain yang seadanya, saat melakoni duel penting melawan Manchester United dalam lanjutan Premier League di Old Trafford pekan ini.

(hmr)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Scolari Butuh Sayap Kiri Baru

Zenit: Arshavin Segera Berbaju Arsenal

Posted: 06 Jan 2009 02:06 PM CST

Hendra Mujiraharja - Okezone

Foto: AP

ST PETERSBURG - Penantian panjang Arsenal terhadap Andrei Arshavin sepertinya segera berakhir. Kabarnya, Arshavin akan berbaju The Gunners pada 10 hingga dua pekan mendatang. Benarkah?

Arsenal memang sangat bernafsu ingin mendatangkan gelandang Timnas Rusia itu. Pasalnya, beberapa pemain mereka seperti Tomas Rosicky, dan Cesc Fabregas tengah terkapar karena cedera.

Meskipun pembelian itu belum pasti, namun kubu Zenit St Petersburg mengakui kalau Arsenal sedang berusaha mengikat gelandang mereka Arshavin.

"Kami memang telah melakukan diskusi dengan Arsenal. Mereka sangat berharap perjanjian itu Rampung pada 10 hingga dua pekan mendatang," demikian pernyataan Zenit seperti dikutip AP, Rabu (7/1/2009).

Zenit memang ingin menjual Arshavin dengan bandrol sebesar 20 juta pounds. Jika Arsenal bersedia memenuhinya, maka itu akan menjadi pembelian termahal mereka sepanjang masa.

Sebelumnya, rekor pembelian termahal Arsenal hingga kini masih dipegang oleh Sylvain Wiltord. Ketika itu, The Gunners membeli Wiltord dengan bandrol 13 juta pounds pada Agustus 2000.

(hmr)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Zenit: Arshavin Segera Berbaju Arsenal

Messi Tidak Anggap Ronaldo Terbaik

Posted: 06 Jan 2009 01:48 PM CST

Hendra Mujiraharja - Okezone

Foto: AP

MADRID - Lionel Messi sepertinya tidak pernah menganggap Cristiano Ronaldo lebih hebat darinya. Buktinya, Messi tidak memasukkan nama bintang Manchester United itu ke daftar 11 pemain terbaik versinya.

Dalam skuad bayangannya, Messi justru memasukkan nama rekan Ronaldo lainnya di United seperti Rio Ferdinand dan Wayne Rooney. Sementara pelatih pilihan Messi adalah Sir Alex Ferguson.

Adapun untuk lini tengah dipercayakan kepada Javier Zanetti (Inter Milan), Xavi Hernandez, Cesc Fabregas (Arsenal) dan Andres Iniesta (Barcelona). Sedangkan bek diisi Maicon (Inter), Ferdinand, Carles Puyol, Giovanni van Bronckhorst.

"Saya sangat menyukai tipe permainan seperti Rooney. Dia adalah penembak jitu, memiliki control bola sangat hebat dan dapat menggunakan badannya dengan baik. Dia adalah pencetak gol sejati," puji Messi.

Selain Rooney, bintang Barcelona itu juga memuji Ferdinand. "Dia adalah bek yang sangat kuat dan bagus diudara. Dia sangat sulit untuk dilewati," lanjut penyerang asal Argentina itu seperti dikutip AP, Rabu (7/1/2009). 

Berikut susunan pemain versi Messi:
Petr Cech (Chelsea); Maicon (Inter), Rio Ferdinand (Manchester United), Carles Puyol (Barcelona), Giovanni van Bronckhorst (Feyenoord); Javier Zanetti (Inter), Xavi (Barcelona), Cesc Fabregas (Arsenal), Andres Iniesta (Barcelona); Sergio Aguero (Atletico Madrid), Wayne Rooney (Manchester United).

(hmr)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Messi Tidak Anggap Ronaldo Terbaik

Adriano Tidak Pindah ke Chelsea

Posted: 06 Jan 2009 01:12 PM CST

Hendra Mujiraharja - Okezone

Foto: AP

MILAN - Adriano Leite dikabarkan tengah dilirik beberapa tim besar Eropa, termasuk Chelsea. Namun, kabar ini langsung dibantah oleh agen Adriano, Gilma Rinaldi.

Ya, masa depan Adriano di Inter Milan semakin suram, setelah mantan penyerang Parma itu telat mengikuti latihan bareng rekan-rekannya di Appiano Gentile, usai masa liburan Hari Raya Natal.

Menurut laporan media massa di Inggris, Adriano tengah dilirik Luiz Felipe Scolari untuk memperkuat Chelsea. Namun, kabar kepindahan Adriano ke Premier League langsung dibantah oleh Rinaldi.

"Tidak ada yang menghubungi kami dari Chelsea. Jadi, sampai menanti kabar itu, maka berita tersebut benar-benar hanya sebuah spekulasi semata," tegas sang agen seperti dikutip AP, Rabu (7/1/2009).

Namun, Rinaldi tidak menutup kemungkinan kepindahan itu terhadi. "Jika, Chelsea benar tertarik kepadanya, maka kami akan membicarakan masalah ini. Tapi, saya tegaskan kalau Adriano ingin bertahan di Inter hingga kontraknya bertahan," tegasnya.

(hmr)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Adriano Tidak Pindah ke Chelsea

Australia Tersingkir

Posted: 06 Jan 2009 12:54 PM CST

Andi Abdullah Sururi - detiksport
Sydney - Tuan rumah Australia dipastikan tersingkir dari ajang Piala Hopman 2009 setelah menelan kekalahannya yang kedua. Setelah Jerman, giliran mereka ditekuk Slovakia, Selasa (6/1/2009).

Dalam lanjutan Grup A, Australia yang diperkuat duet Lleyton Hewitt dan Casey Dellacqua menyerah 1-2 dari lawannya. Dominika Cibulka menundukkan Dellacqua 7-5 6-2 di partai pertama, lalu Hewitt menyamakan kedudukan dengan menekuk Dominik Hrbaty 7-6 6-7 6-4 dalam pertarungan ketat selama tiga jam.

Partai penentuan berlangsung ketat. Menang 7-6 di set pertama, Hewitt/Dellacqua menyerah di dua set berikutnya dari Hrbaty/Cibulka dengan 3-6 6-7 (14-10 dalam tie break).

Meski timnya gagal, Hewitt merasa mendapatkan sesuatu yang positif. “Inilah yang Anda butuhkan untuk mengikuti Australia Terbuka,” kata petenis berusia 27 tahun itu menyambut comeback-nya setelah menjalani operasi pinggul tahun lalu.

Slovakia dengan kemenangan ini memimpin grup dan dalam pole positin masuk final. Di pertandingan pertama mereka berhasil mengandaskan tuan rumah Amerika Serikat.

Sementara di Grup B, Italia membuka peluangnya setelah mengungguli Prancis 2-1. Simone Bolelli menyumbangkan dua angka buat Italia, di nomor tunggal dan ganda. Ia mengalahkan Gilles Simon, lalu bersama duetnya, Flavia Pennetta, mengatasi Simon/Alize Cornet.

Italia dan Prancis masih bisa lolos ke final karena sama-sama mengantongi kemenangan dan satu kekalahan. Tim unggulan di grup ini adalah Rusia. Setelah mengalahkan Italia, tim yang digawangi kakak beradik Marat Safin dan Dinara Safina ini akan menghadapi tim lemah Taiwan di hari Rabu.

( a2s / roz )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Australia Tersingkir

Bertahan, Kunci Sukses Man-United

Posted: 06 Jan 2009 12:36 PM CST

Hendra Mujiraharja - Okezone

Foto: AP

MANCHESTER - John O’Shea memberikan saran kepada rekan-rekannya di Manchester United. O’Shea mengatakan bila United dapat bertahan dengan baik, maka itu akan menjadi kunci meraih kesuksesan.

Sejak kembali dari ajang Piala Dunia Antarklub di Jepang, gawang Setan Merah yang dikawal Edwin van der Sar memang belum pernah kebobolan oleh tim manapun. United menang dengan skor sama 1-0 saat melawan Stoke City dan Middlesbrough.

O’Shea berharap tren positif ini terus berlanjut. Oleh karena itu, dia ingin tim besutan Sir Alex Ferguson itu melakukannya saat Setan Merah menghadapi Derby County di babak semifinal Carling Cup besok malam. 

"Bisa mempertahankan gawang dari kebobolan merupakan hal yang positif. Itu adalah kunci untuk memenangkan pertandingan," jelas O’Shea seperti dikutip AP, Rabu (7/1/2009).

"Pasalnya, jika kami mampu mempertahankan gawang dari kebobolan, maka secara otomatis kami akan memenangkan pertandingan karena kami memiliki lini depan yang ciamik," tegas bek asal Irlandia itu.

(hmr)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Bertahan, Kunci Sukses Man-United

Unggulan Lewati Rintangan Pertama

Posted: 06 Jan 2009 12:36 PM CST

Kardhika Cipta Binangkit - detiksport


Rafael Nadal (Reuters)

Doha - Babak pertama turnamen Qatar Open berhasil dilalui dengan mulus oleh para unggulan. Rafel Nadal, Roger Federer, Andy Murray, dan Andy Roddick berhasil mengalahkan lawan-lawannya.

Dalam pertandingan yang dihelat Selasa (7/1/2009), Nadal yang diunggulkan di tempat pertama tanpa kesulitan berhasil menumbangkan Fabrice Santoro dengan 6-0 dan 6-1. Di babak kedua, petenis nomor satu dunia ini akan berhadapan dengan pemenang partai Karol Beck versus Michal Przsiezny.

Di hari yang sama, kemenangan juga didapat oleh Murray. Petenis andalan Inggris ini berhasil menggasak Albert Montanes dua set langsung 6-2 dan 6-4. Hasil yang sama juga diraih unggulan kedua, Federer, yang mengalahkan petenis Italia, Potito Starace, dengan 6-2 dan 6-2.

Dalam pertandingan lain, Roddick membutuhkan waktu 61 menit untuk menundukkan Iva Navarro. Unggulan keempat asal Amerika Serikat ini menang mudah 6-1 dan 6-3.

“Ini adalah awal yang baik utnuk tahun ini,” tukas Roddick dalam situs resmi turnamen. “Saya sangat senang tidak melakukan hal yang bodoh. Saya telah kembali dengan mulus.”

“Saya mendapatkan apa yang saya inginkan di pertandingan ini. Saya telah berlatih keras setelah musim lalu berakhir dan saat ini saya merasa lebih baik. Saya tidak bisa berlatih terlalu banyak karena ada Piala Davis di musim lalu,” sambungnya.

( a2s / roz )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Unggulan Lewati Rintangan Pertama