Kamis, 08 Januari 2009

plinplan.com | Indonesian News Archives

plinplan.com | Indonesian News Archives

AJI Nilai Kejagung Tekan Kebebasan Berpendapat

Posted: 08 Jan 2009 04:00 PM CST

Laurencius Simanjuntak - detikNews


aksi demo di Kejagung/dok detikcom

Jakarta - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyesalkan tindakan Kejaksaan Agung yang mempolisikan dua aktivis ICW Emerson Yuntho dan Illan Deta Arthasari. AJI menilai aduan Kejagung tersebut merupakan bentuk tekanan terhadap kebebasan berpendapat dan peran masyarakat melakukan kontrol sosial.

Dalam siaran persnya kepada detikcom, Jumat (9/1/2009), AJI menilai pasal pencemaran nama baik dan fitnah terhadap institusi dan pejabat negara semestinya sudah tidak diberlakukan lagi. Hal itu dikarenakan pasal 310 ayat (1), (2), 311 ayat (1), 316 dan 207 dalam KUHP tidak sesuai dengan semangat negara demokratis.

Di negara demokratis, pejabat negar bukanlah orang-orang suci yang can do no wrong, namun justru menjadi objek kritik. Oleh karena itu, kritik oleh dua aktivis ICW tersebut merupakan upaya pengawasan masyarakat terhadap pejabat negara demi terwujudnya transparansi dan mempercepat pemberantasan korupsi.

AJI pun mengimbau para penegak hukum untuk tidak lagi menerapkan pasal-pasal pencemaran nama baik (defamation). Pasal-pasal tersebut tidak lagi sesuai dengan negara demokratis seperti Indonesia karena dibuat pada zaman Belanda dan hanya digunakan untuk menjerat para pejuang yang melawan kekuasaan kolonial. Lebih dari itu, pasal-pasal tersebut hanya menghambat upaya pemberantasan korupsi yang tengah gencar dilakukan pemerintah.(lrn/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

AJI Nilai Kejagung Tekan Kebebasan Berpendapat

Lagi, Blackburn Tolak City

Posted: 08 Jan 2009 03:30 PM CST

Muchamad Syuhada - Okezone

Foto: AP

MANCHESTER - Kubu Manchester City kembali harus menelan pil pahit setelah penawaran mereka terhadap bomber Blackburn Rovers Roque Santa Cruz kembali ditolak.

Kegagalan City tersebut diakui langsung oleh pelatih mereka Mark Hughes. Pria asal Wales itu mengatakan kalau timnya telah mengajukan tawaran lebih tinggi kepada Rovers, namun ditolak mentah-mentah.

"Kami telah mengajukan tawaran baru yang lebih besar. Saya sama sekali tidak mengerti alasan mereka menolaknya," ujar Hughes seperti dilansir AP, Jum’at (9/1/2009).

Mengenai nilai tawaran yang ia ajukan, Hughes menolak memberi tahu. Namun, yang jelas itu lebih tinggi dari penawaran sebelumnya, yakni 12 juta Poundsterling.

"Mereka tidak tertarik dengan jumlah yang kami ajukan. Padahal itu sudah melebihi tawaran kami yang lalu, 12 juta Poundsterling," tandasnya lagi.

Ditanya apakah ia masih akan berusaha terus mengejar Santa Cruz atau malah mengalihkan buruan kepada penyerang lainya, pelatih 45 tahun itu tida mau menjawab secara gamblang. Ia masih bingung menentukan langkah selanjutnya, yang bisa dilakukan saat ini hanyalah menunggu. (fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Lagi, Blackburn Tolak City

Kemenangan Kontroversial Al-Attiyah

Posted: 08 Jan 2009 03:30 PM CST

Arya Perdhana - detiksport


AFP/Gabriel Bouys

Mendoza - Nasser Al-Attiyah memperkokoh posisinya di puncak klasemen kelas mobil Reli Dakar 2009 setelah memenangi etape keenam. Tetapi kemenangannya kali ini berbau kontroversi.

Menempuh jarak 178 kilometer dari San Rafael menuju Mendoza, Kamis (8/1/2009) waktu setempat, Al-Attiyah yang menghela mobil BMW mencatat waktu tercepat 2 jam 7 menit 26 detik.

Al-Attiyah mengungguli pembalap Volkswagen Giniel De Villiers. Peserta berkebangsaan Afrika Selatan itu finis di urutan kedua, tertinggal 5 menit 7 detik di belakang Al-Attiyah.

Meski begitu, kemenangan Al-Attiyah ini terancam dihapus karena pembalap asal Qatar itu melewatkan sebuah titik kontrol. Akibat keteledorannya itu, Al-Attiyah bisa terkena penalti waktu dua jam.

Bila Al-Attiyah terkena hukuman seberat itu, maka De Villiers bakal menjadi juara etape keenam ini sekaligus mengambil alih pimpinan lomba secara keseluruhan. Saat ini di klasemen umum Al-Attiyah memimpin tujuh menit 31 detik di depan De Villiers.

“Kami melewatkan satu titik kontrol. Karena mesin kami overheat, kami tidak bisa melewati gundukan pasir. Temperatur (mesin) naik sampai 120 derajat,” kilah Al-Attiyah seperti dilansir Eurosport.

“Mesin kami mati dan saya memilih untuk menempuh rute yang berbeda dan menghindari gundukan. Kami melewati titik itu sebelum mencapai CP (check point) 1. Ketika kami terlalu memaksakan diri, temperatur mesin menjadi terlalu panas,” terusnya.

“Seharusnya masalah itu bisa diperbaiki pada hari Rabu (7/1). Bila kami tidak bisa memperbaiki masalah ini, maka kami tidak akan bisa meneruskan (lomba). Ini berita buruk, tetapi kami akan menunggu,” kata Al-Attiyah pasrah.

Kabar buruk juga menimpa tim Mitsubishi. Pabrikan asal Jepang yang menguasai tujuh edisi terakhir Reli Dakar itu mendapat pukulan telak dengan mundurnya juara tahun 2006, Luc Alphand. Pembalap Prancis itu mundur karena navigatornya, Gilles Picard, menderita sakit.

“Setelah 12 km, mereka terjebak di lumpur dan mereka ingin memakai papan untuk mengeluarkan mobil. Tetapi Gilles Picard malah sakit,” ungkap juru bicara Mitsubishi Masatoshi Teshima. “Luc memilih untuk menghubungi pusat dan meminta helikopter. Picard dibawa ke San Rafael tetapi kondisinya baik.”

Despres ungguli Coma
Di kelas motor, Cyril Despres berhasil menjadi yang terbaik di etape yang sama. Pengendara motor KTM itu mencatat waktu 2 jam 3 menit 20 detik mengungguli Marc Coma dengan selisih 2 menit 9 detik yang finis di posisi kedua.

Meski demikian, Coma tetap kokoh bercokol sebagai pemuncak klasemen. Pembalap Spanyol itu dengan nyaman unggul 40 menit lebih di depan peringkat dua Jonah Street (Amerika Serikat).

( arp / roz )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Kemenangan Kontroversial Al-Attiyah

Raikkonen Jajal Reli

Posted: 08 Jan 2009 03:30 PM CST

Kardhika Cipta Binangkit - detiksport


Kimi Raikkonen (AFP)

Lapland - Menunggu musim balap F1 2009 tiba, Kimi Raikkonen menjajal sebuah tantangan tersendiri dalam karir balapannya dengan mendaftarkan diri pada sebuah kejuaraan reli di negaranya, Finlandia.

Diberitakan oleh F1-live.com, Raikkonen resmi tercatat sebagai peserta Arctic Lapland Rally akhir bulan ini. Untuk debutnya ini, juara dunia 2007 itu kemungkinan memakai mobil Fiat Abarth S2000. Sekadar catatan, Fiat adalah produser mobil induk Ferrari, yang merupakan tim Raikkonen di F1.

Selain Raikkonen, nama beken lain dari dunia F1, Mika Hakkinen, juga tercatat sebagai peserta lomba. Berbeda dengan Kimi, Hakkinen sebelumnya pernah mengikuti Arctic Lapland Rally. Juara dunia F1 1998 & 1999 itu akan mengemudikan Mitsubisi Lancer.

Arctic Lapland Rally yang di Finlandia juga disebut dengan Tunturiralli ini pernah dimenangi oleh juara dunia reli macam Marcus Gronholm, Tommi Makinen, Hannu Mikkola, dan Ari Vatanen. Pun di beberapa tahun terakhir para pembalap non-reli juga mulai berpartisipasi di ajang ini. Selain Raikkonen dan Hakkinen, nama-nama macam Keke Rosberg JJ Lehto, dan Derek Warwick juga sempat menjadi kontestan.

Reli Finlandia ini akan digelar pada tanggal 22-24 Januari mendatang. Adapun seri pembuka Grand Prix Formula 1 musim 2009 digelar di Australia pada 29 Maret.

( a2s / roz )

source: detiksport

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Raikkonen Jajal Reli

United Boyong Ritchie de Laet

Posted: 08 Jan 2009 02:54 PM CST

Muchamad Syuhada - Okezone

Foto: AP

MANCHESTER - Sukses mendatangkan duo Partizan Belgrade Zoran Tosic dan Adem Ljajic, rupanya tidak membuat Manchester United puas berburu pemain di bursa transfer jilid II. Kini tim asuhan Sir Alex Ferguson kembali menggaet pemai muda asal Stoke City Ritchie de Laet.

Seperti dilansir SkySports, Jum’at (9/1/2009) mengenai nilai transfer dan masa kontrak De Laet, kubu United belum mau memberi keterangan. Namun, harga pemain tersebut diperkirakan tidak akan kurang dari 100 ribu Poundsterling seperti saat ia diboyong Stoke dari Royal Antwerp.

Memang, tidak banyak yang mengenal De Laet. Wajar, selama membela Stoke City pemain yang menempati posisi bek itu belum sekalipun mengenakan seragam tim inti The Potters.

Namun, diyakini pemain asal Belgia itu adalah pilihan yang paling tepat buat The Red Devils. Pasalnya, De Laet mampu memaikan posisi manapun dilini pertahanan. (fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

United Boyong Ritchie de Laet

Stankovic Cedera

Posted: 08 Jan 2009 02:54 PM CST

Devy Lubis - Okezone

Foto: Ist

MILAN - Dejan Stankovic dipastikan absen saat Inter menjamu Cagliari, Minggu (11/1/2009) dini hari. Gelandang Nerazzurri asal Serbia tersebut mengalami cedera lutut serius saat menjalani sesi latihan, Kamis (8/1/2009).

Akibat badai salju, Stanko dan skuad terpaksa latihan di dalam ruangan. Saat itulah, Stankovic mendadak berhenti berlari ketika merasakan nyeri luar biasa di bagian lututnya.

Stankovic disinyalir tidak hanya absen saat giornata ke 18 digelar akhir pekan ini. Jika keadaannya memburuk, lini tengah skuad asuhan Jose Mourinho ini akan menjalani rehat lebih lama.

"Dokter klub Franco Combi sudah memeriksa kondisi Dejan Stankovic. Dia mengalami cedera lutut saat mengikuti sesi latihan sore ini," demikian pernyataan dalam situs resmi klub seperti dilansir kembali oleh Goal, Jumat (9/1/2009).

"Kondisi kesehatan pemain akan dievaluasi kembali beberapa jam ke depan. Kami belum bisa menentukan apakah dia akan menjalani program rehabilitasi," tambahnya.

Cedera yang menimpa Stankovic otomatis merupakan kabar buruk bagi Inter ditengah usaha keras mengejar gelar Scudetto musim 2008/2009.

(dnl)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Stankovic Cedera

FedEx Hadapi Murray di Semifinal

Posted: 08 Jan 2009 02:18 PM CST

Devy Lubis - Okezone

Foto: Ist

DOHA - Petenis unggulan Inggris Andy Murray akan bertemu mantan peringkat satu dunia Roger Federer di babak semifinal turnamen ATP Qatar Open.

Ya, petenis kontroversial yang dikenal susah mengatur emosi di lapangan itu berhasil membabat habis perlawanan petenis Ukraina Sergii Stakhovsky dengan mudah 6-4 6-2, Jumat (9/1/2009) dini hari.

Murray menang telak sejak babak pertama atas peringkat 92 dunia guna menapak pertemuan ketujuhnya dengan bintang lapangan FedEx. Petenis 22 tahun itu tidak akan melupakan ambisinya meraih gelar juara di Doha.

Sebelumnya, Roger Federer juga melangkah ke semifinal setelah membekap petenis Jerman Philipp Kohlschreiber 6-2 7-6 (6), Kamis (8/1/2009).

Bintang asal Swiss tersebut menyelamatkan tiga poin dengan tiebreaker di set pertama saat membuka kemenangan 5-1 dan 63, serta menggulung lima poin guna mencetak kemenangan.

(dnl)

source: okezone

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

FedEx Hadapi Murray di Semifinal

Arsenal Kehilangan William Gallas

Posted: 08 Jan 2009 02:00 PM CST

Devy Lubis - Okezone

Foto: Ist

HOLLOWAY - Arsenal kehilangan defendernya, William Gallas. Ya, Gallas akan segera bergabung dengan rekan senegaranya Mikael Silvestre di ruang perawatan The Gunners.

Mantan kapten Arsenal itu dibekap cedera paha saat Arsenal bentrok dengan Plymouth di FA Cup, pekan lalu. Gallas pun terancam absen dalam jangka waktu yang cukup lama.

Namun, ini ternyata bukanlah kabar buruk bagi fans termasuk Arsene Wenger. Sang arsitek meyakinkan pasukannya, keluarnya dua pilar berarti Arsenal hanya perlu memasukkan dua pilar lain ke dalam skuad berkostum merah dan putih itu.

"Silvestre juga mengalami cedera paha, pekan lalu. Jadi, kami kehilangan dua pemain saat laga Sabtu (10/1/2009) nanti. Tapi kami telah menyiapkan dua pemain lainnya," beber Wenger.

"Mungkin, kami akan kehilangan Gallas dan Silvestre sampai tiga pekan mendatang," tambahnya.

Wenger masih punya bintang asal Pantai Gading Kolo Toure yang baru saja pulih dari inflamasi pangkal paha dan Denilson yang sudah sembuh dari cedera punggung.

"Kolo dan Denilson akan segera siap," ujar Wenger dalam situs resmi klub seperti dilansir Goal, Jumat (9/1/2009).

Praktis, Arsenal akan menjamu Bolton Wanderers di Emirates Stadium pada tanpa keduanya.

(dnl)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Arsenal Kehilangan William Gallas

Berstatus Tersangka, Rizal Ramli Masih Bisa Nyapres

Posted: 08 Jan 2009 02:00 PM CST

Laurencius Simanjuntak - detikNews


Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafiz Anshari mengatakan status tersangka yang disandang oleh Rizal Ramli tidak akan menghalangi proses pencapresannya. Kecuali, jika kandidat capres PBR tersebut pernah dijatuhi hukuman penjara karena melakukan tindakan pidana dengan ancaman penjara 5 tahun atau lebih.

“Kalau (masih) tersangaka nggak apa-apa, yang nggak boleh itu kalau dia dihukum dengan ancaman pidana penjara 5 tahun atau lebih,” ujar Hafiz usai rapat koordinasi persiapan Pemilu di Gedung MK, Jl Merdeka Barat, Kamis (9/12/2008).

Pasal 5 huruf (n) UU Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) menyebutkan: Persyaratan menjadi calon Presiden dan calon Wakil Presiden adalah tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

“Malah divonis pun kalau dia masih banding nggak bisa dicoret. Misalkan Pengadilan Negeri mengancam 10 tahun, divonis 4 tahun, dia (masih) banding nggak bisa kita coret. Yang tidak bisa (daftar capres) itu kalau dia diancam pidana 10 tahun, (meski) divonis 1 bulan, in kracht, itu dicoret. Karena ukurannya ancaman,” jelas Anshari.

(lrn/mad)

source: detiknews

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Berstatus Tersangka, Rizal Ramli Masih Bisa Nyapres

Diego Ribas Pilih Juventus

Posted: 08 Jan 2009 01:42 PM CST

Muchamad Syuhada - Okezone

Foto: AP

BREMEN - Ketertarikan gelandang Werder Bremen untuk bergabung dengan Juventus nampaknya sudah tidak bisa dibendung lagi. Secara blak-blakan, bintang Brasil tersebut menyatakan ingin segera berseragam Bianconerri.

Kabar yang menyebut Diego bakalan merumput di Turin pada Januari ini rupanya telah sampai ke telinga sang pemain. Tanpa basa-basi, Diego pun mengakuinya.

"Juventus adalah klub hebat dan mereka adalah pilihan utama saya saat ini. Sangat mungkin saya bergabung ke sana Januari ini," ungkap pemain 23 tahun itu.

Meski demikian, Diego tidak mau terlalu mengumbar hasrat. Ia mengaku masih memiliki pertimbangan sebelum memilih klub yang akan jadi persinggahan karir berikutnya.

"Masih ada hal yang masih jadi pertimbangan saya. Itu semua menyangkut seberapa besar keuntungan yang bisa saya raih nantinya," tandasnya seperti dilansir Goal, Jum’at (9/1/209). (fmh)

source: okezona

Post from: plinplan.com - Indonesian News Archives and Aggregators

Diego Ribas Pilih Juventus